fbpx

9 Cara Memancing ASI Keluar saat Hamil, Lakukan Senam Rutin!

9 Cara Memancing ASI Keluar saat Hamil, Lakukan Senam Rutin!

Pada dasarnya, ASI akan keluar setelah melahirkan. Namun, tak jarang ibu menyusui yang mengeluhkan tidak lancarnya produksi ASI. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, Bunda perlu mengetahui cara memancing ASI keluar saat hamil.

Dengan begini, ketika bayi sudah lahir, produksi ASI pun bisa lebih lancar. Nah, untuk mengetahui beberapa cara memancing ASI keluar saat hamil, yuk simak artikel berikut ini!

Cara Memancing ASI Keluar saat Hamil

ASI atau Air Susu Ibu adalah sumber nutrisi utama bayi setelah lahir. Pada umumnya, ASI ini akan keluar pasca moms melahirkan. Namun, untuk meningkatkan kelancarannya, kamu perlu memancingnya terlebih dulu.  Nah, berikut ini adalah beberapa cara memancing ASI keluar saat hamil:

1. Melakukan Senam Rutin

Salah satu cara memancing keluarnya ASI saat hamil secara alami dengan mengikuti senam ibu hamil secara rutin. Pada dasarnya, olahraga berperan dalam mengurangi risiko pembengkakan dan meningkatkan produksi ASI. Untuk memaksimalkan manfaatnya, Bunda bisa melakukan senam setidaknya dua kali per minggu.

Selain itu, Bunda juga perlu berolahraga sejak trimester pertama kehamilan. Adapun beberapa jenis senam ibu hamil yang dapat Bunda lakukan adalah senam kegel, kardio ringan, dan posisi jongkok. Selain itu, Bunda juga bisa berenang dan berjalan kaki di pagi hari.

2. Pijat Payudara

Cara memancing ASI keluar saat hamil juga dapat Bunda lakukan dengan pijat payudara untuk membantu membuka saluran kelenjar susu. Cara ini bisa diterapkan sebelum serta sesudah persalinan. Pada dasarnya, rangsangan dari pijatan ini bisa membantu meningkatkan kadar prolaktin, sehingga produksi ASI akan lebih lancar selama masa menyusui.

3. Tidur yang Cukup

Cara memancing ASI keluar saat hamil secara alami selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Pasalnya, kurang beristirahat bisa memengaruhi produksi ASI Bunda. Maka dari itu, selama hamil, Bunda perlu menjaga kualitas tidur setiap hari, setidaknya beristirahat selama 7-9 jam di malam hari.

Baca Juga  Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Selain itu, jaga postur tubuh selama tidur agar kualitasnya meningkat. Bunda juga dapat mendukung istirahat dengan melakukan meditasi dan relaksasi terlebih dulu agar lebih nyenyak.

4. Pijat Oksitosin

Cara memancing ASI keluar saat hamil berikutnya adalah melakukan pijat oksitosin atau pijat punggung. Pijat ini dilakukan di sekitar area tulang belakang untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin dan prolaktin. Kedua hormon tersebut berperan dalam melancarkan proses keluarnya air susu ibu.

Pada dasarnya, hormon oksitosin memiliki fungsi untuk merangsang payudara agar dapat berkontraksi. Hal ini akan membantu melepaskan ASI ibu dengan lebih lancar. Di sisi lain, pijat oksitosin juga bermanfaat untuk membatasi pengeluaran hormon kortisol atau jenis hormon pemicu stres.

5. Memperbanyak Asupan Gandum

Cara memancing ASI keluar saat hamil lainnya adalah memperbanyak asupan gandum. Pasalnya, makanan ini berfungsi untuk meningkatkan laktasi dan merangsang ASI agar lekas keluar pada ibu hamil.

Selain itu, gandum juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya adalah memengaruhi sistem saraf perifer, mengurangi rasa nyeri, memperbaiki aliran darah menuju organ tubuh serta jaringan, hingga meningkatkan rangsangan antar sistem saraf.

6. Hypnobreastfeeding

Hypnobreastfeeding adalah salah satu metode relaksasi yang berfungsi untuk merangsang keluarnya ASI pada ibu hamil. Selain itu, relaksasi ini juga membantu meningkatkan let down reflex. Untuk menerapkan metode ini, Bunda perlu meminta bantuan kepada ahli agar bisa membantu merangsang energi positif dari bawah alam sadar.

7. Meningkatkan Konsumsi Biji Fenugreek

Fenugreek adalah jenis makanan herbal yang bisa Bunda konsumsi untuk membantu memancing ASI keluar selama masa kehamilan. Tanaman herbal berwarna hijau ini bisa membantu menjaga kesehatan moms selama masa kehamilan, hingga pasca persalinan.

Baca Juga  Tips Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui, Beri Pijatan!

Selain itu, mengonsumsi biji fenugreek juga membantu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah risiko sembelit pada trimester ketiga kehamilan.

8. Makan Daun Katuk

Cara memancing ASI keluar saat hamil berikutnya adalah mengonsumsi daun katuk. Bahan herbal ini bermanfaat untuk kesehatan wanita, khususnya bagi ibu hamil dan menyusui. Bunda dapat mengonsumsi daun katuk dengan menjadikannya sebagai sayur atau konsumsi dalam bentuk suplemen. 

9. Jaga Pola Makan

Cara memancing ASI keluar pada ibu hamil yang terakhir adalah dengan menjaga pola makan setiap hari. Pasalnya, makanan yang Bunda konsumsi ini dapat meningkatkan kualitas produksi ASI. Bunda dapat menjaga asupan makanan yang mengandung lemak sehat, karbohidrat, serta protein. Adapun beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi adalah buah-buahan, daun katuk, wortel, bayam, ikan, ayam, dan makanan bernutrisi lainnya.

Kapan ASI Keluar saat Hamil?

Pada dasarnya, ASI akan keluar dengan lancar setidaknya 2 hingga 3 hari setelah melahirkan. Nah, sebelum itu, akan ada cairan kental yang keluar terlebih dulu, yaitu kolostrum. Di sisi lain, ASI juga bisa keluar ketika Bunda masih hamil, terlebih saat memasuki trimester ketiga atau akhir kehamilan.

Dalam hal ini, ketika usia kehamilan memasuki angka 28 hingga 40 minggu, maka produksi ASI sudah mulai melimpah dan siap untuk keluar. Namun, keluarnya ASI ini memerlukan pancingan agar lebih lancar. Itulah mengapa, Bunda membutuhkan cara alami yang bisa membantu memancing keluarnya ASI.

Penutup

Itulah berbagai informasi mengenai cara memancing ASI keluar saat hamil. Pada dasarnya, cara ini bisa Bunda lakukan dengan menjaga kesehatan tubuh, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga ringan secara rutin agar kualitas ASI nantinya dapat terjaga. Dengan begini, saat bayi lahir, ASI Bunda pun akan semakin lancar. Nah, untuk mengetahui tips seputar kehamilan dan persalinan, simak dalam situs New Life sekarang juga!

Baca Juga  Payudara Bengkak saat Menyusui: Penyebab dan Penanganannya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?