fbpx

5 Gerakan Olahraga untuk Sakit Pinggang yang Aman Dilakukan

5 Gerakan Olahraga untuk Sakit Pinggang yang Aman Dilakukan

Apakah kamu pernah mengalami sakit pinggang? Kondisi ini akan membuatmu merasa kurang nyaman saat beraktivitas, terlebih lagi rasanya yang bisa muncul dan hilang tiba-tiba atau justru nyerinya bertahan lama. Nah, melakukan beberapa gerakan olahraga untuk sakit pinggang ternyata dapat membantu mengatasi rasa nyerinya.

Olahraga yang kamu lakukan dengan tepat akan membantumu untuk memperkuat otot tubuh, meredakan nyeri pinggang, hingga menyelaraskan tulang belakang. Agar lebih paham tentang beberapa jenis gerakan olahraga untuk sakit pinggang, yuk simak artikel berikut!

Olahraga untuk Sakit Pinggang

Pada dasarnya, sakit pinggang adalah masalah kesehatan yang dapat sembuh dengan sendirinya apabila penyebabnya cukup ringan. Akan tetapi, kondisi ini tentu membuatmu merasa kurang nyaman dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Maka dari itu, untuk membantu mengatasinya, kamu dapat melakukan olahraga.

Adapun beberapa jenis olahraga untuk sakit pinggang adalah sebagai berikut.

1. Sphinx Pose

Salah satu gerakan untuk sakit pinggang adalah sphinx pose. Gerakan ini bisa membantu meregangkan dan memperkuat otot pinggul, dada, bahu, serta perut. Bukan hanya itu, pose sphinx juga berfungsi untuk menguatkan tulang belakang dan tubuh bagian atas. Adapun cara melakukan pose sphinx adalah sebagai berikut.

  • Posisikan perut di lantai, lalu rentangkan kaki ke belakang. Jangan lupa untuk melibatkan otot punggung bawah serta paha.
  • Setelah itu, posisikan siku di bawah pundak dan telapak tangan menghadap ke arah bawah.
  • Selanjutnya, angkat badan serta kepala secara perlahan-lahan dan manfaatkan abdomen bawah untuk menopang punggung. Tahan posisi tersebut selama 5-10 detik, lalu kembali ke posisi awal.

Ulangi langkah di atas selama beberapa kali sesuai dengan kemampuanmu setiap hari. Dengan melakukan pose ini, kamu bukan hanya bisa meredakan sakit pinggang, tetapi juga membantu meningkatkan konsentrasi serta mengatasi stres.

Baca Juga  Mengenal Ciri-Ciri Air Ketuban Normal dan Risiko Gangguannya

2. Cat/Cow Pose

Jenis gerakan olahraga untuk membantu meringankan nyeri pinggang yang lainnya adalah cat/cow pose. Adapun cara melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut.

  • Posisikan tubuh seperti sedang merangkak dan jaga keseimbangan berat badan secara rata pada lutut dan pergelangan tangan.
  • Setelah itu, angkat kepala hingga posisi menengadah, lalu turunkan bagian perut ke arah bawah. 
  • Saat posisi tersebut, kamu dapat menarik napas secara perlahan-lahan.
  • Selanjutnya, tempelkan dagu ke arah dada dan lengkungkan tulang belakang ke atas.

Lakukan gerakan tersebut setidaknya selama 5 menit. Tujuannya adalah untuk membantu menjaga kesehatan tulang belakang dan mengatasi nyeri pinggang.

3. Bridge Pose

Gerakan olahraga untuk sakit pinggang berikutnya, yaitu bridge pose. Jenis gerakan yoga ini berfungsi untuk membantu meregangkan tulang belakang serta membantu mengatasi nyeri pinggang maupun punggung. Adapun beberapa cara melakukan bridge pose adalah sebagai berikut.

