fbpx

9 Sayur yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Bisa Melancarkan ASI!

9 Sayur yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Bisa Melancarkan ASI!

Pada dasarnya, makanan yang busui konsumsi setiap hari bisa memengaruhi produksi dan kualitas ASi. Itulah sebabnya, mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayur yang bagus untuk ibu menyusui bisa membantu menjaga kualitas ASI. Sebab, sayur mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan ibu maupun bayi.

Lantas, apa saja jenis sayur yang bagus untuk ibu menyusui? Jika ingin mengetahui rekomendasi sayurannya, yuk simak selengkapnya dalam tulisan berikut!

Jenis Sayur yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Pada umumnya, sayuran mengandung berbagai nutrisi yang bisa mendukung kesehatan tubuh, mulai dari vitamin, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat, fosfor, zat besi, beta karoten, kalium, seng, dan nutrisi lainnya.

Berbagai nutrisi tersebut tentu dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan mendukung pertumbuhan bayi. Berikut ini adalah beberapa jenis sayur yang bagus untuk ibu menyusui.

1. Bayam

Salah satu sayur yang bagus untuk ibu menyusui adalah bayam. Sayuran hijau ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk busui maupun bayi, mulai dari zat besi, kalsium, vitamin A, E, K, asam folat, hingga serat.

Namun, ibu perlu memperhatikan bahwa bayam yang masih mentah mengandung asam oksalat yang bisa mengganggu proses penyerapan kalsium serta zat besi. Maka dari itu, sebaiknya ibu mengonsumsi bayam yang sudah melalui proses pengolahan matang.

2. Okra

Okra adalah jenis sayuran yang memiliki lendir kental dan ternyata baik bagi busui. Pasalnya, sayuran ini memiliki berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, hingga seng.

Berbagai kandungan nutrisi tersebut bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan memaksimalkan tumbuh kembang bayi. 

3. Asparagus

Jenis sayur yang bagus untuk ibu menyusui lainnya adalah asparagus. Sayuran ini adalah sumber serat yang baik, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, asparagus juga memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti vitamin A, C, E, K, B12, kromium, dan folat yang baik bagi busui maupun bayi.

Baca Juga  Bayi Melintang: Pengertian, Jenis, dan Cara Memperbaikinya

Kandungan vitamin B12 dan asam folat dalam asparagus bisa membantu mendukung perkembangan otak bayi dan mencegah kerusakan sistem kognitifnya. Di samping itu, asparagus juga mengandung triptofan yang bisa merangsang produksi prolaktin untuk melancarkan produksi ASI.

4. Daun Katuk

Daun katuk adalah jenis sayuran pelancar ASI yang bagi bagi busui. Sayuran ini mengandung beberapa nutrisi baik, seperti kalsium, karbohidrat, serat, lemak, protein, zat besi, fosfor, kalium, vitamin C, zinc, hingga beta karoten.

Daun katuk juga mengandung fitosterol serta papaverine yang berperan dalam memproduksi hormon prolaktin dan oksitosin, sehingga ASI ibu lebih lancar.

5. Kangkung

Kangkung juga termasuk jenis sayur untuk ibu menyusui yang menyehatkan. Sayuran hijau ini mengandung beberapa nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, kalium, serat, zat besi, fosfor, hingga vitamin C.

Dengan berbagai nutrisi tersebut, asupan kangkung yang cukup bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan produksi ASI.

6. Selada

Jenis sayuran yang bagus untuk busui berikutnya adalah selada. Sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori, sehingga dapat membantu menambah cairan dalam tubuh. Di samping itu, selada juga mengandung fosfor, kalium, zat besi, kalsium, seng, hingga berbagai jenis vitamin yang penting untuk tubuh. 

Kandungan zat besi dalam selada bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh, mencegah anemia, dan mendukung kognitif si kecil. Nah, untuk mengonsumsinya, selada bisa ibu olah menjadi roti lapis atau memakannya sebagai lalapan bersama makanan lainnya.

7. Kentang

Sayuran yang bagus untuk busui lainnya adalah kentang. Sayuran ini kaya akan kandungan karbohidrat yang bisa membantu menambah energi ibu dan menjaga perut agar kenyang lebih lama.

Baca Juga  Korset New Life, Rekomendasi Korset Ibu Melahirkan Terbaik

Kentang juga mengandung serat yang bagi sistem pencernaan. Ibu bisa mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi bersama lauk, seperti ayam maupun telur.

8. Brokoli

Jenis sayur yang baik untuk busui konsumsi selanjutnya adalah brokoli. Sayuran ini bisa membantu menjaga kesehatan otot dan mengurangi rasa pegal pada tubuh akibat kurang tidur atau tingginya rutinitas harian. Hal itu terjadi lantaran brokoli mengandung kalium. Di samping itu, kandungan kalium dalam brokoli juga bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan meningkatkan produksi ASI.

9. Tomat

Sayur yang bagus untuk ibu menyusui terakhir adalah tomat. Secara teknis, tomat memang tergolong jenis buah. Akan tetapi, tomat juga kerap diolah menjadi sayuran yang bergizi.

Makanan ini memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk busui maupun bayi, mulai dari asam folat, vitamin A, C, beta karoten, likopen, asam alfa lipoat, hingga lutein. Dengan beberapa kandungan tersebut, nutrisi dalam ASI pun bisa tetap terjaga.

Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Selain mengonsumsi sayur untuk mendukung kelancaran ASI, ibu juga perlu menghindari beberapa jenis makanan. Pasalnya, asupan makanan atau minuman ini secara berlebihan bisa memberikan dampak negatif bagi ibu maupun bayi.

Adapun beberapa makanan atau minuman yang perlu ibu menyusui hindari adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi kafein yang berlebihan bisa mengganggu kualitas tidur bayi dan menghambat proses metabolisme tubuh. Jadi, apabila ingin mengonsumsinya, ibu bisa minum sekitar 2-3 cangkir dalam sehari.
  • Minum alkohol bisa menurunkan asupan ASI, mengganggu tidur bayi, hingga berdampak negatif bagi kesehatan si kecil.
  • Mengonsumsi susu sapi, karena bisa memberikan dampak negatif bagi bayi yang memiliki alergi susu sapi. Untuk itu, sebelum mengonsumsi susu sapi, ibu perlu memeriksakan alergi bayi terlebih dulu.
Baca Juga  5 Toko Grosir Perlengkapan Bayi Makassar yang Murah, Simak!

Pada dasarnya, tidak ada makanan atau minuman yang perlu benar-benar ibu hindari selama masa menyusui. Akan tetapi, asupan makanan yang berlebihan justru bisa memberikan efek buruk bagi tubuh ibu maupun si kecil. Maka dari itu, ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai sayur yang bagus untuk ibu menyusui dan pantangan makanan untuk busui hindari. Pada dasarnya, setiap sayuran boleh busui makan selama dalam takaran yang tepat.

Di samping mengonsumsi sayuran, busui juga perlu makan atau minum sumber nutrisi lainnya, misalnya susu, buah, daging tanpa lemak, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa kesehatan ke dokter. Untuk itu, yuk selalu perhatikan makanan yang busui konsumsi bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?