fbpx

Makanan dan Minuman Pelancar Asi: Asupan Ibu Melahirkan

Makanan dan minuman pelancar ASI banyak dicari para ibu yang baru melahirkan. Para orang tua yang ingin memberikan nutrisi terbaik bagi anaknya berusaha menemukan makanan atau minuman yang dapat mendorong keluarnya air susu ibu ini. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu jadikan referensinya.

Makanan dan Minuman untuk Memperlancar ASI

Makanan dan minuman pelancar ASI bisa kamu catat sebagai menu wajib harian selama fase menyusui. Apa saja? Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Kurma

Sudah banyak yang meyakini bahwa adalah buah yang kaya akan manfaat, bergizi tinggi, dan baik untuk kesehatan. Kurma membantu tubuh ibu memproduksi prolaktin yaitu hormon yang berguna untuk memproduksi ASI.

Mengonsumsi kurma 3 biji setiap hari dapat melancarkan keluarnya air susu ibu, menjaga daya tahan tubuh, dan mencukupi kebutuhan gula harian.

2. Madu

Mengonsumsi madu selama fase menyusui dapat membuat ASI lebih berkualitas. Tipikal madu yang bisa kamu tambahkan ke dalam minuman atau dikonsumsi secara langsung juga memudahkan kamu dalam menyantap jenis pelancar ASI yang satu ini.

3. Susu Rendah Lemak

Susu mengandung protein yang kamu butuhkan selama menyusui. Susu juga tinggi kalsium yang bagus untuk perkembangan tulang si bayi. Omega-3 yang terkandung di dalamnya juga memiliki manfaat untuk kecerdasan anak.

Memilih susu yang baik selama menyusui bisa dengan cara mencari jenis susu yang rendah lemak. Hal ini karena lemak tidak banyak kamu butuhkan untuk menutrisi si bayi. Pilihlah susu yang sesuai kebutuhan seperti susu kedelai jika anak kamu memiliki riwayat alergi susu sapi.

4. Jus

Buah-buahan memiliki vitamin yang beragam dan kaya manfaat. Kamu sebagai ibu menyusui yang harus berbagi gizi dengan bayi memerlukan zat-zat tersebut.

Baca Juga  8 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Naik, Kurang Tidur!

Jika merasa tidak nyaman bila harus mengonsumsi secara langsung, kamu bisa mengolahnya sebagai jus segar yang menyehatkan. Jus buah yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi selama menyusui antara lain jus alpukat dan jus pepaya.

5. Jahe

Minuman berbahan dasar jahe sering menjadi obat penghangat tubuh di kala cuaca dingin. Namun, ternyata di dalam jahe juga terdapat senyawa galactogog yang memiliki khasiat memperlancar air susu ibu.

6. Buncis

Sejak zaman Mesir kuno, buncis telah menjadi obat mujarab untuk mengobati ibu yang mengalami masalah dalam menyusui. Buncis mampu mendorong produksi air susu ibu dari dalam tubuh.

Zat yang terkandung dalam buncis terbukti ampuh mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa memasaknya menjadi sup atau makanan lezat lainnya.

7. Almond

Almond termasuk jenis kacang-kacangan yang banyak diminati orang. Selain rasanya yang enak, almond juga memiliki protein dan kalsium yang tinggi. Saat ini olahan almond sudah banyak beredar di pasar swalayan.

Banyak yang menjual dalam bentuk mentah atau sudah berbentuk susu. Sebaiknya kamu menghindari konsumsi almond yang terdapat di dalam cokelat batangan karena kandungan cokelat kurang cocok untuk ibu menyusui.

8. Air Hangat

Minuman pelancar ASI yang terakhir adalah air hangat. Yap, kamu tidak salah membaca. Air putih biasa yang memiliki suhu sedikit panas ternyat juga mampu membantu kamu mengatasi air susu yang tidak keluar. Selama menyusui, ibu akan memerlukan banyak cairan. Senyawa oksitosin yang keluar ketika menyusui juga akan membuat haus dan dehidrasi. Maka memenuhi cairan tubuh dengan air mineral ini akan membantu menjaga keluarnya ASI yang optimal.

Itulah beberapa makanan dan minuman pelancar ASI yang mudah kamu temui. Usahakan mencoba bahan makanan tersebut sebelum kamu berpikir untuk menggunakan obat. Agar lebih optimal ketika menyusui, perhatikan juga beberapa makanan yang harus kamu hindari berikut ini

Baca Juga  5 Penyebab Sakit Pinggang saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Selama menyusui, ada pantangan makanan juga yang harus kamu jaga. Hal ini bertujuan agar ibu dan bayi tetap sehat. Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kamu konsumsi selama menyusui:

1. Ikan yang Mengandung Merkuri

Ikan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung omega-3, protein, dan asam folat. Namun, beberapa ikan laut ternyata mengandung merkuri yang dapat membahayakan bayi di awal kelahiran.

Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih rendah belum mampu menetralisir merkuri yang tinggi pada ikan, hal ini berpotensi merusak jaringan syarafnya. Cobalah untuk tidak mengonsumsi ikan laut sepert makarel, tuna, dan marlin.

2. Makanan Kaleng

Makanan kaleng banyak yang masih menggunakan pengawet, tinggi MSG, dan perasa kimia. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan diare dan dehidrasi pada bayi yang baru lahir.

3. Peppermint

Jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari berikutnya adalah peppermint. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi peppermint dengan jumlah yang banyak dapat membuat aliran ASI tidak lancar. Sebaiknya kamu menghindari makanan dan minuman yang terdapat bahan ini di dalamnya.

4. Alkohol

Alkohol menjadi pantangan yang wajib kamu hindari selama menyusui. Alkohol dapat menyebabkan kamu dehidrasi, dan ketika cairan dalam tubuhmu minim akan berpengaruh pada produksi ASI. Selain itu, ada kemungkinan bayi ikut mabuk setelah menyusui, hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan sang anak.

5. Kafein

Mengonsumsi kafein selama menyusui bisa menimbulkan kolik pada bayi. Kolik adalah kondisi di mana terdapat gas berlebih dalam perut bayi yang membuatnya kembung dan tidak nyaman. Kafein yang masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI juga dapat menyebabkan bayi tidak bisa tidur. Hindari makan dan minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, kopi, dan teh.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi Alergi pada Bayi yang Tepat & Aman, Simak!

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus kamu hindari selama menyusui. Menjaga asupan yang masuk ke dalam ibu berarti sama halnya dengan menjaga asupan yang masuk ke tubuh anak. 

Penutup

Makanan dan minuman pelancar ASI bisa kamu jadikan alternatif solusi sebelum mencoba obat-obatan kimia. Banyak yang bisa kamu temukan dalam menu sehari-hari. Jangan lupa juga untuk menghindari makanan yang berpotensi menghambat keluarnya cairan tersebut.

Untuk mendapatkan informasi seputar ibu dan bayi lainnya, kamu dapat menunjungi New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?