fbpx

Penyebab Mimisan saat Hamil 5 Bulan & Pertolongan Pertamanya

Penyebab Mimisan saat Hamil 5 Bulan & Pertolongan Pertamanya

Mimisan adalah suatu kondisi yang bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil 5 bulan. Pada umumnya, kondisi ini memang tidak berbahaya. Meski begitu, agar tidak semakin parah, ibu perlu memberikan pertolongan pertama ketika mimisan saat hamil 5 bulan.

Dengan begitu, ibu bisa menghindari dampak dari mimisan ketika sedang mengandung. Nah, agar lebih paham seputar penyebab mimisan saat hamil 5 bulan dan pertolongan pertamanya, simak selengkapnya dalam bacaan berikut ini!

Penyebab Mimisan saat Hamil 5 Bulan

Pernahkah bumil mengalami mimisan saat mengandung 5 bulan? Kondisi ini mungkin saja akan membuat ibu hamil panik saat menjumpai darah keluar dari hidung.

Tak jarang pula ibu hamil yang mengaitkannya dengan gangguan saat hamil. Nah, agar tidak keliru, berikut ini adalah beberapa penyebab mimisan saat hamil 5 bulan yang mungkin terjadi:

1. Stres

Salah satu penyebab mimisan saat hamil 5 bulan adalah karena sedang stres. Perubahan hormon pada ibu hamil memang rentan membuat stres, terlebih lagi jika memiliki masalah pribadi maupun tekanan dari pekerjaan.

Nah, apabila stres tidak kunjung diatasi, ibu hamil berisiko mengalami mimisan. Itulah sebabnya, ibu perlu merilekskan pikiran untuk mencegah terjadinya stres.

2. Gejala Penyakit Tertentu

Penyebab mimisan saat mengandung 5 bulan lainnya adalah karena gejala penyakit tertentu. Beberapa ibu yang memiliki gangguan kesehatan tertentu cenderung rentan mengalami mimisan. Misalnya adalah penyakit hati, gagal jantung, maupun tumor pada hidung. Pada ibu yang mempunyai riwayat gangguan hati, maka berisiko mengalami masalah proses pembekuan darah akibat kerusakan fungsi hati, sehingga tubuh kesulitan memproduksi protein.

Di sisi lain, gagal jantung, gagal ginjal, maupun tumor hidung bisa memicu keluarnya darah pada hidung. Untuk itu, pada ibu yang sering mengalami mimisan saat hamil dan terjadi dalam durasi cukup lama, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Dengan begitu, ibu bisa memperoleh perawatan yang tepat.

Baca Juga  8 Penyebab Alergi pada Bayi, Gejala, dan Cara mengatasinya

3. Konsumsi Alkohol

Penyebab mimisan saat hamil 5 bulan juga bisa terjadi karena kebiasaan konsumsi alkohol. Pada dasarnya, mengonsumsi alkohol selama masa kehamilan bisa memengaruhi kesehatan ibu hamil maupun janin dalam kandungannya.

Di sisi lain, konsumsi alkohol yang bersumber dari minuman atau makanan juga bisa menghambat aktivitas trombosit dalam darah, sehingga menjadi tidak normal dan pembekuan darah pun akan terganggu.

Di samping itu, alkohol juga bisa meningkatkan pelebaran pembuluh darah, sehingga dapat memicu keluarnya darah dari hidung.

4. Pelebaran Pembuluh Darah

Penyebab mimisan saat hamil 5 bulan selanjutnya adalah karena pelebaran pembuluh darah. Pada dasarnya, kehamilan akan membuat produksi darah lebih banyak daripada kondisi normal.

Nah, ketika produksi darah melimpah, maka jumlah volume darah juga akan mengalami kenaikan yang memicu pelebaran pembuluh darah. Hal itu akan membuat lapisan tipis yang terdapat di dalam hidung mengalami pembengkakan dan mudah pecah, sehingga bisa menimbulkan mimisan.

