fbpx

Apa yang Membuat Badan Gemuk? Ini Hal yang Perlu Dihindari

Apa yang Membuat Badan Gemuk? Ini Hal yang Perlu Dihindari

Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan ideal. Akan tetapi, gaya hidup buruk yang kamu terapkan bisa saja membuat berat badan naik. Lantas, apa yang membuat badan gemuk? Hal ini dapat terjadi karena kebiasaan buruk maupun mengonsumsi makanan yang tinggi kalori.

Selain itu, berat badan naik bisa terjadi karena alasan lain. Nah, untuk mengetahui apa yang membuat badan gemuk, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa yang Membuat Badan Gemuk?

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, kegemukan dan kenaikan berat badan bisa terjadi karena sejumlah kebiasaan buruk yang terkadang jarang kamu sadari.

Adapun beberapa hal yang membuat badan gemuk adalah sebagai berikut:

1. Kurang Tidur

Salah satu penyebab badan gemuk adalah kurang tidur. Pasalnya, kurang tidur bisa mengganggu keseimbangan hormon yang berfungsi dalam mengatur rasa lapar dan kenyang.

Alhasil, kamu akan lebih sering merasa lapar di malam hari. Hal ini bisa membuat asupan kalori dalam tubuh bertambah yang bisa memicu kenaikan berat badan. Itulah sebabnya, penting bagimu untuk menjaga kualitas tidur.

2. Tidak Fokus Makan

Penyebab berat badan naik selanjutnya adalah karena kamu tidak fokus makan. Misalnya, mengonsumsi makanan sambil bermain media sosial atau menonton televisi.

Hal ini akan membuatmu tidak fokus terhadap makanan, sehingga bisa memicu porsi makan berlebihan. Nah, apabila kebiasaan ini sering kamu lakukan, maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Kurang Minum Air Putih

Hal yang bisa membuat badan gemuk lainnya adalah kurang minum air putih. Pada umumnya, air putih berperan untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegahmu makan dalam porsi besar.

Jadi, ketika kamu kurang asupan air putih, bisa menyebabkan pola makanmu meningkat. Sebab, tubuh sering salah mengartikan bahwa rasa haus merupakan tanda bahwa kamu sedang lapar.

Baca Juga  Penyebab Bayi Kuning, Risiko Komplikasi, & Cara Menanganinya

4. Duduk Terlalu Lama

Duduk berjam-jam ternyata juga menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan, lho. Lebih parahnya, kebiasaan ini juga bisa memicu timbulnya penyakit kronis, hingga kematian dini.

Pasalnya, seseorang yang duduk terlalu lama cenderung kurang gerak atau melakukan aktivitas fisik. Padahal, melakukan aktivitas fisik penting untuk membakar kalori dalam tubuh. Jadi, kebiasaan duduk terlalu lama bisa menimbulkan penumpukan lemak berlebihan.

5. Pola Makan Tidak Teratur

Penyebab badan gemuk berikutnya adalah pola makan tidak teratur. Hal ini bisa terjadi ketika kamu memiliki jam makan yang tidak teratur atau sering melewatkan sarapan. Pada dasarnya, pola makan yang tidak teratur akan membuatmu mudah merasa lapar dan sulit kenyang. Alhasil, hal itu bisa memicumu untuk makan berlebihan.

Selain itu, makan tidak teratur dapat menyebabkan jam biologis tubuh menjadi kacau. Padahal, hal itu penting untuk mengatur metabolisme tubuh, proses pencernaan, hingga nafsu makan. Nah, jika jam biologis tubuh terganggu, maka berisiko menyebabkan kenaikan berat badan.

6. Makan dengan Terburu-buru 

Penyebab badan gemuk selanjutnya adalah makan dengan terburu-buru dan terlalu cepat. Kebiasaan ini bisa membuatmu mempunyai berat badan berlebihan. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut sudah kenyang.

Maka dari itu, ketika kamu makan dengan cepat, asupan makanan yang masuk ke perut akan lebih banyak akibat tubuh yang belum menerima sinyal kenyang.

7. Makan dengan Piring Besar

Kebiasaan yang bisa membuat badan gemuk terakhir adalah makan dengan piring besar. Bahkan, kebiasaan mengonsumsi makanan dengan piring besar bisa membuatmu memiliki lingkar pinggang yang besar.

Pasalnya, piring besar bisa membuat porsi makanmu lebih banyak karena menganggap jumlah takarannya tampak sedikit. Hal ini juga dapat semakin mempercepat kenaikan berat badan apabila kamu sering mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalori.

Baca Juga  Tanda Pasti Hamil pada Minggu Pertama

Makanan yang Bikin Gemuk

Selain karena kebiasaan buruk, kenaikan berat badan juga bisa timbul akibat salah asupan makanan. Adapun beberapa makanan yang bikin gemuk adalah sebagai berikut:

1. Buah dan Sayuran Kaleng

Salah satu makanan yang bikin gemuk adalah buah dan sayuran kaleng. Pada dasarnya, jenis makanan ini akan lebih menyehatkan ketika kamu mengonsumsinya dalam keadaan segar atau mengolah dengan cara yang tepat.

Akan tetapi, buah dan sayuran kaleng cenderung mengandung gula tambahan atau sodium, sehingga membuat nutrisinya berkurang dan memicu kenaikan berat badan saat kamu makan berlebihan.

2. Es Krim

Makanan yang bikin gemuk berikutnya adalah es krim. Pada dasarnya, es krim memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi. Bukan hanya itu, es krim juga bisa mengandung kalori. Jadi, ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa menimbulkan pertambahan berat badan.

3. Sereal Cornflakes

Jenis makanan yang bikin gemuk selanjutnya adalah sereal cornflakes. Sereal ini banyak dipilih sebagai menu sarapan sehat karena kandungan gulanya yang rendah.

Namun ternyata, sereal ini justru tinggi akan kandungan garam. Jadi, saat kamu terbiasa mengonsumsinya dalam porsi besar, maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan kegemukan.

4. Makanan Manis

Jenis makanan yang bikin gemuk lainnya adalah makanan manis. Misalnya adalah donat, kukis, martabak manis, maupun brownies. Jenis makanan ini tentu terasa lezat. Sayangnya, tingginya kandungan gula, lemak, dan tepung justru bisa menyebabkan kegemukan apabila kamu menyantapnya secara berlebihan.

5. Makanan Cepat Saji

Makanan yang bikin gemuk terakhir adalah makanan cepat saji maupun makanan olahan. Jenis makanan ini umumnya tinggi akan kandungan garam, gula tambahan, kalori, serta lemak trans. Nah, ketika kamu mengonsumsinya terlalu sering dan berlebihan, maka bisa menyebabkan kegemukan.

Baca Juga  7 Toko Perlengkapan Bayi Murah di Makassar dan Terlengkap

Penutup

Demikian beberapa informasi berkaitan dengan apa yang membuat badan gemuk dan makanan penyebab berat badan naik. Pada dasarnya, kegemukan bisa terjadi akibat kebiasaan buruk maupun asupan makanan sehari-hari.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan gaya hidup sehari-hari demi mencegah kegemukan. Nah, untuk mengetahui tips mengelola berat badan agar ideal, kunjungi lebih lanjut situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?