fbpx

Ini Manfaat dan Cara Pakai Korset Sakit Pinggang!

Korset sakit pinggang dilengkapi dengan tali tambahan yang dapat mencakup area bahu untuk menjaga agar korset tetap tegak saat digunakan. Apakah kamu pernah mengalami sakit pinggang? Hampir sebagian besar orang, khususnya para Ibu yang pernah mengalami gangguan pada tulang belakang dan tentu sudah tidak asing lagi dengan korset lumbal.

Korset lumbal merupakan alat atau media yang digunakan untuk memberikan dukungan pada tulang belakang bagian bawah atau pinggang. Secara umum, korset sakit pinggang ini terbuat dari bahan yang lembut dan elastis.

Manfaat Korset Sakit Pinggang (Korset Lumbal)

korset sakit pinggang

Beberapa jenis korset dilengkapi dengan tali tambahan yang dapat mencakup area bahu. Tali ini berfungsi untuk menjaga agar korset tetap tegak saat digunakan. Meskipun demikian, terdapat banyak manfaat yang bisa dirasakan, seperti yang dijelaskan berikut:

1. Imobilisasi

Penggunaan korset lumbal bermanfaat untuk mencegah gerakan yang tidak perlu, terutama bagi yang pernah mengalami cedera punggung atau menjalani operasi tulang belakang. Dalam beberapa situasi, imobilisasi sangat penting untuk memastikan penyembuhan yang optimal.

Korset lumbal dapat mencegah gerakan besar di area belakang, seperti fleksi, ekstensi, dan rotasi. Ini membantu menghindari penggunaan punggung secara berlebihan, yang dapat mencegah nyeri punggung dan cedera lebih lanjut. Penting untuk memilih korset yang tidak terlalu kaku sehingga tidak menghambat mobilitas.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik mengharuskan tulang belakang berada dalam posisi tegak, bahu ke belakang, dada terangkat, dan inti tubuh terjaga. Seringkali, tanpa disadari, kita cenderung membungkuk, yang dapat menyebabkan kelengkungan pada tulang belakang dan memperparah sakit punggung. Korset lumbal membantu memaksa tulang belakang tetap lurus, membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi risiko cedera.

Baca Juga  9 Solusi Kaki Bengkak saat Hamil secara Alami, Lakukan Yoga!

3. Mencegah Sakit Punggung

Sakit punggung dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan olahraga. Baik sakit punggung ringan maupun berat dapat menciptakan ketidaknyamanan dan membatasi gerakan. Penggunaan korset lumbal membantu mencegah gerakan yang tidak perlu, yang dapat merusak punggung. Selain itu, korset ini membantu menyelaraskan tulang belakang dan memperkuat otot punggung, mengurangi risiko terjadinya nyeri.

4. Mendukung Pengobatan Gangguan pada Punggung

Meskipun bukan pengganti obat, korset lumbal dapat membantu mengelola gejala berbagai kondisi punggung, termasuk kifosis, spondilitis ankilosa, osteoporosis, keseleo otot punggung, cedera tulang belakang, skoliosis, tumor tulang belakang, fraktur tulang belakang, whiplash, dan spondilolistesis. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan korset lumbal sebagai alternatif pereda nyeri, karena setiap kasus punggung memerlukan penanganan yang berbeda.

Waktu Penggunaan Korset Sakit Pinggang (Korset Lumbal)

Dengan cara ini, pemakaian korset dapat meredakan beban pada tulang belakang, mempercepat proses penyembuhan.

1. Keseleo dan Tegang di Punggung

Korset dapat digunakan untuk jangka waktu singkat guna meredakan rasa sakit akibat keseleo atau tegang. Menurut penjelasan dalam British Medical Journal, nyeri pada bagian bawah punggung merupakan permasalahan kesehatan yang signifikan dan umum terjadi, sering kali mendapat perawatan di fasilitas perawatan kesehatan primer.

2. Menstabilkan Tulang Belakang

Korset juga dapat dimanfaatkan untuk menstabilkan tulang belakang setelah mengalami patah tulang atau menjalani operasi. Korset akan mengikat tulang belakang sehingga tidak bergerak ke arah tertentu atau bergerak dengan kecepatan yang berlebihan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah pergerakan yang cepat yang dapat menyebabkan cedera tambahan.

3. Sakit Pinggang

Individu mungkin memerlukan korset ini ketika mengalami nyeri pada bagian bawah punggung, radang sendi, atau penyakit cakram degeneratif. Selain itu, korset juga dibutuhkan dalam kondisi-kondisi berikut.

Baca Juga  Tanda-tanda Awal Kehamilan: Ketahui Gejala yang Muncul

Itulah beberapa waktu pengunaan korset yang tepat bagi yang memiliki keluhan-keluahan seperti diatas.

Cara Penggunaan Korset Sakit Pinggang (Korset Lumbal)

Saat akan menggunakan korset lumbal, Moms sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Konsultasi dengan Ahli

Sebelum menggunakan korset sebaiknya berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Ini penting untuk menentukan jenis korset yang sesuai untuk kamu, termasuk ukuran yang tepat dan tingkat keketatan yang diperlukan. Ahli juga akan memberikan informasi mengenai durasi penggunaan yang disarankan dan seberapa ketat seharusnya korset digunakan.

2. Gunakan Sesuai Petunjuk

Pastikan untuk mengenakan korset sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Ada kemungkinan kamu perlu menggunakannya selama aktivitas tertentu atau bahkan secara terus-menerus. Petunjuk ini penting untuk memastikan efektivitas penggunaan korset dan menghindari potensi masalah kesehatan.

3. Periksa Korset secara Berkala

Rajinlah memeriksa korset selama pemakaian. Jika korset menjadi tidak pas atau bergeser dari posisinya, hal ini dapat meningkatkan risiko cedera. Penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan penggunaan T-shirt di bawah korset untuk melindungi kulit.

Selain itu, periksa kondisi korset secara berkala dan hindari penggunaan jika terjadi kerusakan atau patah. Jika tali atau gesper korset rusak, Moms mungkin perlu mendapatkan korset baru untuk menjaga keefektifannya.

Dengan menggunakan korset lumbal dengan bijak, kamu dapat merasakan manfaatnya untuk mendukung kesehatan tulang belakang dan meringankan gejala gangguan pada punggung kamu! 

Semoga informasi ini dapat membantu ya! Kunjungi situs New Life untuk memperoleh informasi lainnya.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?