fbpx

Berikut Tanda-Tanda Kehamilan Muda

Berikut Tanda Tanda Kehamilan Muda

Sebenarnya tanda tanda kehamilan muda dapat dikenali sejak minggu pertama kehamilan. Namun tidak semua ibu hamil memiliki gejala yang sama. Bahkan bunda dapat mengalami gejala kehamilan yang berbeda selama trimester kehamilan pertama dan kedua. Tanda awal kehamilan muda seringkali mirip dengan gejala pra-menstruasi atau menstruasi. Hal ini mengakibatkan banyak bunda yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil.

Mengidam makanan tertentu sering digunakan untuk mengidentifikasi kehamilan muda. Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang mengidam sesuatu. Terdapat juga tanda tanda kehamilan muda yang sehat lainnya. Pingin tahu lebih lanjut? Cek artikel ini sampai habis ya bunda!

Apa Itu Kehamilan Muda?

Fase kehamilan memiliki tiga trimester, yang mana setiap trimester berlangsung sekitar 13 minggu atau tiga bulan. Kehamilan jangka penuh berlangsung selama 40 minggu, atau sembilan hingga 10 bulan. Kehamilan muda dianggap sebagai trimester pertama, yang dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir hingga minggu ke-13 kehamilan.  

Minggu pertama adalah  menstruasi dan minggu kedua adalah ovulasi. Setelah ovulasi, sel telur yang matang berjalan melalui saluran tuba ke rahim dan bertemu dengan sperma untuk pembuahan. Pada minggu ketiga kehamilan, sel telur yang telah dibuahi bergerak ke dalam rahim dan menempel pada dinding rahim. Pada fase ini, tubuh bunda mulai mengalami beberapa perubahan yang merupakan reaksi tubuh untuk membuat menyadari bahwa bunda sedang hamil. 

Kehamilan muda merupakan tahapan kehamilan yang penting. Ini karena sebagian besar organ utama  dan sistem tubuh janin berkembang selama trimester pertama. Komplikasi yang disebabkan oleh racun, zat berbahaya dan infeksi dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika  kondisi tersebut tidak terkontrol, dapat meningkatkan kemungkinan bayi lahir dengan kelainan bawaan atau cacat.

Baca Juga  Ternyata Ini Dia Fungsi Korset untuk Sakit Pinggang

Tanda Tanda Kehamilan Muda

Berikut adalah rangkuman tanda bunda mengalami kehamilan muda:

1. Areola Muncul Benjolan

Benjolan kecil seperti titik di trimester pertama kehamilan disebut juga tuberkel montgomery. Alan Lindemann, MD, seorang dokter kandungan mengatakan bahwa tuberkel montgomery merupakan kelenjar minyak (sebaceous) yang digunakan sebagai pelumas di area areola. Turbekel Montgomery terlihat seperti bintik-bintik tak berwarna di area papilla. Hal itu disebabkan disebabkan karena pada awal kehamilan oleh perubahan hormonal. Karena itu kondisi ini normal dan dalam banyak kasus tidak memerlukan perhatian medis.

2. Kulit Leher Menggelap

tanda tanda kehamilan muda

Penggelapan kulit atau munculnya bintik-bintik hitam di leher juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan muda. Perubahan kulit ini, juga dikenal sebagai melasma, dapat mempengaruhi hingga setengah dari wanita hamil. Penyebab melasma adalah perubahan hormon selama masa hamil. Dalam kebanyakan kasus, melasma menghilang setelah melahirkan.

3. Mageran

Ibu hamil yang sering mageran biasanya disebut hamil kebo. Istilah lain tersebut ditujukan untuk tanda kehamilan dimana ibu hamil  malas bergerak. Pada umumnya ibu hamil  tidak mengalami keluhan umum lainnya. Belum diketahui secara pasti apa penyebab ibu hamil mengalami mageran atau hamilan kebo. Namun yang pastinya setiap kehamilan bisa berbeda. 

