fbpx

9 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil, Bantu Jaga Kesehatan!

9 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil, Bantu Jaga Kesehatan!

Mengonsumsi susu adalah hal penting bagi ibu hamil untuk membantu memenuhi nutrisi dalam tubuhnya. Selain susu sapi, manfaat susu almond untuk ibu hamil juga cukup banyak.

Salah satu khasiatnya adalah memberikan energi tambahan bagi ibu hamil. Pasalnya, susu ini mengandung protein dan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh, sehingga bukan hanya baik untuk bumil, tetapi juga sang buah hati.

Agar lebih paham mengenai beberapa manfaat susu almond untuk ibu hamil lainnya, yuk simak artikel berikut!

Kandungan Susu Almond

Susu almond mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi ibu hamil serta janin dalam kandungannya. Berikut ini adalah sejumlah nutrisi yang terkandung dalam secangkir susu almond, diantaranya:

  • 37 kalori.
  • 3 gram lemak.
  • 1 gram protein.
  • 1 gram karbohidrat.
  • <1 gram serat.
  • <1 gram gula.
  • 481 gram kalsium.
  • 163 mg kalium.
  • Vitamin A,D, dan B12.

Dengan mengetahui kandungan yang ada di susu almond, kamu dapat memperkirakan nutrisi apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa susu almond setiap merek memiliki kandungan yang berbeda.

Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

Susu almond adalah alternatif bagi bumil yang memiliki riwayat intoleransi laktosa. Selain itu, susu ini juga menawarkan sejumlah khasiat bagi ibu hamil maupun janinnya. Adapun beberapa manfaat susu almond untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Membantu Perkembangan Saraf Janin

Salah satu manfaat susu almond untuk bumil adalah membantu perkembangan saraf janin. Sebab, susu almond mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi perkembangan saraf calon bayi.

Tak hanya itu, asam lemak omega-3 juga berperan dalam perkembangan otak dan retina janin, sehingga meningkatkan kemungkinan bayi terlahir dengan normal. Di sisi lain, susu ini juga baik untuk mencegah depresi perinatal pada ibu hamil.

Baca Juga  9 Cara Mengatasi Bayi Sungsang agar Posisinya Normal, Catat!

2. Menjaga Berat Badan

Manfaat susu almond untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Pada dasarnya, kenaikan berat badan adalah hal wajar bagi setiap ibu hamil. Meski begitu, ibu perlu mengendalikannya agar tidak terjadi kelebihan berat badan yang dapat membahayakan kesehatan janin.

Untuk itu, ibu bisa mengonsumsi susu almond karena mengandung serat dan protein hewani yang membantu mengendalikan berat badan agar tetap ideal.

3. Baik untuk Kesehatan Tulang

Mengonsumsi susu almond dalam takaran cukup juga baik untuk menunjang kesehatan tulang, sehingga ibu tak akan mudah pegal. Sebab, selama hamil, beban yang ditopang oleh tulang belakang akan bertambah.

Maka dari itu, ibu perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan kalsium, seperti susu almond agar tidak mudah lelah dan kesehatan tulang tetap terjaga.

4. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Manfaat susu almond untuk ibu hamil berikutnya adalah menurunkan risiko komplikasi. Pasalnya, saat hamil, ibu rentan mengalami komplikasi, baik karena kenaikan berat badan, hingga tekanan darah tinggi.

Sementara itu, kandungan kalsium dalam susu almond berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah. Tak hanya itu, susu almond juga mengandung gula baik, sehingga cenderung aman dikonsumsi.

Jadi, dengan mengonsumsi susu almond yang cukup, ibu akan terhindar dari sejumlah risiko komplikasi, seperti:

  • Tekanan darah tinggi yang menyebabkan preeklamsia.
  • Mencegah diabetes gestasional.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat.

5. Mencegah Kecacatan Bayi

Manfaat susu almond untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah kecacatan pada bayi. Sebab, kandungan asam folat dalam susu almond berperan untuk mengatur sistem saraf pusat dan pembentukan otak, sehingga bayi bisa tumbuh dengan sehat serta mencegah cacat tabung saraf.

Baca Juga  Efek Samping Olahraga Malam untuk Diwaspadai, Ganggu Tidur!

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Selama masa kehamilan, kulit ibu cenderung sensitif, kering, kusam, dan berjerawat. Nah, dengan mengonsumsi susu almond dalam takaran yang cukup, kesehatan kulit ibu bisa tetap terjaga.

Di samping itu, kandungan vitamin E dalam susu almond juga bisa membantu mengatasi pigmentasi dan jerawat, sehingga kulit ibu akan tetap sehat selama masa kehamilan.

7. Membantu Perkembangan Massa Otot Janin

Manfaat susu almond untuk ibu hamil lainnya adalah membantu mendukung perkembangan massa otot janin. Sebab, susu almond mengandung protein tinggi yang berperan dalam penambahan massa otot bayi dan menjaga berat badannya agar terlahir sehat.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin A dalam susu almond juga bisa membantu pertumbuhan bayi, hingga menjaga kesehatan jantung, mata, tulang, ginjal, dan paru-paru janin.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi susu almond juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil dan mencegah sembelit. Pasalnya, susu ini mengandung serat yang baik bagi kinerja sistem pencernaan.

9. Sumber Energi Tambahan

Manfaat susu almond untuk bumil yang terakhir adalah sebagai sumber energi tambahan. Seperti yang disinggung sebelumnya, susu ini mengandung protein dan karbohidrat, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan energi ibu hamil serta mencegah kelelahan selama beraktivitas.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar manfaat susu almond untuk ibu hamil. Pada dasarnya, susu almond bisa digunakan sebagai alternatif susu sapi. Namun, ibu hamil juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Tak hanya itu, apabila memiliki riwayat alergi kacang, sebaiknya hindari konsumsi susu almond agar tidak terjadi reaksi yang berbahaya bagi kehamilan.

Nah, jika ingin memperoleh informasi lain seputar kehamilan dan proses melahirkan, kunjungi blog New Life!

Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Inilah Efek Sampingnya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?