fbpx

9 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Simak!

9 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Simak!

Susu kedelai adalah jenis susu olahan dari kacang kedelai yang ternyata baik untuk bumil. Nah, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan menyusui ada beragam, seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Pasalnya, susu kedelai kaya akan kandungan serat, sehingga bisa melancarkan pengolahan makanan dalam saluran pencernaan, sehingga proses ekskresi dapat berjalan dengan lancar.

Lantas, apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil lainnya? Agar lebih paham tentang khasiatnya, simak artikel berikut!

Kandungan Susu Kedelai

Sebelum mengetahui lebih lanjut seputar manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, sebaiknya pahami dulu kandungan nutrisinya. Pada dasarnya, dalam segelas susu kedelai, terkandung sejumlah nutrisi, yaitu sebagai berikut.

  • 130-140 kalori.
  • 8 gram karbohidrat.
  • 7 gram protein.
  • 4 gram lemak.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B12.
  • Vitamin D.
  • Asam folat.
  • Zat besi.
  • Seng.
  • Kalsium.
  • Isoflavon.

Ternyata susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang baik, tapi perlu diingat bagi yang alaergi dengan kacang-kacangan jangan mencoba untuk mengonsumsi susu kedelai setiap hari ya.

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain mengonsumsi susu sapi, ternyata susu kedelai juga baik bagi ibu hamil maupun menyusui, karena mengandung berbagai nutrisi. Nah, berikut ini adalah sejumlah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan menyusui.

1. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan menyusui adalah membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi. Sebab, produk susu ini mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa mencegah risiko terjadinya anemia.

Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kelahiran prematur, mendorong pembentukan sel darah merah, hingga memperkaya nutrisi pada ASI bagi ibu menyusui.

Baca Juga  Fakta Tentang Hamil Kedua, Apa yang Perlu Diketahui?

2. Meningkatkan Kekuatan Jaringan Tulang dan Gigi Janin

Mengonsumsi susu kedelai dalam takaran yang cukup juga berguna untuk meningkatkan kekuatan jaringan tulang serta gigi janin. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin D dan kalsium yang terkandung dalam susu kedelai.

3. Mendukung Pembentukan Jaringan dan Organ Tubuh Janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu mendukung pembentukan jaringan dan organ tubuh janin. Hal ini karena susu kedelai mengandung protein yang baik bagi pembentukan organ tubuh dan jaringan.

Tak hanya itu, kandungan protein tersebut juga bisa mengurangi risiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah dan meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

4. Mendukung Perkembangan Sistem Saraf Janin

Manfaat susu kedelai untuk bumil lainnya adalah mendukung perkembangan janin, khususnya pada sistem saraf. Sebab, susu kedelai mengandung asam folat dan vitamin B12 yang bisa mencegah kemungkinan terjadinya penyakit bawaan lahir pada bayi, seperti spina bifida.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi tersebut juga berperan dalam menjaga kinerja sistem saraf ibu dan menurunkan risiko komplikasi, seperti preeklampsia, anemia, maupun keguguran.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Mengonsumsi susu kedelai ternyata juga berperan dalam menjaga kesehatan mental ibu hamil. Sebab, selama masa kehamilan, perubahan tubuh ibu cenderung rentan membuat stres, depresi, hingga cemas.

Di sisi lain, susu kedelai mengandung vitamin B kompleks dan B6 yang berperan dalam meningkatkan suasana hati, sehingga dapat memperbaiki suasana hati serta menjaga kualitas tidur ibu.

6. Mengontrol Gula Darah

Manfaat susu kedelai untuk bumil berikutnya adalah membantu mengontrol gula darah. Sebab, ibu hamil yang memiliki kadar gula darah tinggi cenderung rentan mengalami diabetes gestasional.

Baca Juga  Kelahiran Bayi Prematur: Penyebab, Tanda, dan Penanganannya

Berdasarkan penelitian di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tahun 2015, seorang partisipan yang memiliki riwayat diabetes gestasional mengonsumsi 50 gram kacang kedelai secara rutin setelah memasuki minggu ke-26 kehamilan. 

Hasilnya, kadar gula darahnya pun lebih terkontrol. Meski begitu, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter terlebih dulu agar memperoleh saran yang tepat untuk mengontrol gula darah.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui dan bumil lainnya adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, selama masa kehamilan, hingga menyusui, ibu membutuhkan banyak energi bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga sang buah hati.

Di sisi lain, susu kedelai mengandung nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan menyusui, seperti karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral. Maka dari itu, mengonsumsi susu kedelai dalam jumlah cukup bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan menunjang kualitas ASI.

8. Mengurangi Kolesterol Jahat

Manfaat susu kedelai lainnya adalah membantu mengurangi kolesterol jahat. Pasalnya, ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol tinggi cenderung membahayakan kondisinya maupun janin dalam kandungan.

Maka dari itu, mengonsumsi segelas susu kedelai setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, menyimpan cadangan lemak baik, serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan menyusui terakhir adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sebab, susu ini kaya akan kandungan serat yang baik bagi sistem pencernaan dan membantu mengurangi risiko komplikasi.

Itulah beberapa manfaat yang di dapat ketika mengonsumsi susu kedelai. Dengan mengetahui manfaat yang terkandung di susu kedelai kamu dapat memperkirakan nutrisi apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga  Simak Ini Dia Perawatan Perut Pasca Melahirkan

Ternyata manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan menyusui memberikan efek yang baik bagi tubuh. Apabila ketika mengonsumsi susu kedelai muncul keluhan atau alergi yang timbul segera berhenti untuk meminumnya.

Penutup

Demikian sejumlah penjelasan mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan menyusui. Meskipun kaya akan kandungan nutrisi, susu kedelai yang dikonsumsi terlalu banyak juga bisa menimbulkan efek samping, seperti mengganggu penyerapan mineral dan menurunkan kolesterol baik.

Maka dari itu, agar manfaatnya bisa lebih optimal, sebaiknya ibu mengonsumsi paling banyak secangkir susu kedelai per harinya. Dengan begitu, ibu bisa menghindari efek samping dari susu kedelai.

Untuk mendapatkan info lain mengenai kehamilan, kunjungi laman blog New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?