fbpx

Makanan Untuk Mengecilkan Perut: Cara Enak Tetap Sehat

Makanan untuk mengecilkan perut bisa kamu coba jika sudah lelah dengan beragam jenis olahraga penurun berat badan. Mengonsumsi makanan yang tepat, dapat mendukung kamu dalam membentuk tubuh yang ideal. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengecilkan perut. 

Menu Makanan untuk Mengecilkan Perut

Menu makanan yang memikili nutrisi tepat dapat membantu program mengecilkan perut kamu. Apa saja menu tersebut? Simak di bawah ini ya.

1. Pisang

Pisang sudah terkenal sebagai menu makanan diet setelah alpukad. Buah yang identik dengan monyet ini memiliki manfaat yang banyak di dalamnya.

Pada buah berwarna kuning ini, terdapat karbohidrat kompleks yang membantu kamu untuk tidak cepat merasa lapar. Selain itu, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menyingkirkan natrium yang tidak terpakai di dalam tubuh kamu.

2. Timun

Timun bisa menjadi menu makan untuk mengecilkan perut kamu yang selanjutnya. Sayuran satu ini mudah diolah menjadi berbagai masakan seperti salad dan acar atau dikonsumsi secara langsung juga enak. 

Timun mengandung beberapa nutrisi penting seperti asam folat dan flavonoid yang membuat tubuh kamu lebih sehat. Selain itu, kandungan 96% air yang terdapat di dalam timun akan membuat kamu terhindar dari dehidrasi dan merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak perlu banyak makan lagi.

3. Kacang-kacangan

Makanan dari bahan kacang-kacangan mengandung serat larut yang tinggi. Serat larut ini memiliki fungsi untuk menghilangkan lemak di tubuh kamu. Zat tersebut juga memiliki manfaat baik berupa mengendalikan kadar gula darah. Maka dengan mengonsumsi kacang-kacangan akan membuat kamu lebih cepat memangkas berat tubuh.

4. Pepaya

Pepaya menjadi bahan makanan yang mudah tercerna di dalam tubuh. Teksturnya yang tidak terlalu padat akan membuat organ pencernaan kamu cepat mengolahnya sebagai energi. Buah satu ini memiliki kandungan serat dan enzim proteolitik yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan sehingga metabolismu kamu bisa berlangsung lebih optimal.

Baca Juga  8 Gerakan yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil, Bahaya!

5. Yogurt

Yogurt bisa kamu coba ketika ingin melakukan pengecilan perut karena makanan ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Kandungan bakteri baik di dalam yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan kamu. Ketika metabolisme lebih lancar, maka penumpukan lemak di perut pun akan berkurang.

6. Oat

Makanan yang dapat mengecilkan perut selanjutnya adalah oat. Oat atau oatmeal memiliki kandungan kaya serat yang baik untuk pencernaan. Rutin mengonsumsi oat untuk sarapan juga memberi dampak baik seperti menurunkan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, dan menurunkan potensi penyakit kronis lainnya. Selain itu, serat di dalam oat juga telah terbukti mampu mengurangi lemak di perut bagian bawah.

7. Salmon

Jika kamu bosan dengan bahan pangan nabati, kamu bisa mencoba salmon sebagai pengganti. Ikan salmon memiliki asam lemak tak jenuh omega 3 yang baik untuk kecerdasan. Selain itu, di dalam salmon juga terkandung vitamin D dan zat besi yang membuat kamu lebih bertenaga. 

Itulah beberapa menu makanan untuk mengecilkan perut kamu. Jika sudah paham, sekarang kamu juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang cepat menambah lemak di tubuhmu. Berikut uraian selengkapnya.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Diet

Jika kamu lebih suka diet daripada olahraga, maka sebaiknya kamu memilah apa yang harus kamu makan. Beberapa makanan ini harus kamu hindari agar lemak di tubuh kamu cepat hilang:

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food menjadi pantangan pertama kamu jika ingin menghilangkan lemak perut. Makanan seperti pizza dan burger mengandung kalori yang tinggi tapi kurang nutrisi. Hal ini akan membuat kamu cepat bertambah berat badan walau hanya mengonsumsi satu buah saja.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

2. Nasi Putih

Makanan yang perlu kamu hindari berikutnya adalah nasi putih. Nasi merupakan sumber karbohidrat dan energi. Namun, terlalu banyak makan nasi putih akan membuat kamu obesitas. Hal ini karena kandungan gula yang tinggi pada makanan tersebut serta tidak membuat kamu tahan kenyang. 

Kamu bisa mengganti sumber karbohidrat dengan mengonsumsi kentang atau nasi merah jika sedang menurunkan berat badan kamu.

3. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula sudah seperti pantangan wajib yang harus dihindari orang diet. Gula yang berlebihan akan membuat tubuh kamu malas bergerak, kondisi ini akan memperlambat pembakaran lemak dalam tubuh kamu.

4. Roti Tawar Putih

Roti tawar putih mirip seperti nasi putih karena memiliki kandungan glikemik yang memicu kamu untuk lapar. Selain itu, proses pembuatan roti tawar dengan menggiling biji gandum ini juga membuat sari protein di dalamnya berkurang. Alhasil kamu hanya memasukkan kalori ke dalam tubuh kamu.

5. Kentang Goreng

Makanan yang harus kamu hindari ketika diet yang terakhir adalah kentang goreng. Kentang goreng adalah makanan yang tinggi kalori, garam, dan lemak. Berbeda dengan kentang yang direbus, kentang yang bercampur dengan minyak ini justru kurang bernutrisi dan jika dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan masalah hipertensi dan lain-lain.

Itulah beberapa makanan yang perlu kamu hindari untuk mengecilkan perut. Menjaga asupan yang masuk akan membuat tubuh ideal cepat kamu peroleh.

Kesimpulan

Makanan untuk mengecilkan perut bisa membantu kamu lebih cepat mendapat tubuh ideal. Memilih mana makanan yang baik dan tidak untuk kamu konsumsi selama diet akan mempercepat prosesnya. Pastikan tetap memerhatikan jumlah gizi agar kamu tidak lemas menjalani hari selama tahapan mengecilkan perut.

Baca Juga  9 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Aman, Catat!

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar kesehatan, kamu bisa berkunjung ke New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?