fbpx

Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai, Catat!

Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai, Catat!

Pada dasarnya, setiap ibu hamil ingin menjalani persalinan normal. Namun, ketika menderita ambeien, tentu persalinan normal akan membuat ibu merasa khawatir. Lantas, apa bahaya ambeien pada ibu hamil dan akankah berdampak pada persalinan?

Umumnya, ambeien bukan penyakit berbahaya bagi ibu hamil. Akan tetapi, hal itu akan membuat ibu merasa nyeri hebat ketika sedang mengejan. Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai bahaya ambeien pada ibu hamil, simak artikel berikut ini!

Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien atau hemoroid adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah vena yang timbul di area rektum. Kondisi ini bisa terjadi di dalam atau luar area anus. Umumnya, ambeien akan membuat ibu merasa tidak nyaman, gatal, nyeri saat mengejan, hingga pendarahan setelah buang air besar. 

Adapun penyebab ambeien pada ibu hamil adalah karena peningkatan hormon progesteron dan bertambahnya ukuran janin dalam rahim, sehingga dapat menekan area pembuluh darah di panggul. Hal itu akan membuat sirkulasi darah di anus menjadi tidak lancar dan berakibat pada tumbuhnya hemoroid. Lantas, apa bahaya ambeien pada ibu hamil? Dalam kondisi normal, ambeien pada ibu hamil akan menimbulkan sejumlah gejala, antara lain, yaitu.

  • Timbul benjolan di sekitar anus.
  • Keluarnya darah dari anus pada feses atau menetes ketika buang air besar.
  • Timbul rasa sakit dan nyeri ketika sedang mengejan saat buang air besar.
  • Mengalami pembengkakan.
  • Terasa gatal di area ambeien.
  • Area anus terasa perih, panah, hingga muncul sensasi terbakar.

Bahaya ambeien pada ibu hamil yang tidak segera mendapatkan penanganan bisa menimbulkan trombosis atau pembekuan darah. Hal ini bisa terjadi pada kasus ambeien luar. Alhasil, pembengkakan ambeien akan terasa lebih keras, menyakitkan, dan meradang. Di samping itu, komplikasi ambeien juga dapat menimbulkan prolaps atau keluar dari anus serta jumlahnya yang menjadi lebih banyak.

Baca Juga  Penyebab Air Ketuban Hijau dan Risiko saat Bayi Menelannya

Beberapa ibu hamil mungkin akan khawatir apakah bisa melahirkan normal apabila mengalami ambeien. Pada dasarnya, ambeien tidak membahayakan janin dan letaknya pun berada di anus, sehingga tidak menghalangi jalan lahir. Pembengkakan ambeien yang cukup besar mungkin bisa mengakibatkan pendarahan ketika proses lahiran normal. Meski begitu, Moms tak perlu cemas, karena ambeien umumnya akan berangsur membaik pasca persalinan.

Cara Melahirkan Normal bagi Penderita Ambeien

Pada dasarnya, ibu hamil yang mengalami ambeien ringan masih mungkin untuk menjalani lahiran normal. Di samping itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan atau memberikan pengobatan terhadap ambeien saat masih dalam masa kehamilan untuk membantu mengurangi gejalanya.

Adapun cara melahirkan normal bagi penderita ambeien adalah sebagai berikut:

1. Selektif dalam Memilih Makanan

Salah satu cara melahirkan normal bagi penderita ambeien adalah selektif dalam memilih makanan sehari-hari. Ibu bisa memperbanyak asupan serat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran hijau.

Di samping itu, hindari konsumsi makanan berminyak dan pedas, karena bisa memperparah kondisi ambeien. Selain itu, ibu juga perlu mengonsumsi air putih yang cukup. Tujuannya adalah untuk melembutkan feses dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Membiasakan Diri untuk BAB di Pagi Hari

Cara melahirkan normal bagi penderita ambeien selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk BAB di pagi hari atau setelah sarapan. Pasalnya, pada waktu tersebut, aktivitas gerak peristaltik di bagian usus sedang mencapai puncaknya.

Dengan melatih kebiasaan buang air besar secara rutin, maka ibu bisa menghindari terjadinya sembelit dan memudahkan keluarnya feses.

3. Menggunakan Laksatif

Apabila beberapa cara di atas masih belum membantu ibu untuk mengatasi ambeien. Cara mengobati ambeien yang bisa ibu terapkan lainnya adalah menggunakan pelembut feses atau laksatif yang aman untuk ibu hamil.

Baca Juga  Mengenal Bayi Kuning, Penyebab, Gejala, & Cara Mengatasinya

Dalam penggunaannya, ibu bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dulu. Adapun beberapa jenis laksatif yang aman untuk ibu hamil adalah mengandung polikarbofil, metil selulosa, psyllium, polietilen glikol, gliserin, bisakodil, hingga laktulosa.

4. Penggunaan Obat Topikal

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil agar bisa lahiran normal lainnya adalah menggunakan obat topikal. Cara ini bisa ibu lakukan apabila mengalami ambeien eksternal. Namun, dalam penggunaannya, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

5. Terapi Khusus

Cara melahirkan normal pada penderita ambeien yang terakhir adalah dengan menjalani terapi khusus. Hal ini bisa ibu lakukan apabila beberapa cara di atas tidak membuat perubahan pada ambeien.

Untuk itu, ibu membutuhkan terapi khusus yang lebih agresif, seperti krioterapi, skleroterapi, hingga pembedahan. Akan tetapi, terapi khusus ini umumnya akan dijalani setelah melahirkan demi menghindari risiko komplikasi.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai bahaya ambeien pada ibu hamil dan cara melahirkan normal. Pada dasarnya, ambeien bukan kondisi berbahaya bagi ibu hamil dan persalinan normal tetap bisa bumil jalani. Akan tetapi, ibu hamil yang menderita ambeien dan menjalani persalinan normal cenderung berisiko memperparah pembengkakan wasirnya akibat mengejan.

Maka dari itu, jika ingin menjalani persalinan normal yang aman, bumil bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dulu. Nah, untuk mengetahui tips persiapan persalinan normal bagi ibu hamil, kunjungi situs New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?