fbpx

9 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir yang Aman, Yuk Catat!

9 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir yang Aman, Yuk Catat!

Perawatan kulit bukan hanya dibutuhkan oleh orang dewasa. Akan tetapi, bayi yang baru lahir juga membutuhkan perawatan kulit. Itulah sebabnya, ibu perlu mengetahui beberapa produk perawatan bayi baru lahir. Sebab, bayi yang baru lahir memiliki kulit sensitif, sehingga lebih rentan mengalami iritasi atau alergi.

Maka dari itu, pemilihan produk yang tepat diperlukan agar bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Nah, jika ingin mengetahui jenis produk perawatan bayi baru lahir yang aman, yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Produk Perawatan Bayi Baru Lahir

Menjelang kelahiran, salah satu hal yang ibu butuhkan adalah mencari tahu seputar produk perawatan untuk kulit si kecil. Sebab, meskipun baru lahir, bayi juga tetap perlu mendapatkan perawatan tubuh untuk melindungi kulitnya. 

Berikut ini adalah beberapa produk perawatan bayi baru lahir yang harus ada di rumah.

1. Sabun dan Sampo

Salah satu produk perawatan bayi baru lahir adalah sabun serta sampo. Kedua produk ini Moms perlukan saat memandikan si kecil. Ibu bisa memilih produk sabun dan sampo bayi 2 in 1. Di samping itu, hindari produk dengan kandungan paraben, SLS/SLES, hingga phthalates, karena berisiko mengiritasi kulit.

2. Losion Anti Nyamuk

Gigitan nyamuk bisa memicu penyakit, seperti malaria, kaki gajah, hingga DBD. Maka dari itu, untuk melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk, ibu perlu menyiapkan losion anti nyamuk.

Pilih kandungan losion yang aman bagi bayi agar tidak memicu iritasi. Adapun beberapa bahan yang perlu Moms hindari adalah paraben, mineral oil, alkohol, DEET, DDT, hingga pewangi buatan. Di samping itu, pilih losion yang bisa melindungi kulit dalam waktu lebih lama, sehingga Moms tidak perlu sering mengaplikasikannya.

Baca Juga  Proses Lahiran Caesar, Risiko, & Tips Perawatan Luka Operasi

3. Krim Ruam

Ruam adalah salah satu masalah kulit yang sering menyerang bayi baru lahir. Maka dari itu, menyediakan krim ruam adalah hal penting bagi ibu. Pasalnya, ruam yang ibu biarkan begitu saja, justru bisa memicu peradangan, hingga nyeri kulit.

Itulah sebabnya, menyediakan krim ruam di rumah untuk bayi adalah hal penting. Ibu bisa memilih produk dengan efek meningkatkan skin barrier, mengurangi iritasi, dan mengandung pro vitamin B5. sehingga bisa membantu melembutkan kulit bayi.

4. Minyak Telon

Jenis produk perawatan bayi baru lahir selanjutnya adalah minyak telon. Produk ini bermanfaat untuk membantu menghangatkan kulit bayi dan lebih nyaman sepanjang hari. 

Kehangatan minyak telon lebih ringan terhadap kulit dan tidak terasa panas pada kulit. Di sisi lain, kini hadir banyak minyak telon yang mendukung perlindungan dari gigitan nyamuk dengan kandungan bahan alami, seperti eucalyptus dan lavender.

5. Sunscreen

Apabila Moms ingin mengajak bayi pergi keluar rumah, salah satu hal yang dibutuhkan adalah sunscreen. Produk perawatan tersebut penting untuk membantu melindungi kulit si kecil dari paparan sinar UVA dan UVB dari matahari.

Namun, pastikan bahwa produk tersebut bebas bahan kimia berbahaya dan mengandung mineral yang aman.

6. Losion Pelembab

Losion pelembab adalah salah satu produk perawatan kulit bayi yang berperan untuk melembabkan kulit. Pada dasarnya, bayi juga tetap membutuhkan losion pelembab, karena saat dimandikan, terjadi perubahan suhu, hingga kontak dengan air panas, bisa memengaruhi jumlah air dalam tubuh si kecil. Maka dari itu, ibu tetap perlu menyiapkan losion pelembab untuk bayi.

