fbpx

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu & Cara Mengatasinya, Simak!

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu & Cara Mengatasinya, Simak!

Bayi yang masih kecil umumnya membutuhkan ASI sebagai nutrisi utamanya. Namun, terkadang muncul kondisi ketika bayi tidak mau menyusu. Hal ini tentu akan membuat ibu merasa panik, karena berisiko membuat nutrisi si kecil tidak terpenuhi.

Jika hal itu terjadi, bayi akan berisiko mengalami masalah kesehatan. Untuk itu, yuk simak lebih lanjut seputar penyebab bayi tidak mau menyusu dan cara mengatasinya di artikel berikut!

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan si kecil menolak untuk menyusu. Hal ini sering terjadi secara tiba-tiba dan dalam jangka waktu tertentu. Bahkan, bayi bisa saja menolak menyusu hingga berbulan-bulan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab bayi tidak mau menyusu yang perlu ibu pahami:

1. Memiliki Aroma atau Rasa Berbeda

Salah satu alasan bayi menolak menyusu adalah karena rasa atau aroma ASI yang berbeda. Perubahan aroma sendiri bisa terjadi akibat pengaruh parfum, sabun, maupun losion yang menempel pada tubuh, sehingga membuat bayi kehilangan minat terhadap ASI. Di sisi lain, perubahan rasa ASI sendiri dapat terjadi ketika ibu mengonsumsi makanan maupun obat-obatan tertentu.

2. Merasa Sakit atau Tidak Nyaman

Alasan bayi tidak mau menyusu berikutnya adalah karena si kecil merasa tidak nyaman atau sedang sakit. Misalnya adalah ketika mengalami sariawan, gigi tumbuh, hingga herpes simpleks yang membuat mulut terasa sakit. Kondisi tersebut bisa terjadi oleh infeksi telinga, sehingga memicu rasa sakit ketika sedang mengisap.

3. Hidung Tersumbat

Penyebab bayi menolak menyusu selanjutnya adalah karena hidung tersumbat. Ketika si kecil mengalami pilek, maka bisa membuat hidungnya tersumbat dan pernapasan pun hanya bisa melalui mulut.

Baca Juga  Cara Memakai Korset Pasca Melahirkan yang Benar untuk Hasil Terbaik

Hal ini tentunya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan menolak untuk menyusu, karena dirinya perlu bernapas melalui mulut. Nah, hal ini dapat ibu atasi dengan mengisap lembut hidung bayi dengan aspirator untuk memudahkannya bernapas melalui hidung.

4. Perubahan Hormon

Penyebab bayi menolak menyusu lainnya adalah karena perubahan hormon. Hal ini biasanya terjadi ketika ibu mulai mengurangi pemberian ASI pada bayi usai si kecil mengonsumsi makanan padat. Di samping itu, menstruasi dan kehamilan juga dapat memicu si kecil menolak untuk menyusu. Pasalnya, kondisi tersebut membuat rasa ASI mengalami perubahan.

5. Keterlambatan Produksi ASI

Penyebab bayi tidak mau menyusu yang terakhir adalah akibat keterlambatan produksi ASI. Ketika ibu menyusui mengalami masalah kesehatan, kemungkinan produksi ASI akan mengalami keterlambatan.

Di sisi lain, ketika si kecil merasa lapar, tetapi produksi ASI terlambat, maka dirinya akan menangis. Nah, hal itu bisa menyebabkan bayi menolak menyusu. Itulah sebabnya, penting bagi ibu untuk terus merangsang produksi ASI.

Cara Menangani Bayi Tidak Mau Menyusu

Si kecil bisa saja menolak menyusu selama beberapa hari, hingga berbulan-bulan. Padahal, ASI adalah sumber nutrisi penting bagi si kecil. Untuk itu, penting bagi ibu untuk segera mengatasi bayi yang menolak menyusu agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Adapun beberapa cara menangani bayi tidak mau menyusu adalah sebagai berikut:

1. Menenangkan Bayi

Salah satu cara mengatasi bayi tidak mau menyusu adalah dengan menenangkannya terlebih dulu. Biasanya, ketika bayi tampak rewel dan menangis terus-menerus, si kecil akan menolak untuk menyusu.

Untuk itu, ibu bisa mencoba menenangkannya terlebih dulu, seperti menggendongnya ke bagian bahu dan menepuk punggungnya pelan-pelan.

Baca Juga  7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Ribet dengan Mudah

2. Mengubah Posisi

Cara mengatasi bayi menolak menyusu selanjutnya adalah dengan mengubah posisi menyusui. Pada dasarnya, posisi menyusui yang tepat adalah perut bayi menyentuh perut busui, sehingga si kecil tak perlu menoleh. Namun, ibu bisa mengubah posisinya ketika si kecil menolak menyusu. Ibu bisa mengubah posisi menyusu ke payudara lainnya.

3. Mencoba Menyusui dengan Cara Lain

Cara menangani bayi tak mau menyusu lainnya, yaitu dengan mencoba menyusuinya menggunakan cara lain. Ibu tak harus menyusui menggunakan payudara.

Misalnya adalah dengan memompa atau memerah ASI, sehingga bayi dapat menyusu melalui botol. Di samping itu, ibu juga dapat menyusui si kecil menggunakan sendok atau pipet. Dengan begini, nutrisi bayi akan tetap tercukupi.

4. Menyusui Ketika Bayi Mengantuk

Cara menangani bayi tidak mau menyusu berikutnya adalah dengan menyusuinya saat si kecil merasa mengantuk. Biasanya, saat si kecil mengantuk dan lelah, maka dirinya akan mau menyusu dalam kondisi setengah sadar. Selain itu, menyusui saat bayi mengantuk juga akan membuatnya cepat tertidur.

5. Mengatasi Berbagai Gangguan saat Menyusui

Cara mengatasi bayi menolak menyusu yang terakhir adalah dengan menangani berbagai gangguan ketika sedang menyusui. Pasalnya, bayi bisa saja menolak menyusu akibat distraksi atau gangguan di sekitarnya. Untuk itu, sebaiknya ibu mencari tempat menyusui yang lebih tenang agar si kecil merasa nyaman.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab bayi tidak mau menyusu dan cara menanganinya. Pada umumnya, si kecil yang menolak menyusu adalah kondisi berbahaya. Pasalnya, ASI merupakan nutrisi utama bagi bayi, sehingga ibu perlu memenuhinya.

Untuk itu, ketika si kecil mengalami hal tersebut, ibu harus segera mengatasinya. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan tips menjaga kesehatan bayi, kunjungi situs berikut ini New Life!

Baca Juga  7 Jenis Makanan untuk Program Hamil dan Penyubur Kandungan
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?