fbpx

Tahap Perkembangan Janin Usia Kehamilan 5 Minggu

Tahap Perkembangan Janin Usia Kehamilan 5 Minggu

Selamat buat bunda yang sudah memasuki usia kehamilan 5 minggu! Ketika memasuki minggu kelima kehamilan, janin berkembang semakin cepat. Akibatnya, banyak ibu hamil yang menunjukkan gejala awal kehamilan pada minggu ini dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Untuk mengetahui seperti apa perkembangan janin usia 5 minggu, bunda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini ya!

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 5 Minggu

Pada minggu kelima usia kehamilan, janin mengalami perkembangan besar. Meski masih kecil, ukuran janin kini sudah bisa diukur. Jika diilustrasikan, ukuran janin yang sedang tumbuh adalah sebesar biji wijen. Organ vital juga berkembang pesat selama periode ini, mulai dari otak, sumsum tulang belakang, jaringan saraf, dan tulang rangka. 

Berikut perkembangan tubuh janin usia kehamilan 5 minggu: 

  • Organ penting, seperti jantung dan ginjal janin, mulai berkembang pada minggu kelima kehamilan. Jantung janin yang masih kecil sudah mulai berdetak dan memompa darah. Detak jantung si kecil bisa dideteksi menggunakan gelombang ultrasound. Karena jantungnya mulai membentuk sekat dan serambi, maka secara bertahap akan menjadi denyutan yang teratur. 
  • Selain jantung, sistem pencernaan janin juga mulai berkembang. 
  • Sel saraf akan membentuk sumsum tulang belakang yang berjalan di sepanjang embrio, dan membentuk otak.
  • Tali pusar janin mulai menggantikan kuning telur dan bekerja dengan plasenta untuk mentransfer nutrisi dan oksigen ke janin dan menghilangkan proses metabolisme. 
  • Ada empat bagian yang mulai berkembang yaitu tangan dan kaki.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Usia Kehamilan 5 Minggu

Pada perkembangan janin di usia kehamilan 5 minggu, suasana hati bunda dapat naik dan turun dengan drastis. Bunda mungkin merasa senang, lelah, atau bahkan cemas. Terkadang semua jenis emosi bisa muncul dalam waktu singkat. Suasana hati yang tidak menentu ini umumnya terjadi di minggu kelima hekamilan serta dapat juga muncul pada akhir bulan menjelang persalinan.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete? Simak Informasinya!

Mual atau morning sickness umumnya akan dialami oleh ibu hamil saat trimester pertama kehamilan. Morning sickness sedikit banyak akan mempengaruhi nafsu makan bunda, sehingga dapat mempengaruhi gizi dan gizi janin. Oleh karena itu, bunda harus berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan pola makan anaknya tetap terjaga. 

Selama masa kehamilan, tubuh bunda akan menghasilkan lebih banyak darah selama kehamilan, untuk membawa makanan dan oksigen ke janin di dalam kandungan. Nah, aliran darah yang meningkat akan merangsang peredaran darah di tubuh. Selain itu, detak jantung akan meningkat untuk mengkompensasi perluasan sirkulasi. Hal ini terkait dengan perubahan yang terjadi pada tahun lima minggu ini. Akibatnya, bunda sering merasa lelah, pusing, atau bahkan pusing. 

Selain itu juga pada usia minggu kelima kehamilan, plasenta yang membantu memberi makan janin akan menempel pada rahim. Hal inilah yang menyebabkan munculnya flek atau bercak darah pada ibu hamil.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Usia Kehamilan 5 Minggu

Seperti halnya pada minggu keempat kehamilan, bagi bunda yang mengalami gejala kehamilan pada minggu kelima mungkin mulai menyadari adanya perubahan yang terjadi, yaitu tidak adanya menstruasi. Dalam hal ini, bunda bisa mencoba melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dengan menggunakan test kit.  Serta untuk memastikannya lebih akurat, bisa melakukan tes kehamilan di rumah sakit.

Jika hasil swa test menunjukkan bahwa bunda hamil, sebaiknya segera ke dokter kandungan. Dokter akan meninjau hasilnya dan memberikan nasihat kepada ibu hamil tentang kondisi mereka dan janin. Hindari pantangan langsung bagi ibu hamil, seperti minum alkohol, merokok, atau menggunakan narkoba. 

Beberapa hal yang perlu bunda perhatikan dan jaga pada usia kehamilan 5 minggu, seperti:

Baca Juga  Cara Cepat Hamil Dalam 3 Bulan

Melakukan Olahraga Ringan

Bunda masih tetap bisa berolahraga ringan namun tidak boleh yang berat. Berolahraga selama hamil dapat membantu meningkatkan energi dan stamina. Olahraga juga memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil, di antaranya sebagai berikut.

  • Membantu menurunkan berat badan selama kehamilan. 
  • Mencegah sakit dan nyeri selama kehamilan.
  • Mengurangi kecemasan, sehingga mencegah kecemasan dan depresi. Perkuat otot perut Anda untuk mempersiapkan tubuh bunda untuk melahirkan.

Beberapa olahraga sederhana yang dapat bunda lakukan, seperti jalan kaki, berenang, atau yoga, sangat baik untuk kehamilan. Jadi bunda perlu mencari tahu apa yang baik dan menjadikannya rutinitas sehari-hari. Selalu bicarakan dengan dokter kandungan bunda tentang merekomendasikan latihan baru yang ingin dilakukan ya!

Tidak Membersihkan Sampah Atau Kotoran Binatang

Jika bunda memiliki hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, bunda tidak disarankan untuk membersihkan kotorannya. Hal ini dapat menyebabkan infeksi toksoplasmosis yang mengancam perkembangan janin dalam kandungan selama minggu ke-5 kehamilan.

Mengetahui Makanan Yang Dilarang

Terkadang, saat hamil, makanan favorit bunda mungkin termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Hal tersebut terjadi karena ketika hamil tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi, sehingga penting untuk menghindari makanan tertentu selama kehamilan. Makanan yang kurang matang seperti sushi, dan minuman yang tidak dipasteurisasi tidak disarankan untuk dimakan ibu hamil.

Mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat menghambat perkembangan janin dan janin. Penyakit bawaan makanan, seperti listeriosis dan toksoplasmosis, dapat menyebabkan cacat lahir dan bahkan keguguran.

Berikut beberapa makanan yang dapat menghambat perkembangan janin pada usia kehamilan lima minggu, yaitu:

  • Keju non-pasteurisasi (seperti feta, cottage, brie, camembert, dan keju biru).
  • Susu dan minuman yang tidak dipasteurisasi, termasuk cuka apel dan sejenisnya. 
  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah.
  • Daging, ikan, atau kerang mentah atau setengah matang (jadi bunda harus dimasak sampai matang).
  • Ikan yang mengandung merkuri yang tinggi, seperti hiu, king mackerel, dan tilefish.
Baca Juga  6 Manfaat Olahraga Malam Hari dan Risikonya, Yuk Waspada!

Semoga informasi seputar perkembangan janin usia 5 minggu membantu bunda ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?