fbpx

8 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Naik, Kurang Tidur!

8 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Naik, Kurang Tidur!

Banyak orang yang merasa khawatir ketika mengalami kenaikan berat badan. Padahal, hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Nah, salah satu faktor kebiasaan yang membuat berat badan naik adalah kurangnya waktu untuk tidur dan bersantai.

Padahal, tidur adalah momen penting untuk mengembalikan energi tubuh dan melancarkan metabolisme. Maka dari itu, ketika kurang tidur, maka metabolisme tubuh dapat terganggu. Untuk mengetahui kebiasaan yang membuat berat badan naik lainnya, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Naik

Kenaikan berat badan adalah hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Hal ini dapat terjadi karena sejumlah faktor yang kebanyakan lahir dari kebiasaan buruk sehari-hari.

Di sisi lain, mengubah kebiasaan lama cenderung sulit, sehingga banyak orang mengalami masalah kegemukan. Nah, agar kamu bisa menghindari kegemukan, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang membuat berat badan naik untuk diwaspadai:

1. Kurang Tidur dan Bersantai

Salah satu kebiasaan yang membuat berat badan naik adalah kurangnya waktu untuk tidur dan bersantai. Pada umumnya, dua aktivitas tersebut penting untuk membantu memulihkan energi tubuh dan melancarkan metabolisme, terlebih lagi saat tidur. Sayangnya, beberapa orang yang sibuk sepanjang hari cenderung memilih untuk begadang di malam hari.

Padahal, begadang justru bisa membuat produksi hormon penyebab rasa lapar semakin meningkat. Hal ini mendorong seseorang untuk mengonsumsi makanan di malam hari yang dapat memicu penumpukan cairan. Itulah sebabnya, penting bagimu untuk mencukupi waktu tidur harian setidaknya selama 7-9 jam. Di sisi lain, menyempatkan waktu untuk bersantai juga penting agar energi tubuhmu bisa kembali pulih.

2. Stres

Penyebab berat badan naik selanjutnya adalah akibat stres berlebihan. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah tekanan atau tumpukan pekerjaan. 

Baca Juga  Rekomendasi Vitamin Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Mual

Stres yang sulit kamu kelola bisa memicu menumpuknya lemak tubuh. Terlebih lagi ketika kamu memiliki kebiasaan makan banyak saat stres. Itulah sebabnya, mengelola stres adalah hal penting untuk kamu lakukan agar terhindar dari risiko kenaikan berat badan.

3. Kurangnya Asupan Cairan dalam Tubuh

Dalam sehari, tubuh umumnya membutuhkan cairan dari air putih setidaknya sebanyak 8-12 gelas. Sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan untuk memenuhinya. Hal ini ternyata bisa memicu penimbunan lemak dalam tubuh, mengganggu kinerja ginjal, hingga hati. Maka dari itu, kamu perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit, mengobati sakit kepala, meringankan konstipasi, hingga mengontrol berat badan.

4. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan yang membuat berat badan naik berikutnya adalah makan terlalu cepat. Makan dengan cepat ternyata berisiko membuatmu mengonsumsi makanan secara berlebihan dan menyebabkan obesitas.

Sebab, otak membutuhkan waktu untuk mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa perutmu telah merasa kenyang. Maka dari itu, banyak tenaga medis yang menyarankan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan-lahan guna menghindari masalah pencernaan maupun kenaikan berat badan.

5. Melewatkan Waktu Sarapan

Kebiasaan yang membuat berat badan naik lainnya adalah melewatkan waktu sarapan. Pada dasarnya, saat bangun tidur, tubuh membutuhkan energi untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Ketika kamu mengabaikan waktu sarapan, tubuh akan menggunakan energi yang masih tersimpan di dalamnya. Akibatnya, ketika makan siang, kamu berisiko mengonsumsi makanan secara berlebihan untuk mengganti energi yang sebelumnya telah terserap.

6. Jarang Berolahraga

Berolahraga adalah hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko kenaikan berat badan. Kamu bisa melakukan olahraga setidaknya 3 kali per minggu dengan durasi minimal 45 menit.

Baca Juga  5 Toko Grosir Perlengkapan Bayi Palembang Terlengkap, Simak!

Apabila tidak terbiasa melakukannya, kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang, yoga, maupun pilates. Olahraga ini juga memiliki manfaat lainnya, seperti meningkatkan suasana hati, menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, menjaga kesehatan mental, hingga merangsang perkembangan otot, sendi, serta tulang.

7. Mengonsumsi Camilan Tidak Sehat

Penyebab berat badan naik berikutnya adalah mengonsumsi camilan tidak sehat. Banyak orang yang gemar makan camilan di sela-sela waktu istirahat atau di tengah bekerja.

Namun sayangnya, pemilihan camilan yang tidak sehat justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Misalnya adalah camilan yang tinggi akan kandungan gula, kalori, serta garam. Apabila kamu sering mengonsumsinya, hal itu rupanya bisa menimbulkan penumpukan lemak dalam tubuh.

8. Mengonsumsi Minuman Tinggi Kalori

Kebiasaan yang membuat berat badan naik terakhir adalah mengonsumsi minuman tinggi kalori. Misalnya adalah minuman beralkohol atau soda. Bukan hanya itu, jika kamu terbiasa minum kopi blended, hal itu juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Pasalnya, jenis kopi tersebut telah tercampur dengan whip cream, sehingga kandungan lemaknya cenderung tinggi.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Nah, kamu tentu menginginkan berat badan ideal dan tubuh sehat. Untuk itu, menerapkan gaya hidup sehat secara konsisten adalah hal penting.

Adapun beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Rajin melakukan olahraga setiap hari atau tiga hari per minggu. Hal ini berperan untuk membakar lemak tubuh dan mengontrol berat badan agar tetap ideal.
  • Mencukupi kebutuhan cairan untuk melancarkan metabolisme tubuh dan menjaga kinerja sistem pencernaan.
  • Mengonsumsi makanan sehat secara rutin, seperti makanan berserat, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.
  • Mencukupi waktu tidur untuk memulihkan energi tubuh dan memaksimalkan metabolisme tubuh.
  • Mengelola stres untuk menghindari penumpukan lemak.
Baca Juga  10 Rekomendasi Popok Bayi yang Aman & Anti Bocor, Yuk Simak!

Selain menerapkan beberapa tips di atas, kamu juga perlu rutin memeriksa kondisi kesehatan dan mengecek berat badan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa tubuhmu dalam kondisi sehat dan berat badan tetap terkontrol. Dengan begitu, kamu bisa terhindari dari risiko obesitas maupun gangguan kesehatan lainnya.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai kebiasaan yang membuat berat badan naik dan cara menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah kegemukan. Pada dasarnya, selama kamu menerapkan gaya hidup sehat secara rutin, maka risiko kegemukan atau berat badan naik bisa terhindari. Maka dari itu, yuk selalu perhatikan pola hidup sehari-hari bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?