fbpx

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan? Ini Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan? Ini Jawabannya

Bolehkan ibu hamil makan rambutan? Pada dasarnya, selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, buah rambutan juga kaya akan kandungan vitamin serta mineral. Oleh karena itu, mengonsumsi rambutan saat hamil tergolong aman dan bermanfaat.

Namun, sebelum ibu hamil mengonsumsi buah rambutan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaatnya dapat Bunda peroleh secara maksimal. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bolehkah ibu hamil makan rambutan, yuk simak artikel berikut ini!

Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

Rambutan adalah salah satu buah segar yang kaya nutrisi, sehingga baik untuk ibu hamil. Adapun beberapa manfaat rambutan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat rambutan untuk ibu hamil adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, buah rambutan memiliki kandungan serat serta air yang baik dalam mencerna makanan dalam tubuh.

Dengan kadar serat dan air yang cukup, maka sistem pencernaan dapat memperbaiki tekstur feses dan memudahkan pengeluarannya dari tubuh. Dengan begini, Bunda dapat terhindar dari risiko sembelit yang umum terjadi selama kehamilan akibat perubahan hormon.

2. Menjaga Kadar Darah dalam Tubuh

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan persediaan darah yang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan janin. Untuk mencukupi pasokan darah tersebut, Bunda perlu meningkatkan asupan makanan yang mengandung zat besi. Nah, rambutan menjadi salah satu buah yang tinggi akan zat besi, sehingga berperan dalam menjaga kadar darah dalam tubuh.

Di samping itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang bisa membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Nah, selama kadar darah dalam tubuh tercukupi, Bunda juga bisa terhindar dari risiko anemia yang dapat membahayakan kondisi kehamilan.

Baca Juga  7 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Yuk Simak!

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat rambutan untuk ibu hamil selanjutnya adalah berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pasalnya, kandungan zat besi, vitamin C, dan antioksidan yang terdapat dalam rambutan berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat terhindar dari risiko gangguan kesehatan selama hamil.

4. Merangsang Pembentukan Tulang Janin

Manfaat rambutan untuk ibu hamil lainnya adalah membantu merangsang pembentukan tulang janin. Pasalnya, rambutan mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan mendorong pembentukan tulang janin. Kalsium ini juga kamu butuhkan pada trimester ketiga kehamilan, karena bayi akan tumbuh lebih cepat.

5. Mencegah Kanker

Manfaat rambutan untuk bumil lainnya adalah membantu mencegah kanker. Sebab, buah ini kaya akan kandungan antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari risiko serangan penyakit berbahaya.

6. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Manfaat rambutan untuk bumil selanjutnya adalah membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini karena rambutan kaya akan kandungan serat, air, serta antioksidan. Nah, berbagai manfaat tersebut berperan untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah tertimbunnya lemak, menjaga perut agar kenyang lebih lama, hingga menurunkan kadar kolesterol.

7. Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Manfaat rambutan untuk ibu hamil juga berperan dalam detoksifikasi tubuh. Sebab, buah rambutan ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Alhasil, Bunda dapat terhindar dari risiko serangan penyakit yang bisa mengganggu kesehatan diri maupun bayi dalam kandungan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan?

Lantas, bolehkan ibu hamil makan rambutan? Dengan berbagai kandungan dan manfaatnya di atas, tentu saja ibu hamil boleh mengonsumsi rambutan. Akan tetapi, pastikan bahwa Bunda tidak memakannya secara berlebihan. Selain itu, jika hendak Bunda jadikan sebagai cemilan sehat, sebaiknya konsultasi terlebih dulu pada dokter untuk memperoleh saran yang tepat.

Baca Juga  Cara Mempercepat Kontraksi: Tips dan Trik yang Mudah Dilakukan

Selain memperhatikan porsi, ibu hamil juga perlu memperhatikan hal-hal berikut saat berencana mengonsumsi rambutan.

  • Pilih rambutan yang berwarna merah, jingga, atau kuning, sebagai tanda bahwa buah telah matang sempurna.
  • Hindari buah yang sudah terlalu lembek.
  • Lebih baik memilih rambutan yang baru matang dari pohon, karena buah rambutan cenderung lebih nikmat saat masih segar.
  • Simpan buah rambutan dalam kulkas untuk menghindari pembusukan.
  • Sebelum mengonsumsinya, kupas kulit buah rambutan yang berbulu terlebih dulu dan nikmati daging buah berwarna putih.
  • Bunda perlu berhati-hati saat makan rambutan, hindari menggigit maupun menelan biji yang ada di dalam daging buah. Sebab, biji tersebut memiliki rasa yang pahit.
  • Untuk meningkatkan nutrisinya, konsumsi buah rambutan dalam bentuk salad atau bersama sereal gandum.

Penutup

Demikian sederet informasi penting mengenai bolehkah ibu hamil makan rambutan. Seperti penjelasan sebelumnya, ibu hamil tentu boleh mengonsumsinya selama dalam batas wajar agar terhindar dari efek samping bagi kehamilan. Di samping itu, jaga pula asupan makanan bernutrisi lainnya, seperti dari sayuran, daging rendah lemak, produk susu, dan lainnya.

Bunda juga bisa berolahraga ringan untuk mendukung kesehatan tubuh dan janin selama masa kehamilan, seperti jalan kaki, berenang, yoga, senam hamil, hingga pilater. Jadi, mari jaga kesehatan kandungan selama hamil bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?