7. Hair Lotion

Hair lotion adalah jenis produk perawatan bayi baru lahir yang berfungsi untuk membantu melebatkan rambut. Saat memilihnya, ibu perlu menghindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti silikon, sulfat, paraben, hingga alkohol. Sebab, bahan tersebut bisa memicu iritasi pada kepala si kecil.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Posisi Bayi Melintang & Penyebabnya, Simak!

8. Bedak Bayi

Bedak juga termasuk sebagai salah satu produk perawatan bayi baru lahir. Produk ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembut, mengharumkan kulit, hingga menyerap keringat.

Namun, apabila bayi memiliki gangguan pernapasan bawaan, sebaiknya hindari penggunaan bedak agar tidak terhirup oleh si kecil. Di samping itu, pilih produk tanpa kandungan talc dan hindari penggunaan di area kelamin serta wajah.

9. Baby Oil

Jenis produk perawatan bayi baru lahir yang terakhir adalah baby oil. Produk ini berfungsi untuk membuat kulit si kecil lebih licin dan memudahkan ibu maupun pasangan saat melakukan pijatan pada bayi, sehingga dirinya akan merasa lebih nyaman serta tertidur lelap.

Pada umumnya, produk perawatan kulit ini akan diaplikasikan setelah mandi untuk merilekskan tubuh. Saat memilih baby oil, pastikan produk tersebut bebas parfum, karena bisa memicu kulit kering. Sebagai alternatif yang aman, ibu bisa menggunakan virgin coconut oil, karena lebih aman.

Panduan Memilih Produk Perawatan untuk Bayi

Setelah mengetahui beberapa produk perawatan bayi baru lahir, ibu juga perlu mengetahui tips memilihnya agar lebih aman. Adapun beberapa cara memilih produk perawatan untuk bayi adalah sebagai berikut:

  • Memilih produk khusus perawatan bayi. Jadi, ibu perlu menghindari penggunaan produk perawatan yang ditujukan untuk orang dewasa, karena berisiko merusak kulit bayi.
  • Menghindari pembelian produk perawatan yang mengandung pewangi serta pewarna. Pasalnya, kedua bahan kimia tersebut berisiko membuat kulit bayi mengalami iritasi, hingga mengganggu sistem pernapasan.
  • Memilih produk yang tidak mengandung antibakteri atau antimikroba. Meskipun bisa membantu melawan bakteri, kedua kandungan tersebut berisiko terhadap kesehatan kulit si kecil.
  • Menghindari produk yang mengandung zat pengawet paraben dan pelembut (phthalate), karena bisa memicu reaksi alergi, gangguan tumbuh kembang, hingga masalah kelenjar tiroid.
  • Memiliki label hypoallergenic. Hal itu menandakan jika label mempunyai risiko alergi yang rendah.
  • Bebas kandungan alkohol agar tidak memicu kulit kering atau iritasi.
  • Menyesuaikannya dengan pH kulit bayi, misalnya sekitar 5,5 atau menggunakan produk dengan pH netral.
  • Mempunyai bahan dasar alami.
  • Memeriksa kemasannya untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa produk.
  • Melihat aturan pemakaian secara teliti.
Baca Juga  7 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Yuk Simak!

Di samping memperhatikan cara memilih produk perawatan bayi baru lahir, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai merek produk yang tepat untuk si kecil. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko alergi.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar produk perawatan bayi baru lahir yang bisa ibu pilih dan panduan dalam memilihnya. Pada dasarnya, memilih produk perawatan si kecil perlu Moms perhatikan, karena kulitnya masih sensitif.

Di samping melakukan perawatan luar, ibu juga merawatnya dengan meningkatkan kualitas ASI agar nutrisi tubuhnya selalu terpenuhi. Jadi, yuk selalu perhatikan perawatan bayi baru lahir bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?