fbpx

Cara Mengecilkan Perut dan Paha dengan Satu Olahraga

Cara mengecilkan perut dan paha dapat kamu lakukan dengan satu olahraga yang sama loh. Terdapat jenis olahraga yang jika kamu lakukan dengan rutin dapat membakar lemak di kedua bagian tersebut tanpa harus berganti jenis olahraganya. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya.

Olahraga Yang Dapat Mengecilkan Perut dan Paha Sekaligus

Olahraga menjadi metode paling ampuh untuk mengurangi lemak yang ada di tubuh. Namun, setiap jenisnya memiliki manfaat yang perlu kamu sesuaikan kebutuhan.

Jika kamu berniat mengecilkan perut dan paha sekaligus, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Burpees

Olahraga yang pertama adalah burpees. Burpees bisa kamu pilih untuk membakar lemak-lemak yang ada di bagian perut, paha, dan lengan. Hal ini karena burpees mengkombinasikan beberapa gerakan yang berpusat pada ketiga bagian tubuh tersebut. Cara melakukannya sebagi berikut.

  • Pertama, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu
  • Kedua, tekuk lutut seperti akan berjongkok sampai kedua tangan menyentuh lantai seperti posisi lompat kodok.
  • Ketiga, tendang kaki ke belakang seperti posisi akan melakukan push up.
  • Keermpat, lakukan sekali push up dan angkat badanmu seperti posisi pertama dan melompatlah sembari angkat kedua tangan ke atas.
  • Ulangi rangkaian gerakan ini berulang-ulang sebanyak yang kamu bisa.

2. Plank

Mungkin kamu sudah bosan mendengar kata plank  sebagai metode menghilangkan lemak di bagian perut. Namun, gerakan satu ini memang menjadi pilihan yang tak tergantikan karena manfaatnya. Selain mudah untuk melakukannya, plank  juga tidak banyak gerakan sehingga pemula pun bisa berlatih sendiri di rumah. Berikut cara melakukannya.

  • Awali dengan posisi seperti akan melakukan push up, tapi bertumpulah pada kedua lengan dan ujung kaki.
  • Pertahankan posisi ini selama satu menit, jika baru pertama kali kamu bisa berlatih 10-15 detik dulu.
  • Ambil jeda, ulangi lagi.
Baca Juga  Kenapa Kaki Bengkak saat Hamil? Ini Penyebab & Penanganannya

3. Weighted Squat

Berbeda dengan squat biasa yang hanya membakar lemak perut dan bagian bawah saja, weighted squat dapat membakar lemak di lengan karena sambil mengangkat menambah beban dalam latihannya. Beban ini juga membuat pembakaran lemak perut dan paham semakin besar. Berikut langkah-langkah melakukannya.

  • Berdirilah dengan posisi kaki selebar bahu.
  • Angkat dumbell atau barbel sebagai pemberat di depan dada.
  • Perlahan, turunkan kedua kaki seperti hendak jongkok.
  • Rasakan setiap otot yang terbakar lalu kembali ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan tadi 12 kali dalam sekali repetisi.

4. Tricep Dips

Tricep dips merupakan gerakan yang dapat membakar lemak di banyak bagian sekaligus. Kamu hanya memerlukan tambahan alat berupa meja untuk melakukannya.

Langkah-langah untuk melakukan tricep dips adalah sebagai berikut:

  • Mulailah dengan berdiri di depan meja.
  • Letakkan tangan di ujung sisi kiri dan kanan meja.
  • Tekuk lutut 90 derajat lalu diikuti menekuk kedua lengan 90 derajat juga.
  • Ulangi gerakan tadi selama beberapa kali.

5. Lunges

Cara mengecilkan perut dan paha berikutnya adalah lunges. Lunges sebenarnya banyak membakar lemak di area paha, tapi gerakan ini juga bisa membakar dan menguatkan otot di perut. Berikut cara berlatih lunges: 

  • Berdirilah dengan kaki selebar bahu.
  • Tarik salah satu kaki ke depan dan jangan sampai lutut kaki yang belakang menyentuh lantai.
  • Pusatkan tumpuan di bagian paha dan jaga posisi badan tetap tegak menghadap depan.
  • Tarik kaki ke belakang dan ulangi gerakan tadi dengan kaki satunya.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut dan paha sekaligus. Kamu bisa mengkombinasikannya dalam sekali latihan atau fokus pada salah satunya saja. Untuk kamu yang berolahraga, jangan lupa mengganti energi yang hilang setelah banyak bergerak. Berikut cara menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.

Baca Juga  Cara Agar Cepat Kontraksi Asli dan Pembukaan

Cara Menjaga Keseimbangan Nutrisi Ketika Olahraga Berat

Olahraga membuat kamu kehilangan banyak kalori. Namun, nutrisi dalam tubuh pun tidak luput untuk terpakai saat kamu beraktivitas berat. Oleh karena itu, kamu perlu mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan dengan beberapa cara berikut:

1. Konsumsi Lemak Sehat

Mungkin kamu bingung kenapa justru mengonsumsi lemak padahal sedang dalam proses pemangkasan lemak. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis lemak itu buruk. Lemak sehat atau lemak tak jenuh menjadi kebutuhan tubuh kamu yang penting. Mengonsumsi lemak sehat juga dapat mengembalikan energi serta membuat kamu tidak cepat lapar.

2. Tambah Asupan Protein dan Karbohidrat

Jika kamu ingin mengurangi lemak sekaligus membentuk otot pada tubuhmu, maka kamu harus menambah asupan protein dan karbohidrat. Protein menjadi makanan sel otot untuk dapat berkembang. Selain itu, karbohidrat juga diperlukan tubuh dalam mencerna dan membuat pertumbuhan otot lebih optimal.

3. Kurangi Gula

Gula menjadi hal yang perlu kamu kurangi ketika berniat menurunkan berat badan. Perut buncitmu dapat terjadi salah satunya karena terlalu banyak gula. Jadi, agar akmu tidak merasa sia-sia setelah berolahraga, kurangi asupan gula yang masuk ya.

Itulah beberapa tips agar nutrisi kamu tetap tercukupi meski sedang olahraga berat. Mengganti nutrisi yang hilang setelah berolahraga akan membuat proses pembakaran lebih cepat karena tubuh tidak perlu menahan diri untuk menjaga kestabilan zat dalam tubuh.

Kesimpulan

Cara mengecilkan perut dan paha dapat kamu lakukan sekaligus dalam satu olahraga. Kamu bisa menggabungkan beberapa gerakan yang telah direkomendasikan untuk mendapatkan perut ideal. Penuhi kebutuhan nutrisi juga agar tidak jatuh sakit.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar kesehatan, yuk kunjungi New Life.

Baca Juga  9 Ciri-Ciri Janin Masuk Panggul yang Wajib Ibu Tahu, Catat!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?