fbpx

9 Solusi Kaki Bengkak saat Hamil secara Alami, Lakukan Yoga!

9 Solusi Kaki Bengkak saat Hamil secara Alami, Lakukan Yoga!

Kaki bengkak adalah masalah kesehatan yang sering ibu hamil keluhkan, baik sejak trimester pertama maupun trimester terakhir. Pada dasarnya, kondisi ini tak perlu ibu khawatirkan. Meskipun demikian, ketidaknyamanan yang timbul mengharuskan ibu untuk lebih memperhatikan solusi kaki bengkak saat hamil.

Sebab, hal itu bisa saja mengganggu rutinitas sehari-hari dan membuat ibu merasa tidak nyaman. Lantas, apa saja solusi kaki bengkak saat hamil? Jika ingin tahu penanganan yang tepat, yuk baca dalam artikel berikut ini!

Solusi Kaki Bengkak saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil timbul karena penumpukan cairan dalam tubuh. Kondisi tersebut rentan menyerang ibu hamil pada trimester ketiga. Meskipun demikian, ibu hamil di usia kandungan trimester pertama maupun kedua juga bisa saja mengalaminya. Itulah sebabnya, ibu perlu lekas mengatasinya. Adapun beberapa solusi kaki bengkak saat hamil secara alami adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Gerakan Yoga

Salah satu solusi kaki bengkak saat hamil adalah dengan melakukan gerakan yoga ringan. Yoga adalah jenis olahraga yang bisa membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh ibu dan mendukung kehamilan.

Selain itu, olahraga ibu hamil ini juga berperan dalam mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Adapun salah satu gerakan yoga yang bisa ibu coba adalah dengan tidur telentang, lalu mengangkat kaki perlahan-lahan ke dinding sampai posisinya tegak lurus.

2. Merendam Kaki dengan Garam Epsom

Cara meredakan pembengkakan kaki saat hamil juga bisa ibu lakukan dengan merendamnya menggunakan air hangat yang sudah dicampur setengah cangkir garam epsom.

Cara ini bisa menjadi perawatan alami di rumah untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri di kaki. Ibu bisa merendamnya selama 15 menit per hari agar kaki bengkak bisa segera sembuh.

Baca Juga  Waspada Ciri-ciri Janin Tidak Berkembang!

3. Berjalan Kaki

Cara mengatasi pembengkakan kaki saat hamil selanjutnya adalah dengan berjalan kaki. Pada dasarnya, jalan kaki saat hamil bermanfaat untuk menguatkan otot tubuh, membuatnya lebih rileks, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Di samping itu, berjalan kaki juga bisa melancarkan peredaran darah dan membantu mengurangi pembengkakan. Maka dari itu, sempatkan waktu selama 5-10 menit per hari untuk berjalan kaki.

4. Mengonsumsi Teh Jelatang dan Dandelion

Solusi kaki bengkak saat hamil selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh jelatang dan dandelion setiap harinya. Minuman tersebut bisa membantu menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh serta melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu, pembengkakan pada kaki bisa mereda.

5. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Ibu bisa memilih jenis makanan yang mengandung potasium untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Misalnya adalah kacang-kacangan, kentang dengan kulit, pisang, lentil, salmon, yoghurt, dan jus jeruk, wortel, markisa, atau delima.

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, ibu juga perlu membatasi asupan makanan yang mengandung garam maupun minuman berkafein. Sebab, asupannya yang berlebihan bisa memicu penumpukan cairan di beberapa bagian tubuh, khususnya kaki. Alhasil, ibu pun bisa mengalami pembengkakan kaki.

6. Pijatan Lembut

Solusi kaki bengkak saat hamil lainnya adalah memberikan pijatan lembut untuk membantu mengurangi penumpukan cairan. Pasalnya, pijatan bisa membantu mengedarkan cairan yang menumpuk, sehingga pembengkakan bisa berkurang. Di samping itu, melakukan pijatan juga berperan untuk meringankan stres.

Untuk menerapkannya, ibu bisa meminta bantuan pasangan memijatnya. Selama memijat, ibu bisa memosisikan kaki lebih tinggi dengan mengganjalnya dengan bantal. Selain itu, tambahkan pula minyak esensial dari lavender atau peppermint untuk membantu menenangkan kulit.

Baca Juga  8 Fungsi Air Ketuban bagi Janin dalam Kandungan, Yuk Simak!

7. Minum Air Putih

Selama masa kehamilan, ibu perlu minum air putih yang lebih banyak daripada kondisi normal. Kebiasaan ini bisa membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Dengan begini, pembengkakan di kaki pun bisa mereda. Adapun takaran air yang baik selama masa kehamilan adalah setidaknya 10 gelas per hari.

8. Berenang

Cara mengatasi pembengkakan kaki saat hamil juga bisa ibu lakukan dengan berenang. Olahraga ini juga memiliki manfaat bagi ibu hamil, seperti mempersiapkan persalinan agar lancar, serta melancarkan peredaran darah, sehingga bisa membantu mengurangi pembengkakan di kaki.

Ibu bisa mencoba berdiri atau berenang di kolam dengan kedalaman hampir mencapai leher. Jika tidak terbiasa, cobalah untuk meminta bantuan kepada profesional. Ibu juga perlu melengkapinya dengan aktivitas olahraga lain agar penumpukan cairan di kaki bisa berkurang.

9. Mengistirahatkan Kaki

Solusi kaki bengkak saat hamil yang terakhir adalah dengan mengistirahatkan kaki. Apabila selama seharian penuh ibu terlalu banyak beraktivitas dengan berdiri atau duduk, cobalah untuk mengistirahatkan kaki sejenak.

Misalnya dengan meluruskannya atau memosisikan kaki lebih tinggi dengan mengganjal menggunakan bantal. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan cairan yang menumpuk di area kaki.

Apakah Kaki Bengkak saat Hamil Berbahaya?

Sebetulnya, edema atau kaki bengkak saat hamil bukan tergolong sebagai kondisi yang berbahaya. Kondisi ini juga biasanya akan hilang dengan sendirinya usai melahirkan, tergantung pada kemampuan tubuh dalam mengontrol kelebihan cairan. Meskipun demikian, ibu perlu lebih waspada ketika kondisi ini muncul bersamaan dengan penyakit lainnya, seperti:

  • Preeklamsia yang memiliki gejala berupa penglihatan buram dan sakit kepala.
  • Kaki bengkak terasa sakit, biasanya termasuk tanda adanya penyumbatan di aliran darah.
  • Gangguan pada jantung yang memiliki tanda-tanda, seperti sulit bernapas dan dada nyeri.
Baca Juga  Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Apabila ibu mengalami beberapa gejala di atas, kemungkinan hal itu bukan termasuk pembengkakan kaki biasa. Maka dari itu, ibu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat dan menjaga kondisi kehamilan.

Penutup

Itulah sejumlah solusi kaki bengkak saat hamil dengan pengobatan alami yang bisa ibu lakukan. Pada umumnya, kondisi ini akan segera sembuh selama ibu memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Di samping itu, ibu juga tidak perlu khawatir, karena kebanyakan kasus kaki bengkak saat hamil bukan termasuk kondisi serius. 

Namun, jika ingin memastikannya, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter. Untuk itu, mari terapkan kebiasaan hidup sehat selama masa kehamilan bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?