fbpx

8 Perawatan Tradisional Setelah Melahirkan, Lakukan Pijatan!

8 Perawatan Tradisional Setelah Melahirkan, Lakukan Pijatan!

Melakukan perawatan setelah melahirkan adalah hal penting untuk membantu ibu agar lekas pulih dan bisa beraktivitas normal kembali. Nah, perawatan tradisional setelah melahirkan bisa menjadi alternatif untuk ibu pilih.

Misalnya adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun sirih. Pasalnya, daun sirih mengandung antiseptik yang bisa membantu membersihkan rahim.

Nah, untuk mengetahui rekomendasi perawatan alami setelah melahirkan lainnya, yuk simak artikel berikut!

Perawatan Tradisional Setelah Melahirkan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perawatan tradisional bisa menjadi alternatif untuk membantu pemulihan ibu pasca persalinan. Adapun beberapa jenis perawatan alami setelah melahirkan adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi Ekstrak Daun Sirih

perawatan tradisional setelah melahirkan

Salah satu perawatan tradisional pasca persalinan adalah mengonsumsi ekstrak daun sirih. Pasalnya, daun sirih mengandung antiseptik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, melancarkan pencernaan, mempercepat proses penyembuhan luka, dan membersihkan rahim.

Akan tetapi, bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit hati, misalnya sakit kuning atau hepatitis B, sebaiknya hindari konsumsi daun sirih, karena bisa membahayakan kondisinya.

2. Minum Rebusan Kunyit dan Jahe

perawatan tradisional setelah melahirkan

Minum rebusan kunyit dan jahe juga bisa menjadi perawatan tradisional setelah melahirkan. Sebab, kedua bahan herbal tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil maupun setelah persalinan.

Kunyit sendiri memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mencegah peradangan. Di sisi lain, jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, mengurangi rasa nyeri, dan menenangkan perut.

3. Kompres Pilis

Jenis perawatan alami setelah melahirkan selanjutnya adalah kompres pilis atau ramuan dari bahan-bahan tradisional, seperti kunyit, kencur, ganthi, kenanga, dan mint. Ramuan tersebut memiliki aroma kuat dan bersifat menenangkan.

Untuk menggunakannya, ibu bisa menumbuh pilis terlebih dulu sampai halus, lalu membungkusnya dengan kain tipis. Setelah itu, tempelkan ke area kening untuk membantu mengatasi rasa pusing, memberikan sensasi hangat pada tubuh, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga  Ciri-Ciri Gumoh yang Berbahaya pada Bayi dan Jenis-Jenisnya

4. Baluran Param Kocok

Baluran param kocok juga bisa menjadi perawatan tradisional pasca melahirkan. Param bisa dioleskan ke tubuh atau perut untuk membantu mengatasi pembengkakan, rasa pegal di otot, serta menghangatkan tubuh.

Selain itu, olesan param juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Akan tetapi, apabila ibu mengalami sensasi terbakar, sebaiknya hentikan penggunaannya.

5. Ramuan Tapel

Perawatan tradisional setelah melahirkan lainnya adalah dengan ramuan tapel, yaitu bubuk padat yang pengemasannya dalam bentuk kepingan kering. Tapel tersebut mengandung kencur, pulosari, adas, kayu manis, bangle, serta klabet jahe.

Ramuan tersebut bisa membantu mengecilkan perut yang kendur setelah melahirkan. Untuk menggunakannya, ibu bisa mencampurkan tapel dengan sedikit air, lalu aduk sampai lunak. Setelah itu, balurkan ke perut, lalu tutup menggunakan daun sirih serta bebet dengan kain. Agar hasilnya maksimal, ibu bisa mengganti tapel setiap 6 jam sekali selama 40 hari.

6. Pijatan

Jenis perawatan tradisional pasca melahirkan selanjutnya adalah pijatan di area perut, panggul, dan punggung. Memberikan pijatan lembut pada beberapa titik tersebut bisa membantu meredakan rasa nyeri dan melemaskan otot yang tegang.

Bukan hanya itu, pijatan yang lembut juga dapat membantu melancarkan aliran darah serta oksigen ke otot. Akan tetapi, jika ibu baru saja melakukan lahiran caesar, sebaiknya lakukan pijatan setelah 1-2 minggu seusai persalinan atau menunggu luka jahitan sembuh terlebih dulu.

Di samping itu, pada ibu yang melakukan persalinan caesar, hindari pijatan pada perut karena bisa menimbulkan masalah. Di sisi lain, pijatan dapat diberikan pada area punggung, tangan, lengan, kepala, maupun kaki.

7. Mengonsumsi Ikan Gabus

perawatan tradisional setelah melahirkan

Jenis perawatan alami pasca persalinan lainnya adalah dengan mengonsumsi ikan gabus. Ikan ini mengandung albumin dan protein tinggi, sehingga bisa membantu menyembuhkan luka pasca operasi serta luka dalam.

Baca Juga  Tips Memilih Korset Untuk Ibu Setelah Lahiran!

Tak hanya itu, kandungan nutrisi dalam ikan gabus juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan menjaga kebugaran. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa mengolahnya menjadi ikan gabus bumbu kuning atau stim.

8. Menggunakan Lulur Herbal

perawatan tradisional setelah melahirkan

Lulur herbal juga bisa menjadi salah satu perawatan tradisional pasca melahirkan, seperti dari kopi atau cokelat. Hal ini berfungsi untuk membantu mengatasi kulit kendur, melembapkan kulit, hingga mencegah strech mark.

Manfaat Perawatan Tradisional Setelah Melahirkan

Menjalani perawatan tradisional bagi ibu pasca persalinan umumnya memperoleh sejumlah keuntungan. Adapun beberapa manfaat perawatan tradisional setelah melahirkan adalah sebagai berikut.

  • Membantu meningkatkan stamina.
  • Membantu mengencangkan otot perut yang kendur.
  • Membantu proses pemulihan luka.
  • Membantu mempercepat pengeluaran darah saat nifas.
  • Membantu mempercepat penyusutan rahim seperti semula.
  • Melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI.

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi perawatan tradisional setelah melahirkan yang bisa ibu lakukan. Di samping itu, ibu juga perlu menggunakan korset untuk membantu pemulihan pasca persalinan.

Korset New LIfe bisa menjadi rekomendasi yang dapat ibu gunakan untuk membantu mengencangkan perut, memperbaiki proporsi tubuh, hingga mengatasi rasa nyeri pada punggung.

Ibu juga bisa membelinya dengan mudah lewat website New Life Official Store. Jadi, tunggu apa lagi, yuk bantu pulihkan ibu pasca melahirkan bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?