fbpx

10 Daftar Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil & Manfaatnya

10 Daftar Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil & Manfaatnya

Menjaga asupan nutrisi selama hamil adalah hal penting bagi wanita, karena bisa membantu menjaga kesehatan kandungannya. Maka dari itu, memilih sayuran yang bagus untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Pasalnya, mayoritas sayuran mengandung nutrisi yang baik bagi ibu hamil, seperti vitamin, beta karoten, serat, asam folat, protein, karbohidrat kompleks, hingga lemak sehat. Lantas, apa saja daftar sayuran yang bagus untuk ibu hamil? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ada banyak jenis sayuran yang baik untuk kesehatan bumil dan janinnya. Adapun beberapa jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil adalah brokoli. Sayuran ini mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin A, C, K, serat, folat, kalsium, kalium, zat besi, dan sumber antioksidan. 

Dengan berbagai kandungan tersebut, brokoli baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, sayuran ini juga bisa membantu mencegah sembelit, menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, dan mencegah komplikasi kehamilan.

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau juga tergolong sebagai sumber nutrisi yang baik bagi bumil dan sang buah hati. Pasalnya, sayuran berdaun hijau kaya akan kandungan serat, zat besi, kalsium, asam folat, vitamin A, C, E, dan K. 

Nah, berbagai nutrisi tersebut bisa mencegah bayi lahir mengalami cacat tabung saraf. Adapun beberapa jenis sayuran berdaun hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah pakcoy, kangkung, bayam, selada, dan kol.

3. Kacang-kacangan

Rekomendasi sayuran yang bagus untuk ibu hamil berikutnya adalah kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kedelai, buncis, kacang polong, maupun kacang edamame. Pada umumnya, kacang-kacangan mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, zat besi, protein, kalsium nabati, dan folat yang dibutuhkan oleh ibu.

Baca Juga  Ciri-Ciri Ruam Popok akan Sembuh dan Cara Menyembuhkannya

Kandungan folat dalam kacang-kacangan sendiri dibutuhkan oleh ibu hamil, khususnya pada trimester pertama untuk mengurangi morning sickness. Di sisi lain, kacang-kacangan juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Wortel

Wortel adalah sayuran yang mengandung beta karoten, sehingga baik untuk menunjang perkembangan jaringan saraf serta sel janin. Di sisi lain, sayuran ini juga tinggi akan antioksidan yang penting dalam menangkal radikal bebas, sehingga ibu hamil tidak mudah terserang penyakit.

Tak berhenti di situ, wortel juga memiliki kandungan kalsium yang berperan dalam proses pembentukan gigi dan tulang bayi, sekaligus memperkuat sistem daya tahan tubuh ibu agar senantiasa berstamina selama hamil.

5. Tomat

Selain wortel, tomat juga termasuk sebagai sayuran yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut berperan dalam menjaga kecantikan kulit ibu dan aman dikonsumsi saat hamil. Di sisi lain, tomat juga mengandung zat besi dan vitamin C yang berfungsi untuk melindungi ibu dari risiko kerusakan sel.

6. Paprika Merah

Sayuran yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah paprika merah. Sayuran ini mengandung banyak serat, vitamin A, dan C yang bisa menjaga tubuh ibu agar senantiasa aktif selama masa kehamilan. Selain itu, mengonsumsi paprika merah juga dapat membantu mencegah risiko komplikasi, misalnya preeklamsia dan tekanan darah tinggi.

7. Kubis

Kubis adalah sumber folat yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Selain itu, sayuran ini juga bisa dikonsumsi setiap hari. Dengan memperoleh asupan folat yang cukup, bumil bisa mencegah risiko kelainan jantung pada bayi maupun cacat lahir tabung saraf.

Tak hanya itu, kandungan folat dan zat besi dalam kubis juga bisa membantu mencegah terjadinya anemia, meningkatkan volume darah, dan menurunkan risiko keguguran.

Baca Juga  Mimisan saat Hamil Trimester 3: Penyebab & Cara Mencegahnya

8. Lobak

Jenis sayuran yang bagus untuk bumil lainnya adalah lobak. Tumbuhan akar ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bumil, memperkuat kinerja paru-paru, hingga mencegah serangan penyakit berbahaya, seperti kanker.

9. Asparagus

Sayuran untuk ibu hamil lainnya adalah asparagus. Sayuran ini bisa membantu menunjang pertumbuhan janin dan tabung sarafnya, mempercepat pembekuan darah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, hingga mencegah pendarahan berlebihan saat melahirkan. Sebab, asparagus kaya akan kandungan serat, vitamin K, kalsium, dan berlemak rendah.

10. Okra

Okra atau lady finger juga termasuk sebagai sayuran yang bagus untuk bumil. Pasalnya, sayuran ini adalah salah satu sumber asam folat yang penting untuk merangsang tumbuh kembang janin dan mengelola kadar gula darah dalam tubuh ibu.

Selain itu, mengonsumsi okra dalam kadar yang cukup juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, karena sayuran ini kaya akan kandungan vitamin C, E, karotenoid, serta senyawa fenolik.

Manfaat Mengonsumsi Sayuran untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, makan sayur untuk ibu hamil bermanfaat untuk menjaga kesehatan bumil maupun bayi dalam kandungannya. Adapun beberapa manfaat mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi risiko anemia.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Mengontrol tekanan darah dalam tubuh.
  • Mengurangi risiko komplikasi kehamilan.
  • Menjaga berat badan bayi dalam kandungan.
  • Menjaga tumbuh kembang bayi dalam kandungan agar lebih optimal.

Penutup

Nah, itulah sederet rekomendasi sayuran yang bagus untuk ibu hamil dan manfaatnya bagi kesehatan diri maupun sang buah hati. Dengan begini, ibu bisa lebih paham tentang nutrisi yang dibutuhkan selama hamil untuk menjaga kesehatannya.

Selain itu, agar nutrisi dalam sayuran bisa terserap secara optimal, ibu perlu mengonsumsinya dengan kadar yang cukup, yaitu sekitar 500 gram dan mengimbanginya dengan minum air putih serta konsumsi makanan bergizi lainnya.

Baca Juga  Korset untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh

Untuk itu, yuk selalu jaga asupan makanan selama masa kehamilan! Jika ingin mengetahui informasi lain mengenai kehamilan, baca selengkapnya di situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?