fbpx

10 Rekomendasi Obat Pilek untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

10 Rekomendasi Obat Pilek untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

Pilek adalah keluhan yang bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu yang tengah dalam masa menyusui. Hal ini bisa terjadi karena faktor perubahan cuaca maupun kelelahan. Pada umumnya, pilek bukan penyakit berbahaya, tetapi bisa menular pada bayi. Itulah mengapa, mengonsumsi obat pilek untuk ibu menyusui adalah hal penting.

Namun, ibu perlu berhati-hati saat membeli obat yang dijual bebas di apotek dan pastikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelumnya. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai rekomendasi obat pilek untuk busui, simak selengkapnya dalam artikel ini!

Obat Pilek untuk Ibu Menyusui di Apotek

Flu adalah gangguan pernapasan yang bisa menyerang siapapun, termasuk busui. Meskipun tidak berbahaya, ibu perlu menanganinya agar tidak menular kepada si kecil. Namun, dalam pemilihan obat, pastikan untuk selalu memperhatikan kandungannya dan periksakan ke dokter pula demi memastikan keamanannya.

Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi obat pilek untuk ibu menyusui di apotek:

1. Dekongestan

Salah satu jenis obat pilek untuk ibu menyusui adalah Dekongestan. Selama pilek, ibu mungkin akan mengalami hidung tersumbat. Nah, Dekongestan berperan dalam meredakan hidung tersumbat.

Kandungan phenylephrine atau pseudoephedrin dalam obat ini juga tergolong aman untuk busui. Sebagai catatan, sebaiknya ibu tidak mengonsumsinya dalam dosis berlebihan atau jangka panjang.

2. Ibuprofen

Ibuprofen juga bisa menjadi alternatif obat pilek untuk ibu menyusui. Obat ini berfungsi untuk meredakan demam dan sakit kepala yang timbul sebagai gejala pilek. Selain itu, Ibuprofen juga tergolong efektif untuk membantu meredakan pilek akibat infeksi di area sinus. Namun, jika ibu memiliki riwayat maag, pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai keamanannya.

3. Dextromethorphan

Rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui lainnya adalah Dextromethorphan. Obat ini bisa membantu meredakan batuk yang biasanya timbul ketika mengalami flu. Dextromethorphan juga tergolong aman bagi ibu menyusui.

Baca Juga  Informasi Penting Mengenai Perkembangan Janin

Akan tetapi, ketika ibu memiliki riwayat penyakit bronkitis, asma, maupun diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsinya. Sebab, obat ini bisa memberikan efek buruk terhadap penyakit tersebut.

4. Antihistamin

Antihistamin adalah obat pilek untuk ibu menyusui akibat reaksi alergi pada tubuh. Namun, banyak obat yang mengandung Antihistamin dan memberikan efek samping berupa rasa kantuk maupun memengaruhi produksi ASI. Maka dari itu, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai obat Antihistamin yang tidak memiliki efek samping tersebut.

5. Parasetamol

Rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui yang terakhir adalah Parasetamol. Obat ini juga tergolong efektif untuk menurunkan panas dan meredakan nyeri yang timbul saat flu. Akan tetapi, jika ibu juga sedang mengonsumsi obat lainnya, pastikan tidak terdapat kandungan Parasetamol agar tidak mengonsumsi dosis ganda.

Obat Pilek Alami untuk Ibu Menyusui

Selain mengonsumsi obat medis yang terjual di apotek, ibu juga bisa melakukan perawatan alami untuk meredakan pilek. Perawatan alami ini bisa ibu lakukan secara rutin untuk membantu meredakan gejala flu.

Adapun beberapa rekomendasi obat pilek alami untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut:

1. Jahe

Salah satu jenis obat pilek alami untuk ibu menyusui adalah jahe. Bahan rempah ini memiliki kandungan antioksidan, gingerol, dan minyak atsiri yang bisa membantu meredakan demam, batuk, maupun sakit tenggorokan saat mengalami flu.

Bukan hanya itu, mengonsumsi jahe juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, sehingga ibu akan merasa lebih nyaman. Tak berhenti di situ saja, jahe juga memiliki kandungan mineral serta asam amino yang baik untuk melancarkan peredaran darah. Nah, untuk mengonsumsinya, ibu bisa merebus jahe dengan air, lalu meminumnya dengan menambahkan sedikit madu.

Baca Juga  Mengenal Ambeien pada Ibu Hamil dan Ciri-cirinya, Yuk Catat!

2. Air Hangat

Rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui yang alami berikutnya adalah air hangat. Obat ini membantu meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat saat mengalami flu. Di samping itu, minum air hangat secara rutin juga dapat membantu menghangatkan tubuh dan menambah asupan cairan.

3. Bawang Putih

Rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui yang alami berikutnya adalah bawang putih. Bumbu dapur ini juga bisa membantu meredakan gejala flu yang timbul.

Ibu bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 1 butir per hari atau mencampurkannya ke dalam makanan yang hendak dikonsumsi. Akan tetapi, ibu juga perlu memperhatikan bahwa konsumsi bawang putih berlebihan bisa memberikan efek samping, seperti pusing dan sakit perut.

4. Teh

Rekomendasi obat flu alami untuk ibu menyusui adalah teh. Jenis teh hitam dan teh hijau dapat membantu meredakan flu maupun sakit tenggorokan.

Hal itu karena teh tersebut mempunyai kandungan antioksidan theanine yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa menyeduh teh hitam atau teh hijau dengan air hangat, lalu menambahkan madu.

5. Madu

Rekomendasi obat pilek untuk ibu menyusui yang alami terakhir adalah madu. Bahan alami ini dipercaya mampu mengobati beberapa jenis penyakit, termasuk pilek dan meredakan sakit tenggorokan.

Selain itu, madu juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh serta melancarkan produksi ASI. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa minum 1-2 sendok makan madu setiap pagi atau mencampurkannya ke dalam segelas teh hangat.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai obat pilek untuk ibu menyusui yang bisa diperoleh di apotek maupun dari bahan alami. Pilek adalah gangguan kesehatan yang menular.

Maka dari itu, ketika ibu mengalaminya, perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat untuk mencegah penularan terhadap bayi. Di samping itu, ibu juga perlu berkonsultasi kepada dokter apabila pilek tidak kunjung sembuh. Oleh sebab itu, yuk selalu jaga kesehatan ibu dan bayi bersama New Life!

Baca Juga  Penyebab Kekurangan Air Ketuban & Dampaknya bagi Kehamilan
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?