fbpx

Beginilah Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Muncul Pada Perut!

Beginilah Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Muncul Pada Perut!

Tanda-tanda kehamilan di minggu pertama memang tidak terlalu signifikan yang mana membuat banyak calon ibu yang belum menyadarinya. Padahal, usia kehamilan dan pertumbuhan di dalam rahim mungkin yang paling bisa diprediksi. Ternyata banyak tanda yang bisa terlihat jika janin sudah ada dalam kandungan. Hal tersebut dapat diketahui bila bunda mengetahui tanda-tandanya, bunda dapat memeriksakannya menggunakan test pack atau menghubungi dokter kandungan untuk mengetahui kondisi tubuh bunda lebih lanjut.

Berikut tanda adanya janin dalam kandungan yang merupakan tanda awal kehamilan!

Muncul Bercak Darah 

Tanda janin dalam kandungan sering disalahartikan sebagai tanda dimulainya haid. Saat terjadi kehamilan, bercak tersebut biasanya  berwarna  merah muda, merah atau coklat dan biasanya berukuran kecil sehingga tidak mengeluarkan darah. Bercak darah biasanya berlangsung kurang dari tiga hari dan tidak memerlukan pengobatan. Terkadang mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja, namun bunda tetap harus segera menemui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang jelas.

Perut Kembung

Perut wanita dengan tanda-tanda kehamilan mungkin terlihat kembung.  Medical News melansir bahwa salah satu kemungkinan penyebab kembung selama kehamilan adalah fluktuasi hormonal. Hormon kehamilan akan mengendurkan otot rahim dan otot saluran pencernaan dan hal tersebut akan memperlambat proses pencernaan. Akibatnya ibu hamil akan  merasa sembelit. Nah sembelit juga bisa menyebabkan  kembung. Jika bunda merasakan hal tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar lebih yakin dengan kondisi tubuh bunda ya!

Muncul Benjolan

Bagi sebagian wanita tidak banyak perubahan yang terjadi pada tubuh mereka selama trimester pertama. Perut bunda mungkin sedikit lebih bulat, tapi hal tersebut mungkin terjadi karena sembelit, bukan bayi yang sedang tumbuh. Namun demikian, ciri yang dapat dilihat dari usia ibu muda adalah jumlah yang sedikit. Meskipun bunda mungkin tidak melihat banyak perbedaan di luar, ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh, terutama di perut. Rahim pada pra-kehamilan biasanya seukuran jeruk.

Baca Juga  5 Olahraga yang Tidak Bisa Dilakukan Malam Hari, Yuk Catat!

Perut Terlihat Kecil 

Bentuk perut wanita di awal kehamilan saat tidur berbeda-beda, hal tersebut disesuaikan dengan berat badan masing-masing orang, terutama  saat  tidur. Namun untuk bunda yang perutnya terlihat lebih kecil dari biasanya, mungkin hal itu dikarenakan oleh gaya gravitasi dan menyebabkan cairan turun ke bawah.

Perut Lebih Kencang dan Keras

Ciri-ciri awal kehamilan lainnya yang sering terlihat adalah perut semakin kencang dan terasa lebih keras. Mungkin saat berdiri bunda akan melihat perut buncit karena lemak, tetapi bunda bisa mendeteksinya saat sedang duduk. Jika bunda sedang duduk dan perut bergetar tetapi terasa kencang, keras dan sulit dicubit, itu merupakan tanda bahwa sudah ada janin di dalam perut bunda. Hal itu sangat berbeda dengan perut buncit akibat badan gemuk, dimana biasanya saat duduk akan timbul lipatan yang bergelambir.

Sakit Perut Bagian Bawah

tanda awal kehamilan pada perut

Nyeri perut bagian bawah juga bisa digunakan untuk menandakan kehamilan. Alasannya adalah implantasi mulai terjadi atau janin mulai tumbuh di dalam dinding rahim. Hal ini karena posisi janin biasanya berada di perut bagian bawah. Dan seiring dengan pertumbuhan janin, perut bagian bawah akan bertambah besar.

Rasa Mual dan Muntah

tanda awal kehamilan pada perut

Mengalami morning sickness, yaitu muntah di pagi hari, merupakan tanda bahwa bunda sedang hamil. Morning sickness adalah kondisi merasa mual dan muntah yang terjadi di awal kehamilan ,biasanya terjadi di pagi hari. Meski disebut morning sickness, namun bisa terjadi kapan saja, siang atau malam hari. Belum ada penelitian pasti tentang penyebab morning sickness. Beberapa ahli memprediksi bahwa rasa mual disebabkan oleh hormon yang banyak mempengaruhi kondisi ibu hamil.

Dengan Menekan Pusar

Ciri-ciri wanita sedang hamil dan perut buncit akibat terdapat janin di dalamnya dapat bunda ketahui dengan menekan pusar. Biasanya, pusar muncul selama kehamilan. Padahal, saat janin tumbuh, otot-otot perut meregang secara otomatis dan karena pusar tidak memiliki banyak otot, maka akan terdorong keluar. 

Baca Juga  8 Rekomendasi Bantal Menyusui Bayi untuk Busui, Yuk Simak!

Menekan perut bagian pusar adalah hal yang biasanya dilakukan oleh sekelompok dokter atau bidan. Metode ini disebut TFU atau permukaan fundus. Tujuannya untuk mengetahui apakah bunda hamil atau tidak. Metode ini dapat digunakan untuk mengukur kehamilan dan status kesehatan janin. ukur dari tulang kemaluan sampai perut bagian atas. Untuk mengetahuinya bunda dapat segera pergi ke dokter kandungan profesional.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang sering muncul pada perut! Semoga menambah pengetahuan bunda tentang masa kehamilan ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?