4. Demam

tanda tanda kehamilan muda

Demam bisa menjadi gejala awal kehamilan yang mudah dikenali. Selama kehamilan, suhu tubuh wanita akan meningkat akibat perubahan dramatis pada darah. Aliran darah yang meningkat, terutama ke kulit, bisa membuat tubuh terasa panas, seperti demam. Keadaan ini baik pada tahap awal perkembangan janin. Namun, bunda harus lebih waspada jika mendapati demam dengan suhu sangat tinggi sehingga mengganggu pekerjaan, dan segera mungkin berkonsultasi ke doktor kandunganmu ya!

Baca Juga  Fakta Tentang Hamil Kedua, Apa yang Perlu Diketahui?

5. Sering Mendengkur

Sering mendengkur dapat terjadi selama kehamilan muda. Dalam keadaan normal, mendengkur bisa terjadi akibat peningkatan hormon kehamilan. Selain itu, kenaikan berat badan juga bisa menyebabkan dengkuran saat hamil.

Meski mendengkur itu wajar, sebaiknya dihindari jika mengganggu tidur. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara mendengkur dan kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, kelahiran prematur, dan diabetes gestasional.

6. Sering Buang Air Besar

Perubahan kadar hormon selama kehamilan akan mempengaruhi seberapa baik tubuh bekerja. Perubahan hormonal ini juga memengaruhi kualitas buang air besar selama bunda hamil. Terlalu banyak buang air besar juga bisa menyebabkan diare. Oleh karena itu jika bunda mengalami buang air besar yang parah, bunda dapat mengurangi makanan berserat, dan memperhatikan asupan air putihnya.

7. Kram Perut

Kram perut bisa terjadi pada tahap awal kehamilan, terutama ketika berada diantara usia 1 hingga 4 minggu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah dan perubahan tubuh dalam mempersiapkan bayi. Pada trimester pertama kehamilan,  kram perut dan pendarahan ringan dapat terjadi selama proses implantasi. Saat kehamilan berlanjut, kram perut  kembali terjadi karena tubuh meregang.

8. Sakit Kepala

tanda tanda kehamilan muda

Sakit kepala yang bunda rasakan ketika hamil muda terjadi karena peningkatan aliran darah dan perubahan hormonal. Bunda juga dapat mengalami sakit kepala dan dehidrasi akibat mual ketika berada di kehamilan muda.

9. Perubahan Payudara

Payudara yang menjadi lebih besar juga bisa menjadi tanda kehamilan muda loh bunda. Payudara tidak hanya tampak bengkak, tetapi juga menjadi sangat sensitif dan lunak. Dan juga selama masa kehamilan, payudara bunda akan terus membesar untuk mempersiapkan bunda menyusui si kecil.

Baca Juga  Gejala Baby Blues: Apa yang Harus Diwaspadai

10. Perubahan Raut Wajah

Perubahan ekspresi wajah menjadi salah satu tanda awal kehamilan muda bisa terjadi secara berbeda pada setiap ibu. Hal tersebut dapat disebabkan oleh retensi cairan atau keluarnya hormon estrogen yang menghasilkan cairan dan cadangan di dalam tubuh, salah satunya di wajah.  

Alasan lain mungkin peningkatan aliran darah di kapiler. Wajah wanita hamil mungkin tampak lebih merah dan cerah, dan pipinya mungkin tampak lebih berisi. Selama kehamilan, beberapa perubahan ekspresi wajah dapat terlihat dari hidung bengkak, munculnya melasma, mata bengkak, hilangnya bulu mata dan alis, serta bintik-bintik. Selain itu ibu hamil yang sering mageran biasanya disebut hamil kebo.

Penutup

Itulah tanda-tanda kehamilan muda yang dapat ibu perhatikan ya! Semoga membantu bunda melewati masa kehamilan dengan sehat ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?