fbpx

Kenapa Badan Cepat Gemuk? Ini Kebiasaan yang Bisa Memicunya

Kenapa Badan Cepat Gemuk? Ini Kebiasaan yang Bisa Memicunya

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa badan cepat gemuk? Hal ini bisa saja karena kebiasaan yang kamu terapkan sehari-hari tergolong buruk. Alhasil, kenaikan berat badan pun menjadi tidak terkontrol dan menimbulkan kegemukan.

Apabila kamu tidak segera menghentikan kebiasaan buruk setiap hari, maka kondisi tersebut bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan serius. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kenapa badan cepat gemuk, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Kenapa Badan Cepat Gemuk?

Bagi kamu yang masih terus mengalami kenaikan berat badan, hingga menimbulkan kegemukan meskipun sering berolahraga, boleh jadi itu disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kamu terapkan setiap hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa badan cepat gemuk yang perlu kamu perhatikan:

1. Mengonsumsi Camilan Tidak Sehat

Salah satu penyebab kenapa badan cepat gemuk adalah mengonsumsi camilan tidak sehat. Misalnya adalah camilan yang terlalu banyak mengandung kalori, gula, hingga tinggi garam, bisa menyebabkan penumpukan lemak tubuh.

Maka dari itu, jika kamu sering merasa lapar atau ingin mengonsumsi camilan, siapkanlah makanan sehat, seperti buah-buahan sebagai pengganti snack.

2. Tidak Fokus saat Makan

Kebiasaan buruk yang menyebabkan badan cepat gemuk berikutnya adalah tidak fokus saat makan. Misalnya, kamu makan sambil menonton televisi, sehingga tidak fokus terhadap asupan makanan yang tengah kamu konsumsi.

Hal itu bisa membuatmu makan dengan porsi lebih banyak. Itulah sebabnya, saat sedang makan, sebaiknya hindari melakukan aktivitas lain agar tidak mengganggu waktu makan.

3. Kurang Minum Air Putih

Penyebab kenaikan berat badan lainnya adalah karena kurangnya asupan air putih harian. Padahal, mengonsumsi air putih dalam takaran cukup bisa membuatmu lebih sehat dan melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga  9 Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi, Simak!

Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga bisa membuatmu lebih muda. Maka dari itu, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih setidaknya sebanyak 8-12 gelas per hari.

4. Tidak Meluangkan Waktu untuk Bersantai

Penyebab kenapa badan cepat gemuk berikutnya adalah kamu jarang meluangkan waktu untuk bersantai. Kondisi ini sering terjadi ketika kamu terlalu fokus dengan pekerjaan yang menumpuk, sehingga menyebabkan stres. Padahal, stres yang terjadi terus-menerus justru bisa menimbulkan penumpukan lemak perut.

5. Asupan Minuman Tinggi Kalori

Penyebab kenaikan berat badan selanjutnya adalah asupan minuman yang tinggi kalori. Selain makanan, minuman juga bisa saja mengandung asupan kalori yang tinggi. Misalnya adalah minuman beralkohol dan soda. Di samping itu, kamu juga perlu menghindari asupan kopi blended, karena saat sudah tercampur dengan whip cream, minuman tersebut tinggi akan kandungan lemak.

6. Kurangnya Waktu Tidur

Penyebab kenapa badan cepat gemuk berikutnya adalah kurangnya waktu tidur. Beberapa orang yang sibuk sepanjang hari sering melakukan balas dendam di malam hari dengan begadang. Alhasil, jam tidur pun menjadi berkurang. Jika kamu membiasakan kebiasaan buruk tersebut, hal itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Itulah sebabnya, kamu perlu mencukupi waktu tidur di malam hari sekitar 7-9 jam untuk menghindari risiko kegemukan.

7. Sering Melewatkan Sarapan

Sering melewatkan jam sarapan ternyata juga bisa menimbulkan kegemukan, lho. Sebab, mengabaikan jam sarapan bisa memengaruhi sistem metabolisme tubuh. Di samping itu, seseorang yang melewatkan sarapan bisa mengakibatkan asupan makanan berlebihan di siang hari akibat telah menahan lapar dalam waktu yang lama.

8. Mengonsumsi Makanan Sembarangan

Penyebab kenapa badan cepat gemuk yang terakhir adalah mengonsumsi makanan sembarangan. Hal ini sering terjadi saat kamu merasa lapar dan mengonsumsi makanan sembarangan tanpa memikirkan kandungan maupun risikonya. Padahal, jika kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti tinggi kandungan lemak dan kalori, bisa menyebabkan kolesterol serta diabetes.

Baca Juga  Apakah Ibu Hamil Boleh Berenang? Ini Manfaat & Tips agar Aman

Cara Mengontrol Berat Badan

Setelah mengetahui penyebab badan cepat gemuk, kamu juga perlu tahu cara mengontrol berat badan yang tepat. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan.

Adapun beberapa cara mengontrol berat badan adalah sebagai berikut:

  • Evaluasi kebiasaan makan setiap hari, seperti makan terlalu malam, menghabiskan makanan anak, atau menyicipi makanan ketika memasak. Hal ini terdengar sepele, tetapi apabila kamu biasakan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Apabila rencana untuk dietmu gagal, sebaiknya coba untuk mencari strategi lainnya.
  • Berbelanja makanan atau bahan masakan ketika sudah merasa kenyang, sehingga kamu tidak terlalu banyak makan camilan.
  • Mengonsumsi makanan yang memang kamu butuhkan.
  • Mengunyah makanan perlahan-lahan untuk membantu mengenyangkan perut.
  • Mengonsumsi air putih yang cukup, baik sebelum maupun sesudah makan. Ini penting untuk mengurangi porsi makan dan membantu melancarkan sistem pencernaan.
  • Tidak melewatkan sarapan dan menghindari makan lagi usai makan malam.

Di samping itu, kamu juga perlu menjaga kebiasaan hidup setiap hari. Misalnya adalah melakukan olahraga secara konsisten. Pasalnya, olahraga bisa membantu membakar lemak tubuh dan menjaga kesehatan.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar kenapa badan cepat gemuk dan cara mengontrol berat badan. Pada dasarnya, kegemukan atau kenaikan berat badan bisa terjadi akibat gaya hidup yang kurang baik.

Itulah sebabnya, memperhatikan gaya hidup sehari-hari penting untuk membantu menjaga kesehatan. Nah, untuk mengetahui informasi lain mengenai gaya hidup sehat, simak dalam kanal New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?