fbpx

9 Pantangan Setelah Operasi Caesar Yang Perlu Ibu Diketahui

9 Pantangan Setelah Operasi Caesar yang Perlu Ibu Diketahui

Berbeda dari melahirkan normal, ibu yang melewati proses persalinan caesar umumnya membutuhkan masa pemulihan lebih lama. Untuk membantu pemulihan tersebut, ibu perlu menghindari pantangan setelah operasi caesar.

Pasalnya, beberapa aktivitas justru bisa menghambat proses pengeringan luka pasca operasi dan membuat pemulihan tubuh cenderung lama.

Nah, untuk mengetahui beberapa jenis pantangan setelah operasi caesar, baca artikel ini sampai selesai.

Pantangan Setelah Operasi Caesar

Setelah menjalani operasi caesar, ibu umumnya akan berada di bawah pengawasan dokter terlebih dulu selama beberapa hari sebelum diperbolehkan pulang. Nah, saat berada di rumah, ibu perlu merawat diri agar segera pulih dan bisa beraktivitas normal kembali.

Untuk itu, ibu perlu menghindari sejumlah pantangan. Adapun beberapa pantangan setelah operasi caesar adalah sebagai berikut.

1. Bergerak Terlalu Cepat

Salah satu pantangan setelah operasi caesar adalah bergerak terlalu cepat. Aktivitas ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada luka operasi, sehingga proses penyembuhannya menjadi terhambat.

Untuk itu, jika hendak bergerak, seperti berjalan, cobalah dengan pelan dan hati-hati. Selain itu, ibu juga dapat meminta tolong kepada anggota keluarga maupun pasangan apabila hendak bergerak untuk membantu mempercepat pemulihan.

2. Melakukan Aktivitas Berat

Pantangan setelah operasi caesar selanjutnya adalah melakukan aktivitas berat, seperti mengangkat beban, bersepeda, lari, dan senam aerobik. Aktivitas berat yang berlebihan bisa memicu tekanan pada perut dan membuat luka terasa nyeri.

Jadi, apabila tetap ingin beraktivitas, sebaiknya lakukan kegiatan-kegiatan ringan, seperti yoga, jalan santai, dan pilates. Dengan begini, luka pada perut ibu bisa segera sembuh selama 6-8 minggu pasca operasi.

3. Sering Naik Turun Tangga

Pantangan setelah operasi caesar berikutnya adalah sering naik turun tangga. Aktivitas ini mungkin tampak sederhana. Padahal, terlalu sering naik turun tangga bisa menyebabkan tekanan pada perut, sehingga berisiko merobek luka jahitan.

Baca Juga  Jual Korset New Life Terbaru 2023 untuk Ibu Pasca Melahirkan

Maka dari itu, apabila membutuhkan sesuatu, ibu bisa minta tolong kepada orang rumah, sehingga intensitas naik turun tangga dapat berkurang dan luka pasca operasi dapat segera sembuh.

4. Pola Makan Terlalu Ketat

Menerapkan pola makan yang terlalu ketat juga termasuk sebagai pantangan setelah operasi caesar. Pada dasarnya, dokter memang menganjurkan ibu untuk menjaga pola makan sehat.

Sayangnya, pola makan sehat yang berlebihan justru dapat membuat proses pemulihan lebih lambat. Itulah sebabnya, sebaiknya ibu mengonsumsi makanan bergizi dengan takaran cukup dan tidak berlebihan agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Berhubungan Intim

Jenis pantangan setelah persalinan caesar selanjutnya adalah melakukan hubungan intim dengan pasangan. Pantangan ini juga berlaku bagi ibu yang melahirkan secara normal. Pasalnya, pasca melahirkan, biasanya darah belum berhenti secara sempurna.

Untuk itu, ibu perlu menghindari berhubungan intim pasca persalinan agar tubuh lekas kembali normal, pendarahan berhenti, dan rahim pulih kembali.

6. Kurang Minum dan Makan Serat

Salah satu hal yang disarankan oleh dokter untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar adalah memperbanyak konsumsi air putih dan mengonsumsi serat. Hal ini diperlukan agar nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi.

Maka dari itu, pantangan setelah operasi caesar lainnya adalah kurang minum dan makan serat. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko sembelit, sehingga berdampak pada rasa sakit di area luka jahitan saat mengejan.

Selain itu, kurang minum air putih juga berisiko menyebabkan dehidrasi. Itulah mengapa, sebaiknya ibu memperbanyak konsumsi air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas per harinya.

7. Membasahi Luka Bekas Operasi

Membasahi luka bekas operasi juga termasuk sebagai pantangan setelah melahirkan caesar. Sebab, kondisi luka dan perban yang lembap justru membuat bekas jahitan lebih sulit kering.

Baca Juga  Tips Cepat Hamil: Rahasia Kesuburan

Meski begitu, ibu tetap diperbolehkan mandi untuk menjaga kebersihan diri. Akan tetapi, setelah itu, ibu perlu segera mengeringkan luka dan mengganti perban agar tidak lembap. Dengan begitu, ibu juga dapat menghindari infeksi penyakit.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Diri

Pantangan setelah operasi caesar lainnya adalah ibu kurang menjaga kebersihan diri. Hal ini menyebabkan luka jahitan sulit untuk kering dan menimbulkan infeksi. Itulah mengapa, ibu perlu rajin membersihkan diri.

Misalnya adalah dengan membersihkan wajah, mencuci tangan menggunakan air mengalir, mengganti pembalut selama masa nifas, mengganti kain penutup luka, dan memastikan luka agar tidak lembap.

9. Menggunakan Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian ketat juga tergolong sebagai pantangan pasca persalinan caesar. Pasalnya, pakaian ketat membuat ibu lebih cepat mengeluarkan keringat, sehingga luka jahitan akan lembap.

Selain itu, pakaian ketat juga membuat udara di area perut berkurang. Itulah mengapa, sebaiknya ibu menggunakan pakaian longgar selama masa pemulihan agar oksigen bisa masuk pada area perut.

Cara Merawat Luka Operasi Caesar

Selain menghindari beberapa pantangan setelah persalinan caesar, ibu juga perlu merawat lukanya agar lekas mengering. Berikut ini adalah beberapa cara merawat luka operasi caesar.

  • Menggunakan obat-obatan pereda nyeri yang telah diresepkan oleh dokter.
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi setelah melahirkan
  • Menjaga sirkulasi udara di area bekas luka.
  • Rajin kontrol ke dokter.
  • Menjaga kebersihan di area bekas luka dengan menyekanya menggunakan air bersih dan mengeringkannya.

Penutup

Nah, itulah sederet penjelasan mengenai pantangan setelah operasi caesar dan cara merawat luka bekas jahitan agar segera sembuh. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, ibu bisa segera beraktivitas normal kembali.

Untuk mendukung proses pemulihan tersebut, ibu juga bisa menggunakan korset New Life setelah masa persalinan agar luka cepat sembuh dan proporsi tubuh dapat kembali normal.

Baca Juga  Ternyata Ini Dia Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Jadi, yuk selalu jaga kesehatan diri selama masa pemulihan pasca operasi caesar! Untuk mengetahui informasi lain mengenai kehamilan dan persalinan, cek blog New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?