fbpx

Berapa Lama Pemakaian Korset Pasca Melahirkan Yang Baik?

Korset pasca melahirkan adalah pakaian dalam khusus yang dirancang untuk membantu tubuh kembali ke bentuk semula akibat dari proses melahirkan. Namun, banyak orang masih bingung tentang berapa lama pemakaian korset pasca melahirkan seharusnya dipakai. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang berapa lama pemakaian korset pasca melahirkan yang baik dan apakah korset pasca melahirkan benar-benar diperlukan.

Waktu Yang Tepat Untuk Memakai Korset

Terbukti dengan adanya korset dapat membantu tubuh kembali ke bentuk semula, cara kerja korset yaitu memberikan dukungan pada otot perut, membantu menstabilkan tulang belakang, mengecilkan pinggang dan sebagainya. Korset pasca melahirkan juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri setelah melahirkan. Namun, beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk tidak terlalu tergantung pada korset,, karena terlalu sering menggunakannya dapat menyebabkan kelemahan otot perut.

Idealnya, korset pasca melahirkan dapat digunakan selama 6-8 minggu setelah melahirkan. Selama periode ini, tubuh sedang dalam proses penyembuhan dan memerlukan waktu untuk pulih. Pemakaian korset pasca melahirkan selama 6-8 minggu dapat membantu tubuh kembali ke bentuk semula tanpa mengganggu proses penyembuhan alami tubuh.

Namun, setiap ibu memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Beberapa ibu mungkin merasa nyaman mengenakan korset pasca melahirkan selama lebih dari 8 minggu, sedangkan yang lain mungkin merasa tidak nyaman atau tidak memerlukannya sama sekali. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk menentukan waktu yang tepat untuk mulai menggunakan korset pasca melahirkan dan berapa lama waktu yang sebaiknya dibutuhkan dalam penggunaannya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Korset

Korset adalah pakaian yang digunakan untuk membentuk tubuh dan memberikan dukungan pada bagian perut dan pinggang. Namun, sebelum membeli korset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Baca Juga  Cara Memilih Stroller Bayi & Manfaat Menggunakannya, Catat!

Bahan Korset

Pastikan bahan korset terbuat dari bahan yang berkualitas, seperti katun atau sutra, yang dapat memberikan kenyamanan saat digunakan. Hindari bahan yang tidak nyaman seperti vinyl atau lateks, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Jenis Korset

Ada beberapa jenis korset seperti korset pinggang, underbust, overbust, dan full body korset. Setiap jenis korset memiliki fungsinya masing-masing, jadi pastikan untuk memilih jenis korset yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan utama pemakaiannya.

Tujuan Penggunaan

Sebelum membeli korset, pastikan kamu harus mengetahui tujuan penggunaannya. Apakah untuk membentuk tubuh atau untuk digunakan sebagai pakaian dalam? Hal ini dapat mempengaruhi jenis dan ukuran korset yang harus kamu beli.

Jenis Kaitan

Terdapat dua jenis kaitan pada korset yaitu busk dan hook-and-eye closure. Busk adalah kaitan yang terbuat dari logam dan biasanya ditemukan pada korset overbust, sedangkan hook-and-eye closure adalah kaitan yang terbuat dari plastik dan biasanya ditemukan pada korset underbust. Pastikan juga dalam memilih kaitan harus sesuai dengan kenyamanan. 

Kesimpulan

Dalam memilih korset, tidak hanya terfokus pada bentuk tubuh yang diinginkan tetapi juga harus memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanannya. Dengan memperhatikan hal-hal seperti jenis korset, bahan, ukuran, jenis kaitan, dan tujuan penggunaan, kamu dapat memilih korset yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan manfaat yang diinginkan.

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?