fbpx

Penyebab Wasir Setelah Melahirkan dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Wasir Setelah Melahirkan dan Cara Menghilangkannya

Ambeien atau wasir setelah melahirkan adalah kondisi yang umum menyerang wanita. Penyebab wasir setelah melahirkan sendiri ada beberapa macam, seperti perubahan hormon dan mengejan saat proses persalinan. Hal itu memicu tekanan pada pembuluh darah di area rektum, sehingga berisiko memunculkan pembengkakan wasir.

Meski begitu, ibu tak perlu khawatir karena kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya maupun dengan perawatan rutin. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab wasir setelah melahirkan, pencegahan, dan cara menghilangkannya, baca artikel berikut ini!

Penyebab Wasir Setelah Melahirkan

Hemoroid atau wasir adalah penyakit yang terjadi karena pembengkakan pembuluh darah di area dubur dan bisa menyerang siapapun, terlebih lagi wanita hamil maupun usai melahirkan. Di samping itu, pembengkakan pembuluh darah vena tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor.

Adapun sejumlah penyebab wasir setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

1. Tekanan Rahim

Salah satu penyebab wasir setelah melahirkan adalah adanya tekanan dari rahim. Pada umumnya, memasuki trimester ketiga kehamilan, ukuran kandungan akan semakin membesar. Hal itu bisa membuat pembuluh darah di area panggul dan dubur mendapatkan tekanan berlebihan. Alhasil, berisiko memunculkan benjolan atau pembengkakan ambeien.

2. Mengejan saat Melahirkan

Penyebab wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah karena mengejan saat proses lahiran melalui vagina. Hal ini dilakukan untuk mendorong bayi agar keluar.

Proses mengejan saat lahiran umumnya terasa menyakitkan, sehingga bisa membuat pembuluh darah di area rektum mendapatkan tekanan berlebihan. Tekanan tersebut bisa menghambat sirkulasi darah, sehingga bisa memicu terjadinya pembengkakan ambeien.

3. Konstipasi

Penyebab wasir setelah melahirkan yang terakhir adalah karena ibu mengalami konstipasi atau sembelit. Hal ini akan membuat ibu kesulitan mengeluarkan feses karena ukurannya mengesar. Alhasil, bisa memicu pembengkakan di area pembuluh darah di area dubur.

Baca Juga  Gejala Wasir Setelah Melahirkan, Penyebab, dan Pengobatannya

Cara Mencegah Wasir Setelah Melahirkan

Pada dasarnya, ambeien pada ibu yang usai menjalani persalinan bisa dicegah dengan sejumlah upaya. Adapun beberapa cara mencegah wasir setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat, mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.
  • Tidak menunda buang air besar, karena bisa menyebabkan sembelit. Di sisi lain, ibu juga perlu menghindari kebiasaan mengejan terlalu keras, karena bisa membuat area dubur semakin tertekan.
  • Melakukan olahraga secara rutin untuk melancarkan sistem pencernaan, mengurangi risiko ambeien, memperkuat otot di sekitar rektum, hingga membantu proses pemulihan pasca persalinan. Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa ibu lakukan adalah berjalan santai, latihan kegel, hingga yoga.
  • Memperbanyak asupan air mineral agar bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah dehidrasi.

Selain melakukan beberapa cara di atas, ibu juga bisa berkonsultasi kepada dokter secara rutin terkait upaya pencegahan ambeien setelah melahirkan. Hal ini untuk membantu ibu agar lebih lancar dalam menjalani persalinan dan membuat aktivitas sehari-hari terasa nyaman.

Cara Menghilangkan Wasir Setelah Melahirkan

Wasir adalah kondisi yang bisa membuat ibu merasa kurang nyaman kala berkegiatan. Maka dari itu, sebaiknya ibu perlu melakukan beberapa upaya untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah sejumlah tips menghilangkan wasir setelah melahirkan yang bisa ibu terapkan.

1. Mengompres dengan Air Es

Salah satu cara meredakan wasir setelah melahirkan adalah mengompres dengan air es. Cara ini berperan untuk merilekskan otot di area sekitar dubur serta mengempiskan pembengkakan.

Untuk melakukannya, ibu bisa merendam handuk lembut ke dalam air es, lalu kompreskan di sekitar pembengkakan wasir selama beberapa menit.

2. Menggunakan Bahan Alami

Cara mengobati wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Adapun beberapa bahan alami yang dapat ibu gunakan adalah sebagai berikut.

  • Mengoleskan witch hazel. Bahan alami ini termasuk salah satu bahan pembuatan produk skincare. Pasalnya, witch hazel memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa gatal, nyeri, maupun pembengkakan.
  • Mengoleskan gel lidah buaya pada area rektum yang mengalami pembengkakan atau di area benjolan. Lidah buaya umumnya memiliki sifat anti inflamasi dan anti radang yang berperan dalam meredakan iritasi ambeien.
  • Mengoleskan minyak kelapa di area benjolan. Pasalnya, minyak kelapa mempunyai kandungan antibakteri serta antiinflamasi yang bisa membantu meredakan pembengkakan, iritasi, serta peradangan.
Baca Juga  Ciri-Ciri Sakit Pinggang, Risiko Komplikasi, & Pencegahannya

Saat hendak menggunakan beberapa bahan alami tersebut, pastikan ibu telah berkonsultasi ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanannya dan mencegah risiko memperparah kondisi ambeien.

3. Berendam Air Hangat

Cara menyembuhkan wasir setelah melahirkan lainnya adalah dengan berendam di dalam air hangat. Hal ini bertujuan untuk meredakan pembengkakan serta mengurangi iritasi di area ambeien.

Di samping itu, ibu juga bisa menambahkan bahan alami lainnya di dalam air hangat, misalnya cuka apel maupun garam epsom. Sebagai catatan, hindari mengoleskan cuka apel langsung di area pembengkakan ambeien karena dapat memperparah kondisinya.

4. Menggunakan Pakaian Dalam yang Longgar

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan berikutnya, yaitu dengan menggunakan pakaian dalam yang longgar. Hal ini berperan untuk mencegah risiko gejala ambeien yang semakin parah. Di sisi lain, pastikan pakaian dalam yang ibu gunakan sudah bersih, kering, dan berbahan katun. Dengan begitu, proses penyembuhan ambeien pun lebih cepat.

5. Pengobatan Medis

Cara menghilangkan wasir setelah melahirkan yang terakhir adalah dengan menjalani pengobatan medis. Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan pengobatan yang aman bagi ibu menyusui. Misalnya adalah dengan meresepkan obat berbentuk krim maupun pil. Apabila kondisinya cenderung parah, dokter juga bisa saja menyarankan operasi hemoroidektomi.

Penutup

Itulah beragam informasi seputar penyebab wasir setelah melahirkan, cara mencegah, dan menghilangkannya. Wasir umumnya bisa ibu cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat secara teratur semenjak masa kehamilan.

Di sisi lain, ketika ibu mengalaminya, segera lakukan perawatan rumahan atau memeriksakan diri ke dokter agar ambeien segera sembuh. Nah, jika ingin mengetahui informasi lain seputar ambeien, simak selengkapnya dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?