fbpx

Hati-Hati, Ini Pantangan Hamil Muda!

Pertumbuhan janin yang sehat tentu tidak terlepas dari peran ibu selama mengandung. Janin yang ada dalam kandungan ibu merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan. Oleh karena itu, ibu perlu menjaga janin agar tetap sehat. Dalam upaya menjaganya, ada beberapa pantangan hamil muda yang perlu ibu hindari agar perkembangan janin dalam Rahim optimal. 

Pantangan Hamil Muda

Tidak semua hal dapat dilakukan ketika ibu sedang hamil muda. Berikut ini adalah daftar pantangan yang perlu dihindari oleh ibu hamil muda.

1. Makan makanan mentah

Ibu hamil perlu menghindari memakan makanan mentah ataupun setengah matang. Makanan yang tidak matang dapat membahayakan janin dan ibu karena mengandung bakteri. Bakteri yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan cacat lahir hingga keguguran.

Makanan yang dimaksud di sini adalah daging, telur, dan juga makanan laut. Ibu juga perlu menghindari makan ikan yang mengandung merkuri karena dapat menyebabkan janin mengalami kerusakan otak.

2. Olahraga berat

Tidak hanya olahraga berat saja, ibu juga perlu menghindari aktivitas berat. Contoh olahraga berat yang tidak disarankan adalah olahraga melompat atau bersepeda. Ibu dapat berolahraga yang lebih aman, seperti jalan kaki, yoga, dan aerobic yang dibuat khusus untuk ibu hamil.

3. Merokok dan Minum Alkohol

Ibu sebaiknya menghindari untuk merokok karena dapat merusak jaringan pada janin. Janin juga beresiko cacat lahir, berat badan lahir rendah, keguguran, lahir premature, bahkan terkena sindrom kematian bayi mendadak lebih tinggi.

Selain merokok, pantangan hamil muda lainnya adalah minum alkohol. Ibu yang minum alkohol saat sedang hamil muda, dapat meningkatkan gangguan pada janin, seperti keguguran, lahit mati, dan juga cacat perilaku danintelektual atau FASDs.

Baca Juga  Berapa Lama Diare pada Bayi Sembuh? Ini Cara Mengatasinya

4. Minum Sembarangan Obat

Ibu hamil disarankan untuk meminum obat setelah mendapatkan resep dokter. Meminum obat tertentu dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika terdapat masalah pada kesehatan.

5. Stres

Ibu hamil muda sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat mengundang emosi negatif. Sebenarnya ketika hamil, ibu rentan mengalami perubahan mood dan itu adalah hal yang wajar. Namun, sebaiknya dikendalikan agar tidak menjadi stress. Ibu hamil muda yang mengalami stress akan membuat asupan oksigen dan nutrisi berkurang pada janin dan dapat berakhir kematian janin.

Untuk mencegahnya, ibu dapat bercerita dengan orang terdekat atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jika tidak ada perubahan hingga mengganggu aktivitas, ibu disarankan untuk mengunjungi psikolog atau psikiater.

6. Membersihkan Kotoran Hewan

Tidak masalah jika ibu memiliki hewan peliharaan, tetapi ibu hamil tidak disarankan untuk bersentuhan langsung atau membersihkan kotoran hewan. Kotoran hewan memiliki banyak parasite yang dapat berbahaya bagi ibu dan janin. Bahkan ibu yang terinfeksi sebelum hamil akan beresiko keguguran ataupun memiliki masalah penglihatan pada janin.

Anjuran Hamil Muda

Ketika ibu sedang hamil muda, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan agar  janin berkembang dengan baik hingga proses persalinan nanti.

Beberapa anjuran untuk ibu yang tengah hamil trimester pertama adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi suplemen kehamilan

Ketika hamil muda, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi suplemen kehamilan agar asupan gizi dan vitamin tetap terpenuhi. Suplemen tersebut berguna untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan juga janin.

Namun, sebelum mengkonsumsi suplemen, ada baiknya bila ibu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar mendapatkan suplemen yang tepat dengan dosis yang tepat.

Baca Juga  Gejala Baby Blues: Apa yang Harus Diwaspadai

2. Cukupi kebutuhan air

Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi. Air dapat melancarkan aliran darah dan oksigen dan mampu membantu janin mendapatkan gizi dan nutrisi melewati plasenta. Air yang dimaksud adalah air putih. Ibu juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

3. Mencukupi waktu istirahat

Ketika hamil, maka tubuh akan terasa sangat lelah. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi waktu istirahat. Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas, terlebih saat trimester pertama.

4. Berolahraga teratur

Olahraga dengan teratur dapat membuat ibu hamil lebih mudah menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi ketika trimester pertama dan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat.

Kesimpulan

Selama kehamilan, ibu harus menghindari pantangan hamil muda agar dapat menjaga keselamatan ibu dan janin serta mendorong janin untuk bertumbuh kembang secara optimal.

Selain pantangan di atas, ibu juga tidak disarankan untuk memakan nanas dan durian, meminum susu mentah, dan juga meminum kopi secara berlebihan. Penting pula untuk selalu menjaga berat badan agar ibu tidak terkena diabetes.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?