  • Silakan baringkan tubuh secara telentang dan letakkan tangan di samping tubuh. Selain itu, tekuk kaki ke arah lutut dan telapak kaki menghadap ke lantau.
  • Tekan kaki serta tangan sembari mengangkat tulang ekor ke atas, kemudian angkat sampai paha sejajar dengan lantai.
  • Selanjutnya, turunkan pinggul dan pantat kembali secara perlahan.

Untuk memperoleh manfaat dari gerakan tersebut secara maksimal, kamu bisa mengulanginya sebanyak 10 kali. Adapun beberapa manfaat gerakan bridge pose adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, melancarkan peredaran darah, mengatasi susah tidur, hingga membantu meringankan nyeri haid.

4. Pelvic Tilts

Pelvic tilts adalah jenis olahraga yang bisa membantu merilekskan ketegangan pada otot pinggang dan membuatnya lebih fleksibel. Untuk melakukannya, kamu bisa membaringkan tubuh terlebih dulu dan menaruh bantal di bawah kepala. Setelah itu, tekuk kedua lutut dan kaki menapak lantai. Jangan lupa untuk memberikan jarak antara kedua kaki. 

Baca Juga  Berapa Lama Operasi Caesar? Ini Persiapan dan Prosedurnya

Di samping itu, letakkan dua lengan di samping tubuh dan biarkan tubuh atasmu dalam keadaan rileks. Selanjutnya, angkat pinggang secara perlahan-lahan sampai melengkung dan tahan sekitar 5 detik, lalu kembali ke posisi semula. Pada posisi ini, tahan juga selama 5 detik dan angkat pinggang kembali. Kamu dapat mengulanginya sekitar 10-15 kali untuk memperoleh manfaatnya secara optimal.

5. Knee Rolls

Gerakan olahraga untuk sakit pinggang yang terakhir adalah knee rolls. Gerakan ini berfungsi untuk membantu mengurangi nyeri pinggang dengan merilekskan otot yang mengalami ketegangan. Adapun cara menerapkan gerakan knee rolls adalah sebagai berikut.

  • Silakan baringkan tubuh dengan bantalan di kepala.
  • Setelah itu, tekuk kedua lutut, lalu rapatkan.
  • Selanjutnya, miringkan lutut ke salah satu sisi dan tahan posisi bahu di lantai selama kurang lebih 5-10 detik, lalu kembali ke posisi awal.

Kamu bisa mengulangi gerakan tersebut dengan memiringkan lutut ke posisi lainnya. Di samping itu, lakukan knee rolls setidaknya sebanyak 8-10 kali untuk setiap sisinya. Untuk meningkatkan rasa nyaman, kamu juga dapat meletakkan bantalan pada kedua sisi lutut.

Tips Mencegah Sakit Pinggang

Nah, agar kamu terhindar dari risiko sakit pinggang, terdapat beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut ini adalah sejumlah cara mencegah sakit pinggang.

  • Selalu aktif berolahraga setidaknya 3 kali per minggu.
  • Tidak berbaring di tempat tidur dalam waktu terlalu lama.
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  • Menerapkan posisi tidur yang tepat.
  • Menjaga postur tubuh selama beraktivitas.
  • Hindari duduk terlalu lama dan lakukan peregangan di sela-selanya.

Namun, apabila kamu telah melakukan beberapa tips di atas dan masih mengalami sakit pinggang, sebaiknya kunjungi dokter. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui penyebab dan penanganan nyeri pinggang yang tepat.

Baca Juga  7 Cara Memperbanyak Air Ketuban pada Bumil, Jaga Pola Makan!

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai gerakan olahraga untuk sakit pinggang dan tips mencegah masalah kesehatan ini. Selain melakukan olahraga, kamu juga dapat menggunakan korset New Life untuk membantu meringankan sakit pinggang. Korset ini terbuat dari katun elastis dan memiliki penopang punggung bawah, sehingga bisa membantu mengatasi sakit pinggang.

Kamu juga bisa memperolehnya dengan mudah lewat e-commerce atau New Life Official Store. Jadi, yuk bantu atasi nyeri pinggang bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?