fbpx

8 Tanda-Tanda Persalinan Normal yang Perlu Disadari, Catat!

8 Tanda-Tanda Persalinan Normal yang Perlu Disadari, Catat!

Para wanita yang baru pertama kali hamil mungkin akan bertanya-tanya mengenai tanda-tanda persalinan normal sudah dekat. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena tubuh umumnya akan memberikan sinyal saat hendak mendekati masa persalinan.

Salah satu tanda persalinan normal sudah dekat adalah posisi bayi berubah. Pada awalnya, saat mendekati waktu melahirkan, bayi akan mulai merosot ke panggul.

Nah, untuk mengetahui tanda-tanda persalinan normal lainnya, baca artikel ini sampai selesai.

Tanda-Tanda Persalinan Normal

Menjalani persalinan normal adalah keinginan setiap ibu hamil. Maka dari itu, mengetahui beberapa tanda menjelang persalinan adalah hal penting agar ibu lebih waspada. Adapun tanda-tanda persalinan normal sudah dekat adalah.

1. Perubahan Posisi Bayi

Salah satu tanda-tanda persalinan normal sudah dekat adalah posisi bayi mulai berubah. Biasanya, bayi akan mulai turun ke area panggul dengan posisi kepala di bawah. Pergerakan bayi tersebut adalah sinyal bahwa dirinya sudah siap untuk keluar atau dilahirkan.

2. Leher Rahim Terbuka dan Menipis

Menjelang melahirkan leher rahim juga mulai terbuka. Pada dasarnya, proses pembukaan ini akan terjadi hingga 10 jari atau 10 cm. Apabila hal itu terjadi, berarti bayi sudah siap untuk dilahirkan.

Selain pembukaan, leher rahim juga akan melebar serta menipis selama proses melahirkan. Kondisi ini bisa membuat ibu kurang nyaman. Di samping itu, kontraksi juga akan terasa dengan kekuatan yang lemah.

3. Nyeri Punggung dan Kram Perut

Tanda-tanda persalinan normal sudah dekat berikutnya adalah ibu akan mengalami nyeri punggung dan kram perut. Selain itu, tubuh bagian bawah ibu, seperti paha juga bisa mengalami nyeri. Hal ini karena otot dalam tubuh sedang meregang akibat gerakan janin.

Baca Juga  Fakta Tentang Hamil Kedua, Apa yang Perlu Diketahui?

4. Pernapasan Lancar

Tanda-tanda menjelang persalinan normal lainnya adalah pernapasan menjadi lebih lancar akibat berkurangnya tekanan pada diafragma. Pasalnya, janin yang sebelumnya menekan diafragma akan turun ke bawah, sehingga sistem pernapasan pun menjadi lebih lancar.

5. Perubahan Energi dan Suasana Hati 

Saat hamil, ibu akan mengalami perubahan secara fisik, terutama perut yang membesar. Kondisi ini kerap menimbulkan gangguan pencernaan dan nyeri punggung karena pertambahan beban. Selain itu, energi ibu juga cenderung menurun dan sulit tidur nyenyak di malam hari.

Tak hanya dari segi fisik saja, suasana hati ibu juga mudah berubah. Pasalnya, masa kehamilan menyebabkan kadar hormon kewanitaan dalam tubuh mengalami perubahan, sehingga suasana hati pun menjadi kurang stabil. Maka dari itu, ibu perlu menjaga kesehatan tubuh dan mengelola stres dengan baik.

6. Keputihan

Menjelang melahirkan, ibu juga akan mengalami keputihan atau keluarnya lendir kental dari vagina. Lendir ini memiliki warna putih yang bercampur sedikit darah, sehingga tampak kecokelatan atau merah muda. Fungsi dari lendir tersebut adalah sebagai sumbatan pada leher rahim.

Akan tetapi, akibat dorongan dari bayi dan terbukanya leher rahim, cairan lendir tersebut akan terlepas. Hal ini termasuk tanda-tanda normal menjelang persalinan. Namun, jika lendir yang keluar disertai banyak darah, maka ibu perlu kontrol ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

7. Kontraksi

Tanda-tanda persalinan normal semakin dekat lainnya adalah ibu mengalami kontraksi. Kontraksi sendiri bisa berupa Braxton Hicks atau kontraksi palsu dan kontraksi asli. Braxton Hicks akan terjadi secara tidak teratur dan ini biasanya dialami ibu saat memasuki trimester kedua.

Sementara itu, kontraksi asli akan terjadi pada akhir trimester ketiga, lebih teratur, dan cukup kuat. Saat ini terjadi, biasanya ibu akan merasa tidak nyaman di area punggung maupun perut bagian bawah.

Baca Juga  7 Toko Baby Shop Jakarta Termurah dan Terlengkap, Yuk Catat!

8. Air Ketuban Pecah

Tanda-tanda persalinan normal semakin dekat yang terakhir adalah pecahnya air ketuban. Pada dasarnya, ketuban berfungsi sebagai pelindung bayi selama dalam kandungan. Mayoritas kasus, persalinan akan berlangsung beberapa jam setelah pecahnya air ketuban.

Dalam kasus lain, ibu juga bisa melahirkan seiring dengan pecahnya air ketuban. Biasanya, air ketuban sendiri akan keluar perlahan-lahan dan terasa seperti sedang mengeluarkan urine.

Tips Menjaga Kehamilan Menjelang Persalinan

Masa kehamilan mungkin bisa membuat ibu merasa lelah dan kehabisan tenaga. Maka dari itu, ibu perlu menjaga kesehatan agar dapat melangsungkan persalinan normal. Adapun beberapa tips menjaga kehamilan menjelang persalinan adalah sebagai berikut.

  • Mencukupi waktu istirahat dan berbaring agar tubuh lebih rileks.
  • Memijat tubuh dengan pelan serta aman agar otak lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri.
  • Minum air mineral dengan cukup, minimal 8 gelas per hari.
  • Mencukupi nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi.
  • Berkonsultasi ke dokter.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar tanda-tanda persalinan normal yang perlu ibu ketahui dan tips menjaga kehamilan agar proses lahiran lancar. Dengan mengetahui beberapa informasi seputar tanda lahiran normal, ibu bisa lebih mewaspadai apabila terjadi komplikasi agar dapat segera ditangani.

Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan kondisi tubuh agar senantiasa fit selama masa kehamilan. Pasalnya, ibu bukan hanya perlu memenuhi nutrisi untuk diri sendiri, tetapi juga bagi bayi dalam kandungan. Maka dari itu, yuk jaga kesehatan menjelang persalinan! Untuk memperoleh informasi lainnya, kunjungi blog New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?