fbpx

7 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Yang Aman Dikonsumsi

7 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Selama masa kehamilan, mengonsumsi makanan sehat adalah hal penting bagi ibu untuk mencukupi kebutuhan gizinya maupun sang buah hati dalam kandungan. Itulah mengapa, mengetahui beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil adalah hal penting.

Nah, artikel ini akan membahas makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Untuk itu, yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini! 

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Selama hamil, makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh Bunda adalah makanan bernutrisi. Adapun beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi adalah sebagai berikut.

1. Sayuran Hijau dan Kacang-Kacangan

makanan sehat untuk ibu hamil

Salah satu rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kangkung kaya akan kandungan asam folat, serat, dan zat besi. Nah, asam folat sendiri penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin, sementara zat besi berperan dalam membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Selain sayuran hijau, ibu hamil juga bisa mengonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan. Misalnya adalah kacang merah, kacang hitam, dan lentil. Sebab, kacang-kacangan juga termasuk sumber protein nabati dan serat yang penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

2. Buah-buahan Beri dan Jeruk

makanan sehat untuk ibu hamil

Jenis makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah buah-buahan beri serta jeruk. Buah-buahan beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung banyak antioksidan, vitamin C, dan serat.

Antioksidan yang terkandung dalam buah beri membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, sedangkan vitamin C penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, jeruk juga termasuk jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan asam folat, sehingga baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Puasa? Ini Tips untuk Busui Agar Aman

3. Ikan Salmon dan Sumber Omega-3 Lainnya

makanan sehat untuk ibu hamil

Ikan salmon adalah makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Nah, asam lemak omega-3 ini berperan untuk menunjang perkembangan otak dan mata janin.

Selain salmon, ikan lain seperti sarden, tuna, dan trout juga mengandung omega-3. Namun, hindari ikan dengan tingkat merkuri tinggi seperti hiu dan tuna sirip kuning, karena membahayakan kesehatan janin.

4. Produk Susu dan Kalsium

makanan sehat untuk ibu hamil

Produk susu, seperti susu, yogurt, dan keju adalah juga tergolong sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Pasalnya, produk susu adalah sumber kalsium yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Selain itu, produk susu juga mengandung protein dan vitamin D yang penting untuk kesehatan ibu dan janin.

5. Biji-bijian Utuh dan Karbohidrat Kompleks

makanan sehat untuk ibu hamil

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks yang dapat menambah energi pada ibu hamil, sehingga bumil tak akan mudah lelah. Selain itu, biji-bijian utuh juga berperan dalam membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Tak hanya itu, karbohidrat kompleks juga mengandung serat, vitamin B, dan mineral penting. Nah, dengan sejumlah kandungan tersebut, sistem pencernaan ibu akan terjaga dan mengurangi risiko sembelit.

6. Makanan Kaya Protein

makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk bumil lainnya adalah makanan yang mengandung protein. Sebab, protein berfungsi untuk mendorong tumbuh kembang sel dan jaringan tubuh bayi sekaligus memberikan energi bagi ibu hamil. Adapun beberapa sumber protein yang baik untuk ibu hamil adalah daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Pastikan Bunda selalu memasukkan variasi sumber protein dalam diet harian agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal.

Baca Juga  7 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi, Catat!

7. Makanan Kaya Zat Besi

makanan sehat untuk ibu hamil

Selain berbagai kandungan nutrisi di atas, zat besi juga termasuk sebagai senyawa yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebab, zat besi bisa membantu mencegah anemia selama kehamilan dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Adapun beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi, yaitu daging merah, hati, biji labu, dan kacang-kacangan. Kombinasikan dengan makanan kaya vitamin C, seperti jeruk untuk membantu penyerapan zat besi.

Perhatikan Kebutuhan Individu 

Setiap kehamilan adalah unik, dan kebutuhan gizi dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu dan perkembangan janin. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi khusus sesuai dengan keadaan Bunda.

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah kunci untuk kehamilan yang sehat dan perkembangan janin yang optimal. Dengan memasukkan berbagai makanan sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan beri, ikan salmon, produk susu, biji-bijian utuh, makanan kaya protein, dan makanan kaya zat besi dalam diet harian, Bunda dapat memastikan kecukupan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.

Kesimpulan

Demikian beberapa informasi seputar rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Nah, sebelum mengonsumsi sejumlah makanan di atas, pastikan bahwa Bunda telah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan nasihat khusus dan memastikan bahwa kehamilan Bunda berjalan dengan baik dan sehat.

Dengan memperhatikan gizi, artinya Bunda sedang berinvestasi dalam kesehatan diri sendiri dan buah hati. Semoga artikel terkait makanan sehat untuk ibu hamil membantu Bunda selama masa kehamilan ya! Kunjungi blog New Life untuk memperoleh informasi lain seputar kehamilan.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?