fbpx

9 Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Sang Buah Hati, Catat!

9 Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Sang Buah Hati, Catat!

ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu pada bayi sebagai satu-satunya sumber nutrisi sampai si kecil berusia 6 bulan. Dalam hal ini, ibu tidak memberikan makanan atau minuman apa pun kepada si kecil. Pada praktiknya, ASI dapat ibu berikan dengan menyusui secara langsung atau memompanya dan memberikan pada bayi melalui botol.

Nah, pemberian ASI ini ternyata mempunyai berbagai manfaat, baik untuk bayi maupun ibu. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat ASI eksklusif untuk bayi dan busui, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Apa itu ASI Eksklusif?

ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu kepada bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan tanpa memberikannya makanan maupun minuman lainnya. Ibu dapat memberikan ASI ini melalui payudara langsung atau memompanya terlebih dulu, lalu memberikan kepada bayi melalui botol. Di samping itu, dalam pemberian ASI eksklusif ini, ibu tidak memberikan susu formula, air, jus, maupun makanan apa saja 

ASI sendiri mempunyai berbagai kandungan penting untuk bayi, misalnya lemak, protein, karbohidrat, mineral, hingga vitamin. Bukan hanya itu, ASI juga mempunyai kandungan antibodi yang membantu melindungi si kecil agar tidak terserang penyakit. Nah, jika si kecil telah berusia di atas 6 bulan, ibu boleh memberikan bayi makanan pendamping ASI.

Manfaat ASI Eksklusif

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, bayi yang baru lahir umumnya tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan padat selain ASI. Hal ini lantaran sistem pencernaan bayi masih belum optimal, sehingga makanan padat akan sulit dicerna.

Di sisi lain, memberikan ASI eksklusif kepada bayi ternyata mempunyai beragam manfaat, lho. Adapun beberapa manfaat ASI eksklusif adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat menyusui bayi adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk si kecil. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, ASI mempunyai kandungan antibodi yang membantu melindungi tubuh si kecil dari serangan penyakit serta melawan bakteri maupun virus. Adapun beberapa penyakit yang mudah menyerang bayi adalah asma, diare, flu, hingga meningitis.

Baca Juga  Korset Melahirkan Caesar Ternyata Bisa Mempercepat Pemulihan

2. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat ASI eksklusif untuk bayi berikutnya adalah mendukung tumbuh kembang si kecil. Sebab, ASI mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang si kecil butuhkan, mulai dari asam lemak sehat, vitamin, mineral, kalsium, serat, karbohidrat, dan lainnya. Berbagai kandungan tersebut dapat membantu mendukung tumbuh kembang fisik serta otak bayi.

3. Membantu Mencapai Berat Badan Ideal

Manfaat menyusui bayi selanjutnya adalah membantu mencapai berat badan yang ideal. Hal ini bisa si kecil peroleh selama ibu secara rutin memberikan ASI sejak bayi lahir sampai usianya mencapai 6 bulan. ASI bisa membantu mengontrol kadar hormon leptin yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lemak pada tubuh serta menjaga nafsu makan si kecil.

4. Menurunkan Risiko Munculnya Alergi

Pada dasarnya, bayi cenderung rentan mengalami alergi karena sistem imunitas tubuhnya belum stabil. Nah, pemberian ASI secara teratur setidaknya sampai bayi berusia 6 bulan dapat membantu menurunkan risiko munculnya alergi. Namun, ketika si kecil mempunyai riwayat alergi, ASI juga membantu mengatasi gejalanya agar tidak kambuh lagi. Itulah mengapa, pemberian ASI pada bayi sangat penting.

5. Memperkuat Ikatan Ibu dan Bayi

Manfaat ASI eksklusif untuk ibu dan bayi adalah membantu memperkuat ikatan ibu serta si kecil. Pasalnya, ketika sering menyusui, maka keintiman antara ibu dan bayi akan terbangun. Hal ini terjadi karena bersentuhan kulit ketika sedang menyusui dapat membantu memperkuat ikatan batin. Selain itu, bayi pun juga akan merasakan kehangatan yang tersalur dari tubuh ibu selama menyusui.

6. Mengurangi Risiko Perdarahan Pasca Persalinan

Manfaat ASI eksklusif lainnya adalah membantu mengurangi risiko perdarahan usai melahirkan. Saat menyusui, umumnya tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon tersebut berperan dalam membuat rahim berkontraksi. Maka dari itu, menyusui bayi secara rutin berperan dalam membantu mengurangi risiko perdarahan pasca persalinan.

Baca Juga  Cara Mengetahui Hamil atau Tidak

7. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Manfaat ASI eksklusif pada ibu lainnya adalah menurunkan risiko kanker payudara. Jenis kanker ini umumnya akan meningkat ketika produksi beberapa jenis hormon, seperti estrogen meningkat dalam tubuh. Maka dari itu, pemberian ASI dapat membantu menurunkan produksi hormon estrogen dan mengurangi risiko kanker payudara.

8. Alternatif KB Alami

Manfaat menyusui bayi bagi ibu berikutnya adalah sebagai alternatif KB alami. Menurut hasil penelitian, memberikan ASI secara rutin kepada bayi sampai usianya 6 bulan dapat menghambat proses ovulasi dalam reproduksi wanita. Alhasil, peluang kehamilan ibu pun juga akan menurun. Namun, manfaat ini akan lebih terasa ketika ibu bersedia menyusui si kecil kapan saja dirinya menginginkannya.

9. Menjaga Berat Badan Ibu

Manfaat menyusui si kecil untuk ibu yang terakhir adalah membantu menjaga berat badan ibu agar tetap ideal. Pasalnya, menyusui dapat membantu membakar kalori hingga 500 kalori per harinya.

Nah, pengurangan kalori tersebut dapat berperan dalam menurunkan berat badan, lho. Di sisi lain, ibu juga perlu mendukung proses penurunan berat badan ini dengan aktif bergerak dan berolahraga setiap hari serta mengonsumsi makanan bergizi.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar manfaat memberikan ASI eksklusif kepada bayi. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, pemberian ASI bukan hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi juga ibu. Itulah sebabnya, ibu perlu menjaga produksi ASI agar lancar dengan mengonsumsi makanan bergizi serta berolahraga secara rutin. Jadi, yuk cukupi kebutuhan gizi agar produksi ASI lancar bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?