fbpx

Daftar Makanan Yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

5 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil, Catat!

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Oleh karena itu, sangat penting bagi Bunda agar memastikan asupan nutrisi ini terpenuhi, salah satunya melalui konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil. Pasalnya, ada berbagai jenis makanan sehat yang kaya akan kandungan kalsium bagi bumil, seperti produk olahan susu.

Nah, kalsium ini berperan untuk menjaga kesehatan tulang Bunda dan janin, sekaligus mencegah risiko komplikasi kehamilan. Untuk mengetahui beberapa rekomendasi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil, yuk simak artikel berikut!

Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil

Sebelum mengetahui lebih lanjut seputar rekomendasi makanan yang mengandung kalsium untuk bumil, sebaiknya cari tahu dulu manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kalsium untuk ibu hamil.

  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil.
  • Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin.
  • Memaksimalkan perkembangan jantung, hati, dan saraf janin.
  • Berperan dalam proses pembekuan darah.
  • Melancarkan peredaran darah pada janin.
  • Mencegah risiko komplikasi kehamilan, seperti hipertensi dan preeklamsia.
  • Meningkatkan peluang bayi lahir sehat.

Makanan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil

Kalsium adalah jenis senyawa mineral makro yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil maupun janin. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

1. Keju

Salah satu makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil adalah keju. Makanan ini kaya akan kandungan kalsium. Bahkan, dalam 100 gram takarannya, terdapat lebih dari 700 mg kalsium. Di samping kalsium, keju juga kaya akan kandungan lemak baik, protein, vitamin A, B12, riboflavin, fosfor, seng, hingga asam lemak omega-3 dan omega-6.

Akan tetapi, dalam mengonsumsinya, Bunda perlu memilih keju yang telah melalui proses pasteurisasi, misalnya keju parmesan, cheddar, maupun keju kambing. Pasalnya, keju tersebut dapat membantu mencegah risiko listeriosis atau keracunan makanan akibat bakteri Listeria monocytogenes.

2. Sayuran Hijau

Kalsium juga dapat Bunda peroleh dari sayuran hijau. Dalam 100 gram sayuran hijau, terkandung setidaknya 200 mg kalsium. Di samping itu, sayuran hijau juga mengandung kalium tinggi, sehingga bisa membantu mengurangi mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan, serta menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Baca Juga  10 Minyak Rambut Bayi untuk Melebatkan Rambut, Yuk Catat!

Bukan hanya itu, sayuran hijau juga mengandung asam folat. Nah, asupan asam folat yang cukup dapat mencegah risiko bayi cacat lahir tabung saraf. Adapun beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk Bunda konsumsi adalah sawi hijau, bayam, kangkung, pakcoy, hingga brokoli.

3. Ikan

Makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil berikutnya adalah ikan. Selain kalsium, ikan juga mengandung asam lemak omega-3, DHA, zat besi, protein, hingga seng yang berperan penting dalam menutrisi tubuh dan mendukung perkembangan janin. Adapun beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil adalah ikan sarden, salmon, dan teri. Akan tetapi, Bunda perlu menghindari konsumsi ikan laut yang tinggi merkuri, karena berbahaya bagi kesehatan kandungan.

4. Kacang-Kacangan

Daftar makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil selanjutnya adalah kacang-kacangan. Konsumsi kacang-kacangan yang cukup dapat membantu mengendalikan nafsu makan, mengurangi rasa mual dan muntah, mengenyangkan perut, menambah energi, hingga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Adapun beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk Bunda adalah kacang almond, biji wijen, kacang kedelai, kacang tanah, hingga buncis.

5. Yoghurt

Makanan yang mengandung kalsium untuk bumil lainnya, yaitu yoghurt. Dalam 100 gram takaran yoghurt rendah lemak dan tanpa rasa, terkandung setidaknya 120 mg kalsium. Di sisi lain, yoghurt ini juga mengandung kalium, protein, serta fosfor yang baik untuk menutrisi tubuh Bunda maupun janin. Adapun beberapa manfaat konsumsi yoghurt adalah membantu mengontrol kenaikan berat badan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, yoghurt juga dapat Bunda sajikan bersama salad, sereal gandum, maupun olahan lainnya.

Takaran Kalsium untuk Ibu Hamil

Kekurangan kalsium adalah kondisi yang perlu Bunda hindari selama kehamilan. Jika kondisi tersebut terjadi, kalsium yang terdapat dalam tubuh akan diambil dari tulang ibu hamil. Akibatnya, Bunda dapat meningkatkan risiko osteoporosis atau masalah tulang lainnya. Selain dari makanan, ibu hamil juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium melalui suplemen khusus maupun susu.

Baca Juga  Mengenal Kantung Kehamilan Kosong, Penyebab, dan Gejalanya

Secara umum, ibu hamil membutuhkan sekitar 1.500 mg kalsium per hari. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya asupan nutrisi ini tidak boleh berlebihan. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2.500 miligram kalsium per hari. Pasalnya, kelebihan kalsium juga dapat menyebabkan berbagai risiko, seperti perut kembung, sembelit, gangguan irama jantung, palpitasi, bahkan batu ginjal.

Terlalu banyak kalsium juga dapat menghambat penyerapan mineral lain yang Bunda perlukan selama masa kehamilan, seperti zinc dan zat besi. Di samping memenuhi kebutuhan kalsium, Bunda juga perlu mencukupi nutrisi lainnya dalam tubuh. Namun, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis, dosis, dan aturan konsumsi nutrisi selama kehamilan untuk memastikan keamanannya. 

Penutup

Demikian berbagai informasi seputar makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil dan tips mengonsumsinya. Untuk memperoleh informasi lain seputar kehamilan, Bunda juga dapat berkunjung ke laman New Life sekarang juga.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?