5. Perubahan Hormon

Penyebab mimisan saat mengandung 5 bulan lainnya, yaitu karena mengalami perubahan hormon estrogen serta progesteron. Hormon ini umumnya berfungsi untuk menjaga kondisi ibu hamil maupun tumbuh kembang janin.

Akan tetapi, perubahan hormon tersebut juga memicu pelebaran pembuluh darah di beberapa area tubuh, termasuk gusi dan hidung. Akibatnya, ibu hamil akan lebih rentan mengalami pendarahan pada hidung.

6, Kurang Vitamin C

Penyebab mimisan saat hamil 5 bulan berikutnya adalah karena kekurangan asupan vitamin C. Nutrisi ini umumnya ibu hamil butuhkan bukan hanya untuk menjaga kesehatan diri, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Di sisi lain, kekurangan asupan vitamin C ternyata berisiko membuat ibu rentan mengalami masalah iritasi dan peradangan, termasuk bagian hidung.

Baca Juga  Pentingnya Jus Wortel untuk Ibu Hamil!

Nah, hidung yang sedang mengalami peradangan atau iritasi akan cenderung lebih sensitif dan rentan mengalami pendarahan. Itulah sebabnya, ibu perlu mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari, seperti mengonsumsi buah-buahan atau sayuran. Selain itu, ibu juga dapat mengonsumsi suplemen tambahan dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu.

7. Pengaruh Suhu Lingkungan

Penyebab mimisan saat mengandung 5 bulan yang terakhir adalah karena pengaruh suhu lingkungan. Pada dasarnya, perubahan suhu ekstrem yang membuat lingkungan terasa dingin atau panas berlebihan dapat memengaruhi kelembapan hidung.

Alhasil, selaput halus di hidung bisa mengering dan mudah terluka. Maka dari itu, penting bagi ibu untuk menjaga kelembapan lingkungan rumah, misalnya dengan meletakkan pelembap udara atau humidifier.

Pertolongan Pertama Mimisan saat Hamil 5 Bulan

Ketika keluar darah dari hidung, ibu mungkin akan merasa panik. Namun, cobalah untuk menenangkan diri dan melakukan pertolongan pertama. Adapun pertolongan pertama mimisan saat hamil 5 bulan adalah sebagai berikut:

Silakan condongkan tubuh ke arah depan dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada:

  • Setelah itu, remas kedua lubang hidung ke arah tengah hidung menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Tahan posisi tersebut selama beberapa menit, kemudian lepaskan. Ibu bisa mengulangi cara ini apabila pendarahan masih belum berhenti.
  • Di sisi lain, tutup lubang hidung dan bernapaslah melalui mulut selama 10 sampai 15 menit. Tahan posisi ini dan hindari memeriksa apakah pendarahan sudah berhenti agar tidak mengganggu proses pembekuan darah.
  • Ibu bisa mengompres batang hidung menggunakan es batu agar pembuluh darah bisa menyempit serta memperlambat proses pendarahan.
  • Hindari posisi berbaring maupun memiringkan kepala ke arah belakang agar tidak menelan darah.

Apabila pertolongan pertama tersebut masih belum membantu untuk menghentikan pendarahan, ibu dapat segera mengunjungi dokter. Sebab, dokter akan memberikan perawatan yang tepat untuk membantu meredakan pendarahan pada hidung.

Baca Juga  6 Ciri-Ciri Kandungan Kuat dan Tips Menjaganya, Yuk Catat!

Penutup

Demikian beragam informasi menarik seputar penyebab mimisan saat hamil 5 bulan dan pertolongan pertamanya. Pada dasarnya, mimisan saat hamil bukan kondisi yang berbahaya selama tidak keluar dengan sering.

Apabila mimisan tidak lekas berhenti atau sering terjadi, ibu perlu memeriksakannya ke dokter, karena boleh jadi itu terjadi akibat masalah kesehatan lainnya. Nah, ibu juga bisa membaca informasi lain seputar kehamilan di dalam website New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?