fbpx

Efek Samping Olahraga Malam untuk Diwaspadai, Ganggu Tidur!

Efek Samping Olahraga Malam untuk Diwaspadai, Ganggu Tidur!

Saat ini, olahraga tak sekadar menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi bisa dijadikan sebagai gaya hidup yang sehat. Bahkan, beberapa orang yang memiliki kesibukan di pagi maupun sore hari cenderung menjadikan olahraga malam sebagai pilihan yang wajar. Namun, sebelum itu, kamu hari tahu beberapa efek samping olahraga malam.

Pasalnya, meskipun bisa memberikan manfaat yang sama dengan olahraga pagi, melakukannya di malam hari juga bisa menimbulkan efek samping. Nah, jika kamu penasaran dengan efek samping olahraga malam, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Manfaat Olahraga Malam

Olahraga adalah kegiatan yang bisa mendatangkan manfaat bagi tubuh maupun mental. Aktivitas ini bisa kamu lakukan kapan saja dan sebaiknya konsisten agar manfaatnya bisa terserap secara optimal.

Adapun beberapa manfaat olahraga malam adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan Performa Terbaik

Salah satu manfaat olahraga malam adalah bisa membantu menghasilkan performa terbaik. Sebab, jumlah kalori yang terbakar saat olahraga pagi boleh jadi sama dengan di malam hari. Kebiasaan dalam menggunakan atau menambah energi setiap hari juga bisa menjadi faktor yang memengaruhinya.

Nah, ketika kamu merasa memiliki banyak energi di malam hari, kemungkinan itu adalah waktu yang efektif untuk menjalani olahraga. Di sisi lain, saat sedang merasa tidak berenergi saat malam, sebaiknya hindari olahraga agar tidak menimbulkan efek samping yang tak kamu inginkan. Dengan begini, performa tubuhmu pun akan lebih terjaga.

2. Menghilangkan Kepenatan

Manfaat olahraga malam lainnya adalah membantu menghilangkan kepenatan dan kelelahan usai beraktivitas sepanjang hari. Usai bekerja, kamu mungkin akan merasa lelah dan stres.

Berolahraga bisa menjadi momen bagimu untuk melampiaskan seluruh rasa penat, hingga stres tersebut. Sebab, aktivitas fisik bisa membantu melepaskan hormon kortisol yang dapat membantu menyediakan energi serta mengendalikan stres. Dengan begini, kamu pun juga bisa tidur secara lebih nyenyak.

Baca Juga  Alat Tes Kehamilan: Panduan Pemilihan yang Tepat

3. Metabolisme Lebih Lancar

Manfaat olahraga malam selanjutnya adalah membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Sebab, aktivitas fisik cenderung lebih produktif saat suhu tubuh meningkat. Suhu tubuh umumnya bisa meningkat saat kamu melakukan olahraga atau beraktivitas di siang hingga malam hari. Selain itu, otot juga akan lebih fleksibel dan membantu meningkatkan kekuatannya. Dengan begini, olahraga yang kamu jalani saat malam akan lebih berkhasiat.

4. Tidak Terburu-buru

Menjalani olahraga di malam hari umumnya tidak akan membuatmu merasa harus buru-buru. Sebab, kamu memiliki waktu yang fleksibel dan tidak dikejar oleh rutinitas lainnya, seperti bekerja. Untuk itu, olahraga yang kamu jalani pun berpotensi lebih maksimal.

5. Menghindari Kebiasaan Tidak Sehat

Manfaat olahraga malam berikutnya adalah membantu menghindari kebiasaan tidak sehat. Pasalnya, banyak orang yang bermalas-malasan di malam hari dengan sekadar menonton televisi, mengonsumsi camilan, atau melakukan aktivitas santai lainnya. Nah, dengan melakukan olahraga saat malam, kamu bisa membakar kalori berlebih, menurunkan berat badan, hingga mencegah serangan penyakit berbahaya.

6. Penyerapan Nutrisi Lebih Maksimal

Saat melakukan olahraga di malam hari, proses penyerapan nutrisi juga akan lebih maksimal. Manfaat ini bisa kamu peroleh apabila mengonsumsi minuman berprotein usai menjalani olahraga atau sebelum tidur.

Sebab, hal itu akan membuat kadar asam amino dalam tubuh terserap lebih banyak daripada orang yang mengonsumsinya di siang hari. Itu berarti, pencernaan senyawa protein lebih maksimal saat tidur.

Efek Samping Olahraga Malam

Akan tetapi, sekalipun memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, olahraga malam juga bisa berbahaya atau mendatangkan risiko ketika kamu melakukannya dengan cara yang tidak tepat.

Misalnya, melakukan olahraga berdekatan dengan jam tidur maupun dengan intensitas tinggi. Hal itu dapat mengganggu kualitas tidurmu, lho. Berikut ini adalah beberapa efek samping olahraga malam.

Baca Juga  Korset Pengecil Perut, Yuk Kenali Manfaatnya!

1. Mengganggu Kualitas Tidur

Salah satu efek samping olahraga malam adalah bisa mengganggu kualitas tidur. Kondisi ini bisa terjadi akibat peningkatan suhu serta metabolisme tubuh sepanjang berolahraga, sehingga kamu akan lebih terjaga di malam hari. Itulah sebabnya, sebaiknya kamu tidak berolahraga sejam sebelum tidur. 

Di samping itu, pemilihan jenis olahraga malam juga bisa memengaruhi pola tidurmu. Sebaiknya, kamu menghindari beberapa jenis olahraga yang memiliki intensitas tinggi, misalnya senam aerobik. Sebab, olahraga jenis ini dapat memicu peningkatan suhu tubuh.

Di sisi lain, kamu bisa dapat memilih olahraga dengan intensitas ringan, misalnya adalah peregangan tubuh, yoga, maupun jalan santai. Tak hanya itu, kamu perlu menghindari asupan minuman berkafein sejak sore sampai malam hari agar tidak mengganggu kualitas tidurmu atau kesulitan beristirahat.

2. Olahraga Sering Tertunda

Efek samping olahraga malam berikutnya adalah latihan fisik bisa saja sering tertunda. Sebab, malam hari bisa jadi adalah momen yang pas untuk berkumpul bersama keluarga maupun teman, terlebih lagi jika acara tersebut sudah terjadwalkan. Akibatnya, kamu pun harus menunda olahraga dan menyebabkan sulit untuk konsisten.

3. Sudah Kehabisan Energi

Efek samping olahraga malam yang terakhir adalah kamu kemungkinan sudah kehabisan energi dan semangat untuk melakukan aktivitas fisik. Sebab, seharian kamu sudah berurusan dengan tumpukan pekerjaan, sehingga energi sudah terkuras saat malam hari. Hal ini juga bisa berdampak pada kurang konsistennya olahraga harian.

Penutup

Itulah sederet manfaat dan efek samping olahraga malam. Pada dasarnya, selama kamu melakukannya di waktu dan durasi yang tepat, olahraga tetap bisa membawa manfaat. Maka dari itu, sebaiknya saat memutuskan untuk berolahraga di malam hari, jangan terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping. Nah, jika ingin mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk malam hari, yuk simak selengkapnya dalam kanal New Life!

Baca Juga  Apakah Ibu Hamil Boleh Berenang? Ini Manfaat & Tips agar Aman
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?