fbpx

8 Perlengkapan yang Dibutuhkan Ibu Pasca Melahirkan, Catat!

8 Perlengkapan yang Dibutuhkan Ibu Pasca Melahirkan, Catat!

Menjelang masa persalinan, ibu perlu memikirkan barang-barang yang harus dipersiapkan setelah melahirkan. Pasalnya, barang yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan cukup banyak, karena ibu juga perlu menyiapkan kebutuhan si kecil.

Maka dari itu, perlengkapan pasca melahirkan perlu dipikirkan beberapa bulan sebelum melahirkan, sehingga persiapan menjelang persalinan bisa lebih matang.

Nah, untuk mengetahui beberapa perlengkapan yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan, yuk simak artikel berikut!

Barang yang Dibutuhkan Ibu Pasca Melahirkan

Mendekati waktu melahirkan, ibu tentu perlu menyiapkan sejumlah barang untuk kebutuhan diri sendiri maupun bayinya. Adapun beberapa barang yang ibu butuhkan setelah melahirkan adalah sebagai berikut.

1. Pakaian Menyusui

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan adalah pakaian menyusui. Sebab, nantinya ibu akan menyusui bayi setiap hari. Maka dari itu, untuk memudahkannya, ibu perlu mengenakan pakaian yang fleksibel dan nyaman saat menyusui.

Ibu dapat memilih baju dengan bahan longgar, halus, dan adem. Selain itu, pilih baju berkancing depan untuk memudahkan saat sedang menyusui.

2. Peralatan Menyusui

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Selain pakaian menyusui, ibu juga membutuhkan peralatan menyusui lainnya, seperti bra menyusui. Dengan memilih bra yang tepat, ibu tak perlu melepaskannya ketika hendak menyusui bayi. Bra khusus menyusui sendiri umumnya memiliki bahan halus dan tanpa kawat, sehingga membantu mengeluarkan ASI dengan lancar.

Di samping itu, ibu juga memerlukan bantal menyusui dan nursing cover. Dengan menggunakan nursing cover, ibu tak perlu bingung ketika hendak menyusui si kecil di tempat lain, karena cenderung praktis.

3. Korset

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Korset juga termasuk sebagai perlengkapan yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan. Pasalnya, setelah melahirkan, tubuh ibu akan mengalami perubahan, khususnya pada bagian perut yang mengendur. Maka dari itu, dengan menggunakan korset setelah melahirkan, perut ibu bisa kembali kencang.

Baca Juga  5 Efek Samping Kuret & Pemulihan Pasca Menjalaninya, Catat!

Selain itu, pilih korset yang bahannya tidak ketat, elastis, dan nyaman untuk digunakan sehari-hari, sehingga ibu bisa bergerak dengan leluasa saat menggunakannya.

4. Perlengkapan Memompa ASI

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Apabila ibu berencana untuk memberikan ASI penuh kepada si kecil hingga 2 tahun, tentu ibu membutuhkan pompa ASI. Pasalnya, ibu tidak mungkin menyusuinya sepanjang waktu, terlebih lagi jika termasuk wanita karier.

Maka dari itu, untuk menjaga supply ASI bagi si kecil agar tetap terpenuhi, ibu perlu memompa ASI. Selain itu, ibu juga harus menyiapkan kantong ASI sebagai wadah untuk ASI yang telah diperah.

Bukan hanya itu, ibu juga dapat menyiapkan cooler bag yang berfungsi untuk menyimpan ASI, terlebih lagi saat hendak bepergian. Tujuannya adalah agar ibu lebih mudah saat membawa ASI ke manapun dan menyimpannya, sehingga tidak terkontaminasi bakteri.

5. Nipple Cream

Pada dasarnya, ibu akan sering menyusui setelah melahirkan, hingga bayi berusia 2 tahun. Namun sayangnya, ibu kerap mengalami masalah berupa puting payudara yang lecet. Nah, untuk membantu mengatasinya, ibu perlu menyediakan nipple cream.

Akan tetapi, sebelum membelinya, sebaiknya ibu mencari tahu terlebih dulu bahan yang terkandung di dalamnya dan aman apabila tertelan oleh bayi. Ibu juga bisa meminta saran kepada dokter terkait nipple cream yang aman.

6. Gendongan

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Gendongan juga termasuk sebagai perlengkapan yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan. Sebab, bayi yang baru saja lahir akan sering ibu gendong saat sedang rewel, menangis, maupun hendak tidur.

Dengan menggunakan gendongan bayi, ibu bisa membawanya ke luar rumah lebih mudah. Di samping itu, untuk mengurangi rasa pegal saat menggendong, ibu dapat memilih model hipseat atau baby sling, karena lebih praktis dalam penggunaannya.

Baca Juga  10 Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur untuk Bumil Perhatikan

7. Pembalut

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Jenis perlengkapan yang ibu butuhkan setelah melahirkan lainnya adalah pembalut. Sebab, pasca melahirkan, ibu akan mengeluarkan darah nifas. Untuk itu, pembalut berfungsi untuk menampung darah tersebut. Selain itu, pilih pembalut yang nyaman dipakai dan tidak menimbulkan iritasi pada area vagina.

8. Perlengkapan Bayi

yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan

Perlengkapan yang ibu butuhkan terakhir adalah barang-barang bayi, mulai dari pakaian, stroller, bedong, car seat, bak mandi, mainan, popok, krim ruam pokok, hingga alat monitor bayi. Di sisi lain, apabila ibu tidak dapat memberikan ASI penuh hingga usia 2 tahun, susu juga menjadi kebutuhan yang perlu ibu penuhi.

Selain itu, siapkan pula perlengkapan mandi bayi, seperti sabun, sampo, minyak telon, hingga bedak. Pastikan bahwa produk tersebut tidak membuat bayi mengalami iritasi dan aman saat menggunakannya.

Persiapan Sebelum Melahirkan

Selain mempersiapkan sejumlah perlengkapan setelah melahirkan, ibu juga perlu melakukan beberapa hal menjelang masa persalinan. Adapun beberapa tips persiapan sebelum melahirkan adalah sebagai berikut.

  • Mencukupi waktu istirahat.
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin.
  • Mencari tahu informasi mengenai rumah sakit untuk persalinan dan biayanya.
  • Mempersiapkan peralatan untuk dibawa ke rumah sakit.
  • Rajin konsultasi ke dokter.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai perlengkapan yang dibutuhkan ibu pasca melahirkan dan persiapan menjelang persalinan. Seperti penjelasan sebelumnya, korset adalah salah satu hal yang ibu butuhkan pasca persalinan.

Nah, salah satu rekomendasi korset yang bisa ibu pakai adalah korset New Life. Korset tersebut terbuat dari bahan katun elastis, sehingga nyaman penggunaannya dan bisa membantu mengencangkan otot perut.

Jika ingin memperolehnya, ibu dapat langsung memeriksa laman New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?