fbpx

10 Jenis Susu Ibu Hamil yang Bagus untuk Perkembangan Janin

10 Jenis Susu Ibu Hamil yang Bagus untuk Perkembangan Janin

Selama masa kehamilan, ibu tentu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk diri sendiri maupun bayi dalam kandungan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi susu ibu hamil. Sebab, susu mengandung berbagai nutrisi yang menunjang tumbuh kembang janin dan membantu meningkatkan peluang kelahiran normal.

Bukan hanya itu, susu juga tinggi akan kandungan kalsium yang bisa membantu mendukung kesehatan tulang ibu. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar susu ibu hamil, simak selengkapnya dalam bacaan berikut!

Jenis Susu Ibu Hamil

Pada dasarnya, susu bumil memiliki berbagai jenis. Namun, ibu perlu memastikan bahwa susu yang Moms konsumsi telah melalui prosedur pasteurisasi agar tidak mengandung bakteri. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis susu ibu hamil yang perlu Moms ketahui.

1. Susu Sapi

Salah satu susu ibu hamil adalah susu sapi. Susu ini tersedia dalam bentuk bebas lemak, utuh, rasa, hingga skim. Di samping itu, susu sapi memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan bumil maupun janin dalam kandungan. Adapun beberapa kandungan susu sapi adalah.

  • Asam amino yang bisa mendukung proses pembentukan sel tubuh.
  • Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mendukung jaringan sehat.
  • Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, dalam segelas susu sapi juga mengandung sekitar 240 mg kalsium. Nah, kandungan kalsium tersebut dapat membantu mendukung kesehatan tulang ibu maupun bayi dalam kandungan.

2. Susu Kambing

Jenis susu bumil berikutnya adalah susu kambing. Susu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dengan rasa tidak biasa. Susu kambing mengandung berbagai jenis asam lemak esensial, seperti asam arakidonat serta asam linoleat. Di samping itu, susu ini juga mengandung vitamin A serta vitamin B2 yang berperan dalam mendukung proses pembentukan antibodi, sehingga ibu bisa terhindar dari risiko terserang penyakit.

Baca Juga  7 Rumah Sakit Melahirkan Terbaik di Indonesia

3. Susu Almond

Susu almond termasuk alternatif bagi bumil yang tidak toleran terhadap laktosa. Di samping itu, susu ini bebas akan kolesterol serta lemak jenuh, sehingga baik bagi bumil untuk mengendalikan berat badan. Selain itu, susu almond juga mengandung nutrisi lainnya yang bisa membantu menunjang kesehatan kehamilan, seperti antioksidan, asam folat, serat, kalsium, vitamin B dan E, zat besi, serta protein.

4. Susu Kedelai

Rekomendasi susu bumil selanjutnya adalah susu kedelai. Susu ini terbuat dari gilingan kedelai yang telah diambil sarinya. Kedelai memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil, seperti kalsium, serat, dan antioksidan. Di samping itu, kedelai juga mengandung lemak tak jenuh tunggal serta ganda yang baik untuk membantu melawan penyakit kardiovaskular.

5. Susu Gandum

Jenis susu ibu hamil yang terakhir adalah susu gandum. Susu ini mengandung serat tinggi yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Di samping itu, kandungan serat tersebut juga berperan dalam membantu mengangkut oksigen ke sel, menjaga kadar gula darah, dan mengendalikan nafsu makan.

Susu gandum juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, seperti kalium, mangan, fosfor, vitamin A, dan B. Dengan beberapa kandungan tersebut, susu gandum tentu bisa menjadi alternatif pilihan ketika ibu tidak bisa mengonsumsi susu sapi.

Merek Susu Ibu Hamil

Selain mengetahui jenis-jenis susu, bumil juga perlu mengenal beberapa mereknya. Nah, agar tidak bingung, berikut ini adalah sejumlah merek ibu hamil yang bisa menjadi alternatif pilihan.

1. Lactamil Inisis

Lactamil Inisis adalah jenis susu yang bisa membantu mencegah rasa mual pada bumil, terlebih lagi saat trimester pertama. Selain itu, Lactamil Inisis juga mengandung beberapa nutrisi, seperti vitamin D, asam folat, iron, serta kalsium.

Baca Juga  8 Aplikasi Program Hamil yang Bisa Bantu Memantau Masa Subur

Tekstur susu ini relatif kental dan mudah dalam pencernaannya, sehingga tidak mengganggu kesehatan lambung. Lactamil Inisis juga hadir dalam berbagai varian rasa, seperti vanila, stroberi, dan cokelat.

2. Prenagen Mommy

Rekomendasi merek susu ibu hamil selanjutnya adalah Prenagen Mommy. Susu ini memiliki tekstur yang sedikit encer dan membantu untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil. Selain itu, Prenagen Mommy juga memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti protein, kalsium, vitamin B6, mineral, zat besi, asam folat, lemak, dan karbohidrat yang bisa membantu menunjang kesehatan bumil.

3. SGM Bunda Pro-GressMaxx

SGM Bunda Pro-GressMaxx juga termasuk salah satu susu bumil yang mengandung mikronutrisi untuk mendukung kesehatan janin. Adapun sejumlah kandungan nutrisi SGM Bunda adalah asam folat, kalsium, minyak ikan, zat besi, maupun vitamin D.

Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, SGM Bunda bisa membantu proses pertumbuhan bayi dalam kandungan sekaligus menjaga kesehatan ibu hamil.

4. Frisian Flag Primamum

Frisian Flag Primamum adalah jenis susu yang cocok bagi bumil maupun busui, karena bisa membantu mendukung kualitas ASI. Di samping itu, Frisian Flag Primamum juga mengandung sejumlah nutrisi, seperti kalsium, zat besi, serat pangan, protein, maupun asam folat.

Tak hanya itu, kandungan asam lemak omega 3 dan 6 dalam Frisian Flag Primamum juga berperan dalam mendukung perkembangan serat serta otak janin.

5. Anmum Materna

Rekomendasi merek susu bumil yang terakhir adalah Anmum Materna. Susu ini mempunyai kandungan nuelipid yang berperan dalam mendukung perkembangan otak janin. Di samping itu, kandungan asam folat dan serat pangan juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, mendukung tumbuh kembang janin, maupun kesehatan bumil.

Baca Juga  9 Ciri-Ciri Janin Masuk Panggul yang Wajib Ibu Tahu, Catat!

Penutup

Itulah sejumlah rekomendasi susu ibu hamil yang bisa dikonsumsi untuk membantu mendukung kesehatan bumil maupun sang buah hati. Selain mengonsumsi susu, bumil juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian dari makanan.

Dengan begitu, asupan gizi setiap hari lebih seimbang. Bukan hanya itu, ibu juga bisa berkonsultasi kepada dokter terkait takaran nutrisi yang tepat selama masa kehamilan. Jadi, yuk perhatikan kesehatan ibu selama hamil bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?