fbpx

7 Rekomendasi Alat Steril Botol Susu dan Tips Mencucinya

7 Rekomendasi Alat Steril Botol Susu dan Tips Mencucinya

Memiliki alat steril botol susu adalah hal penting yang perlu ibu penuhi saat mempunyai bayi. Pasalnya, mesin pensteril botol susu akan memudahkan ibu untuk membersihkan botol, sehingga terhindar dari kontaminasi bakteri. Selain itu, alat sterilisasi botol susu ini juga akan memudahkan ibu untuk membersihkannya.

Nah, jika botol susu bebas dari bakteri maupun kuman, maka nutrisi pada susu pun akan tetap terjaga. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai alat sterilisasi botol susu, yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Alat Steril Botol Susu

Botol susu adalah salah satu kebutuhan bayi yang perlu ibu penuhi. Di samping itu, ibu pun juga perlu memiliki alat pensterilnya untuk membantu mencuci botol dengan cepat. Sebab, cara merebus botol bisa mempercepat kerusakannya. Nah, berikut ini adalah sejumlah alat steril botol susu bayi yang bisa ibu miliki.

1. Crown Babycare

Salah satu alat steril botol susu adalah Crown Babycare. Fungsi alat ini adalah untuk membunuh kuman maupun bakteri penyebab infeksi yang berisiko menempel dalam botol susu. Adapun durasi pembersihan menggunakan mesin ini adalah sekitar 9 menit. Selain itu, alat ini juga bebas dari bahan kimia, sehingga relatif aman.

2. Philips Avent

Salah satu alat sterilisasi botol susu adalah Philips Avent. Mesin ini memiliki cara penggunaan yang mudah dan anti ribet, karena ibu cukup memencet satu tombol. Adapun manfaat dari Philips Avent adalah untuk membersihkan botol susu, empeng, serta dot di dalam wadah yang praktis.

Philips Avent ini terbukti bisa membantu membunuh kuman hingga 99,9% dan tidak mengandung zat kimia. Adapun durasi sterilisasi menggunakan mesin ini adalah 6 menit. Selain itu, alat ini akan mati secara otomatis ketika proses pembersihannya sudah selesai.

Baca Juga  Dampak Tidak Memakai Korset Setelah Melahirkan

3. Little Giant

Little Giant juga termasuk salah satu jenis alat steril botol susu yang memiliki harga relatif murah. Selain untuk membersihkan botol susu, alat ini juga dapat ibu gunakan untuk membuat makanan si kecil, lho. Ibu bisa mengukus telur, buah-buahan, maupun memanaskan makanan menggunakan alat ini. Adapun daya tampungnya adalah sekitar 4 botol.

4. Spectra

Jenis alat sterilisasi botol susu lainnya adalah Spectra. Alat ini memanfaatkan sinar ultraviolet untuk membantu membersihkan alat makan, minum, hingga mainan tanpa baterai bayi. Ruang penyimpanannya pun kedap udara dan mempunyai daya tampung hingga 16 buah. Nah, botol susu yang usai dibersihkan menggunakan alat ini bisa bertahan hingga 10 jam.

5. Oonew

Rekomendasi alat sterilisasi botol susu bayi berikutnya adalah Oonew. Alat ini mempunyai teknologi pengering, sehingga bisa langsung mengeringkan botol usai diuapkan. Adapun kapasitasnya adalah sekitar 8 botol. Di samping itu, alat ini juga mempunyai fungsi lain, seperti menghangatkan susu dan makanan.

6. Haenim

Haenim juga tergolong sebagai alat sterilisasi botol susu bayi yang memanfaatkan teknologi sinar ultraviolet. Mesin ini bisa membersihkan barang elektronik, peralatan kedokteran, peralatan salon, alat makan, hingga minum bayi. Adapun kapasitas maksimumnya adalah sekitar 16 botol ukuran besar.

7. Lollababy

Rekomendasi alat steril botol susu yang terakhir adalah Lollababy. Alat ini memiliki bentuk ringan dan portabel, sehingga mudah ibu bawa ke mana saja. Penggunaannya pun memanfaatkan USB, sehingga lebih praktis. Untuk membersihkan botol susu menggunakan alat ini, ibu hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja.

Cara Mencuci Botol Susu Bayi

Selain mengetahui rekomendasi alat steril botol susu, ibu juga perlu memahami cara mencuci botol susu bayi yang tepat. Hal ini berfungsi untuk memastikan kebersihannya dan mencegah kontaminasi bakteri.

Baca Juga  Berikut Manfaat Vitamin DHA untuk Ibu Hamil dan Janin

Adapun beberapa cara mencuci botol susu bayi adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Mesin Penguap

Salah satu cara mencuci botol bayi adalah dengan menggunakan mesin penguap atau steamer. Langkah ini tergolong sebagai cara praktis yang ibu pilih. Adapun cara kerja mesin ini adalah dengan menciptakan uap panas yang memiliki suhu tinggi untuk membantu menghilangkan kuman dalam botol. Proses sterilisasi menggunakan mesin penguap ini membutuhkan waktu sekitar 8-12 menit saja.

Adapun kelebihan dari mesin penguap ini adalah kebersihan botol bisa bertahan selama 6 jam apabila botol tersebut tersimpan di dalam wadah steril tertutup maupun mesin. Akan tetapi, biaya yang ibu perlukan untuk membeli mesin ini cukup mahal.

2. Menggunakan Microwave

Cara mencuci botol bayi berikutnya adalah menggunakan microwave. Adapun cara yang bisa ibu lakukan adalah masukkan terlebih dulu botol, tutup botol, serta dot ke dalam microwave, lalu atur dulu menggunakan suhu tinggi serta pemanas dalam kurun waktu 1-2 menit. Namun, sebelum menggunakan microwave, pastikan pula kondisinya sudah dalam keadaan bersih, tidak terdapat sisa makanan, serta tidak berbau.

3. Merebus

Cara mencuci botol susu bayi yang terakhir adalah dengan merebusnya. Ibu bisa merebus air terlebih dulu sampai mendidih, kemudian rebus botolnya dalam kurun waktu sekitar 5 menit. Setelah itu, angkatlah botol menggunakan penjepit makanan yang bersih dan letakkan di tempat bersih. Meskipun tampak mudah, cara sterilisasi ini bisa membuat botol dan dot mudah rusak, lho.

Penutup

Demikian sederet informasi mengenai rekomendasi alat steril botol susu yang bisa ibu miliki. Pada dasarnya, mensterilkan botol susu penting untuk memastikan wadah bebas dari bakteri. Dengan begitu, kualitas susu atau ASI perah pun tetap terjaga. Nah, jika ingin mengetahui informasi lain seputar kebutuhan si kecil lainnya, yuk kunjungi situs New Life!

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Posisi Bayi Melintang & Penyebabnya, Simak!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?