fbpx

8 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Simak!

8 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Simak!

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungannya. Nah, salah satu nutrisi yang bumil butuhkan adalah vitamin. Maka dari itu, memenuhi nutrisi vitamin ibu hamil penting untuk membantu menjaga kesehatan diri dan menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Selain Bunda peroleh dari makanan, vitamin juga bisa didapatkan dari suplemen. Nah, untuk mengetahui beberapa jenis vitamin ibu hamil, yuk simak artikel berikut ini!

Daftar Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai vitamin yang bumil butuhkan selama masa kehamilan. Berikut ini terdapat beberapa jenis vitamin dan mineral yang baik untuk mendukung masa kehamilan berdasarkan rekomendasi dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG):

  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Vitamin D
  • Asam folat
  • Zat besi
  • Kolin
  • Kalsium
  • Asam lemak omega-3

Pada dasarnya, beberapa jenis suplemen vitamin memang mudah Bunda jumpai di pasaran. Akan tetapi, dalam pemilihannya, penting untuk mempertimbangkan kandungan di dalamnya dan berkonsultasi pada dokter terlebih dulu seputar keamanannya.

Merek Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, vitamin adalah salah satu penunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan dan menjaga kesehatan Bunda. Nah, berikut ini terdapat beberapa merk vitamin ibu hamil yang bagus.

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

vitamin ibu hamil

Salah satu jenis vitamin ibu hamil adalah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Vitamin ini mengandung berbagai nutrisi penting bagi ibu hamil, seperti asam lemak omega-3, asam folat, yodium, zinc, biotin, serta vitamin B2, B12, C, D, dan E. Bukan hanya itu, suplemen ini juga mengandung omega-3 DHA yang dapat membantu mendukung perkembangan sistem saraf serta otak bayi dalam kandungan. Di sisi lain, mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold juga dapat membantu meredakan rasa mual dan menghindari gangguan pencernaan.

Baca Juga  Gerakan Agar Cepat Kontraksi: Tips dan Trik

2. Natures Plus Prenatal

Natures Plus Prenatal juga termasuk sebagai suplemen vitamin ibu hamil yang dapat Bunda konsumsi. Sejumlah kandungan dari Natures Plus Prenatal adalah asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, seng, vitamin A, C, B1, B2, B6, B12, D3, hingga E. Adapun beberapa manfaat konsumsi vitamin ini adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, mendukung pertumbuhan janin, meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon pertumbuhan, serta memperkuat sistem imunitas tubuh.

3. Promavit

Promavit juga termasuk sebagai vitamin yang baik bagi bumil. Suplemen ini mengandung beberapa nutrisi, seperti asam folat, kalsium karbonat, zat besi, DHA, EPA, asam lemak omega-3, minyak tuna, hingga vitamin A, B6, B12, dan D3. Adapun sejumlah manfaat konsumsinya adalah membantu mendukung perkembangan janin dengan menyediakan vitamin dan mineral esensial bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, Promavit juga mengandung omega-3, DHA, dan EPA, yang berperan dalam mengurangi risiko kelahiran prematur.

4. Folamil Genio

Merek vitamin ibu hamil yang bagus selanjutnya, yaitu Folamil Genio. Suplemen ini mengandung multivitamin, mineral, serta DHA yang Bunda perlukan selama masa kehamilan. Kandungan betakaroten dalam Folamil Genio juga berperan dalam mengurangi risiko bayi cacat lahir. Di sisi lain, Folamil Genio mengandung 10.000 IU betakaroten, sehingga aman untuk Bunda konsumsi. Pasalnya, kelebihan betakaroten juga tak baik untuk kesehatan. Di samping, memenuhi kebutuhan nutrisi bumil, suplemen ini juga dapat Bunda konsumsi selama menyusui.

5. Formom

Formom adalah salah satu merk vitamin yang bisa Bunda konsumsi untuk menjaga asupan nutrisi tambahan. Pasalnya, suplemen ini mengandung beberapa nutrisi, seperti kalsium laktat, kalsium pantotenat, vitamin A, asam folat, vitamin B1, hingga betakaroten. Suplemen kaplet khusus untuk ibu hamil ini juga dapat Bunda konsumsi selama masa menyusui untuk membantu menambah nutrisi dalam ASI.

Baca Juga  10 Rekomendasi Obat Pilek untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

6. Vitabiotics Pregnacare Plus

Merk vitamin untuk Bumil selanjutnya, yaitu Vitabiotics Pregnacare Plus. Suplemen ini bukan hanya mengandung multivitamin, tetapi juga magnesium, zat besi, hingga seng. Pregnacare Plus ini bukan hanya membantu menjaga kesehatan Bunda selama masa kehamilan, tetapi juga mendukung perkembangan mata dan otak bayi dalam kandungan.

7. Nutrimax Mother

Nutrimax Mother adalah suplemen yang mengandung vitamin A, B1, B5, B6, B12, kalsium askrobat, asam folat, biotin, hingga niasin. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, tetapi juga dapat Bunda konsumsi saat program hamil dan masa menyusui. Suplemen ini membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental bayi, mencegah persalinan prematur, mengurangi risiko berat bayi lahir rendah, serta mencegah kerusakan sel saraf otak janin. Adapun dosis yang disarankan adalah satu kali sehari.

8. Osfit Platinum

Merk vitamin ibu hamil selanjutnya adalah Osfit Platinum. Suplemen ini mengandung beberapa jenis vitamin, seperti niasin, asam folat, betakaroten, kalsium karbonat, seng, minyak ikan, vitamin B1, B2, B12, C, hingga D3. Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan bumil, menyusui, dan menunjang tumbuh kembang janin.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai rekomendasi suplemen vitamin ibu hamil. Setiap merek suplemen ini memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh ibu serta janin selama kehamilan. Pastikan untuk memenuhi asupan makanan bernutrisi pula.

Jika terdapat kekhawatiran atau pertimbangan khusus dalam mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk rekomendasi yang lebih tepat. Bunda juga dapat mengetahui informasi lain mengenai tips kehamilan di blog New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?