fbpx

Cara Mempercepat Proses Persalinan dengan Aman Tanpa Obat

Cara mempercepat proses persalinan menjadi obrolan panjang setiap pasangan baru menikah. Saat baru pertama kali mengandung, ibu muda memiliki ketakutan jika nanti proses persalinannya berjalan tidak lancar.  Namun, tidak perlu untuk khawatir. Berikut tips dan trik cara mempercepat proses persalian dengan aman tanpa obat.

Cara Mempercepat Proses Persalinan

Para calon ibu sebaiknya mempersiapkan diri sebelum proses persalian agar nantinya dapat berjalan dengan lancar. Lakukan langkah berikut ini untuk mempercepat proses persalinan.

1. Berolahraga

Berolahraga secara rutin selama mengandung dapat meningkatkan otot-otot sebagai persiapan untuk mendorong bayi ketika proses persalinan. Kegiatan membakar kalori ini juga meningkatkan stamina agar calon ibu punya tenaga yang terlatih dengan cukup selama melahirkan.

Namun, perhatikan jenis olahraga yang anda pilih. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat karena dapat memberi dampak buruk pada kondisi kehamilan. Pilihlah olahraga ringan seperti senam, jalan santai, dan yoga.

2. Berhubungan Intim

Banyak dokter yang mengatakan bahwa berhubungan intim aman dilakukan ketika usia kehamilan telah menginjak trimester ketiga atau sekitar 36 minggu. Berhubungan intim di fase ini akan memicu kontraksi di dalam rahim karena ada hormon oksitosin yang keluar ketika orgasme. 

Selain itu, ketika suami melakukan ejakulasi di dalam vagina akan menyebabkan zat prostaglandin keluar. Zat ini juga turut berfungsi memicu kontraksi. Jika anda berniat berhubungan intim sebagai cara mempercepat proses persalinan, usahakan melakukannya dengan gaya yang aman untuk bayi seperti women on top atau doggy style.

3. Stimulasi Payudara

Jika kamu merupakan pasangan suami istri yang masih khawatir untuk melakukan berhubungan inti selama masa kehamilan, masih ada alternatif solusinya. Cara mempercepat proses persalinan berikutnya adalah memberikan stimulasi payudara. Kegiatan ini juga sama-sama dapat memicu keluarnya hormon oksitosin pada calon ibu. 

Baca Juga  Proses Perkembangan Janin 1 sampai 9 Bulan

Lakukan dengan cara menyentuh sambil sedikit memainkan puting payudara dengan pelan. Bisa sesekali  sambil menghisapnya. Namun, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan kontraksi yang kuat juga.

4. Relaksasi Tubuh

Tubuh yang rileks akan sangat membantu dalam proses persalinan. Oleh karena itu, sebelum hari melahirkan para ibu bisa mencoba relaksasi tubuh dengan cara pijat di titik tertentu seperti telapak tangan atau talapak kaki. Usahakan yang memijat adalah seorang terapis atau seseorang yang paham di bidangnya agar lebih aman.

Melakukan mandi air hangat juga bisa mengurangi tubuh yang tegang. Rasa nyaman dari berendam mampu membuat otot yang kaku menjadi lebih rileks dan tenang.

5. Mengonsumsi Makanan Pendukung

Selain beraktivitas, mengonsumsi makanan pendukung juga bisa sebagai cara mempercepat proses persalinan. Kamu bisa memilih makanan-makanan yang tinggi vitamin C, tinggi serat, dan antioksidan seperti buah nanas, kurma, dan daun pepaya.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kombinasikan dengan minuman pendukung juga seperti teh raspberry. Minuman tersebut dapat membuat tubuh rileks dan lebih tenang menjelang proses persalinan.

Itulah beberapa cara untuk mempercepat proses persalinan. Kamu bisa mempersiapkannya agar proses pembukaan tidak berlama-lama. Yakinlah bahwa semua akan lancar. Untuk menambah kesiapan kamu, berikut tips-tips menjelang bersalin dari New Life.

Tips Untuk Ibu Jelang Bersalin

Momen menjelang bersalin menjadi momen menegangkan bagi beberapa orang. Berikut tips untuk ibu jelang bersalin agar lebih siap.

1. Kurangi Stres

Stres akan membuat otot-otot tegang. Pada saat stres juga membuat tubuh tidak dapat memproduksi hormon oksitosin. Hormon tersebut membantu mempercepat proses persalian. Jika tidak ada, maka prosesnya akan sedikit lebih lambat dari normalnya.

Baca Juga  Mengatasi Kram Perut Saat Hamil Trimester Pertama dan Tips Efektif

Oleh karena itu, calon ibu harus mengurangi stres. Bisa dengan melakukan hal-hal yang meningkatkan mood positif atau melakukan relaksasi tubuh seperti yang telah bahas tadi.

2. Tentukan Rumah Sakit Bersalin

Lakukan penentuan rumah sakit bersalin sejak jauh-jauh hari. Selain agar tidak kelimpungan ketika kontraksi terjadi tiba-tiba, menentukan rumah sakit jauh sebelumnya juga untuk memastikan bahwa calon ibu sudah dapat kamar di rumah sakit tersebut.

Saat ini sudah banyak informasi tentang rumah sakit terbaik di Indonesia atau di luar negeri. Anda hanya tinggal memilih tempat mana yang sesuai dengan kebutuhan dengan pertimbangan rekam jejak rumah sakit, jarak, dan biaya persalinan di tempat tersebut.

3. Tentukan Metode Persalinan

Jenis persalinan pun tidak luput dari hal yang harus dipertimbangkan. Metode persalinan normal atau caesar sama baiknya. Setiap ibu atau pasangan punya pertimbangan sendiri untuk menentukannya. Pilihlah metode persalinan yang sesuai kondisi calon ibu.

Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter agar mengetahui kurang dan lebihnya metode persalinan tersebut. Usahakan tidak memaksa harus normal jika tidak memungkinkan karena keselamatan ibu dan bayi adalah prioritas yang tidak bisa dianggap sepele.

4. Menyiapkan Barang-Barang yang akan Dibawa ke Rumah Sakit

Menyiapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit tidak kalah pentingnya. Sebaiknya jika sudah memasuki bulan ke delapan, barang-barang ini sudah siap angkut atau sudah berada dalam satu ransel yang bisa langsung dibawa kapanpun terjadi kontraksi.

5. Menyiapkan Mental

Tips yang terakhir adalah siapkan mental. Yakinlah bahwa proses persalinan akan berlangsung lancar tanpa hambatan. Percayakan bahwa anda sudah mempersiapkan proses persalinan, sehingga setiap hal sudah terkendali dan anda sedang berupaya membawa satu manusia baru ke dunia bukan sedang bertaruh nyawa.

Baca Juga  Program Hamil: Pengertian, Jenis, & Cara Menjaga Kesuburan

Sekian tips untuk ibu menjelang bersalin. Untuk ayah, temanilah calon ibu dan berilah dukungan pernuh dalam menjalani setiap rangaian proses melahirkan.

Penutup

Momen menjelang persalinan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Cara mempercepat proses persalinan bisa kamu siapkan agar lebih tangguh ketika nanti melahirkan. Jika semua sudah siap, yakinkan diri bahwa semua akan berjalan sesuai rencana dan percayalah bahwa kamu sudah berusaha maksimal menyambut kelahiran sang buah hati.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?