fbpx

Segudang Manfaat Jus Mangga untuk Ibu Hamil

Jus mangga untuk ibu hamil dapat menjadi tambahan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat bagi ibu hamil dan janinnya. Selama masa kehamilan, seringkali ibu hamil menginginkan makanan atau minuman dengan rasa manis dan asam. Ibu hamil sebenarnya diperbolehkan untuk mengonsumsi mangga selama tidak berlebihan. 

Buah mangga relatif aman untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang selama kehamilan. Bahkan jus mangga adalah salah satu pilihan yang memenuhi kedua rasa tersebut dan sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Kandungan Jus Mangga untuk Ibu Hamil

Buah mangga memiliki kandungan nutrisi penting seperti Vitamin A, Vitamin C, zat besi, Vitamin B6, kalium, folat, dan serat. Semua nutrisi ini sangat diperlukan selama kehamilan.

  1. Vitamin A: bermanfaat untuk kesehatan kulit, mata, dan perkembangan organ janin seperti jantung, paru-paru, dan ginjal. Selain itu, juga memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil dan memperbaiki jaringan tubuh setelah melahirkan.
  2. Vitamin C: diperlukan untuk memproduksi kolagen, protein dalam tubuh yang penting untuk pembentukan jaringan kulit, tulang, dan jaringan ikat. Vitamin C juga membantu dalam penyembuhan luka dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  3. Zat besi: sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah dan mencegah anemia selama kehamilan.
  4. Vitamin B6: mendukung perkembangan otak dan sistem saraf janin, juga dapat membantu mengatasi morning sickness dan menjaga kadar gula darah ibu hamil stabil.
  5. Kalium: membantu mencegah kram kaki dan mengatur kontraksi otot tubuh.
  6. Folat: sangat penting dalam mendukung perkembangan saraf dan otak janin, serta mencegah cacat lahir pada saraf tulang belakang bayi. Folat juga menurunkan risiko anemia pada ibu hamil.
  7. Serat: diperlukan untuk mencegah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.
Baca Juga  Makanan yang Menyebabkan Keguguran, Apa Saja?

Itulah beberapa kandungan yang ada didalam jus mangaa. Perlu di ingat bahwa untuk mengonsumsi jus mangga tetap pada batas wajar ya.

Manfaat Jus Mangga untuk Ibu Hamil

Jus mangga direkomendasikan karena kandungannya yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi mangga selama kehamilan:

1. Mengatasi Morning Sickness

Seringkali, ibu hamil mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual, muntah, dan penurunan nafsu makan. Mangga yang memiliki rasa asam dapat membantu mengatasi gejala ini.

2. Memenuhi Kebutuhan Serat dan Vitamin C

Mangga mengandung vitamin C dan serat, sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, terutama jika ibu hamil sulit makan karena mual.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan vitamin C dalam mangga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi risiko gangguan pada aliran darah selama kehamilan. Ini penting karena kehamilan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

4. Mengatasi Sembelit

Mengonsumsi mangga dapat membantu meredakan sembelit yang sering dialami ibu hamil. Kandungan seratdan alkali dalam mangga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

5. Melawan Radikal Bebas

Mangga mengandung fitonutrien seperti karotenoid dan polifenol yang memiliki manfaat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Mangga yang kaya serat dapat membantu mencegah risiko sembelit selama kehamilan.

7. Meningkatkan Metabolisme

Mangga dapat meningkatkan metabolisme, membantu tubuh mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi. Hal ini dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil selama kehamilan.

8. Mencegah Penyakit Jantung pada Ibu Hamil

Kandungan kalium dalam mangga dapat membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan cairan dalam tubuh ibu hamil.

9. Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin A dapat meningkatkan imunitas dan mencegah komplikasi penyakit seperti diare dan infeksi pernapasan.

Baca Juga  Gerakan Agar Cepat Kontraksi: Tips dan Trik

10. Mencegah Preeklamsia

Kandungan magnesium dalam mangga dapat membantu mencegah hipertensi yang dapat menyebabkan preeklamsia, sebuah komplikasi selama kehamilan.

Namun, meskipun bermanfaat, konsumsi mangga secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti peningkatan asam lambung dan perut kembung. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang dengan makanan lain yang bergizi. Jika ada kekhawatiran, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan.

Serta bagi ibu hamil yang menderita diabetes gestasional, sebaiknya membatasi konsumsi mangga karena kandungan gula yang tinggi. Pilih buah mangga yang kulitnya tidak rusak dan lebih baik membeli yang matang secara alami daripada yang telah diolah dengan bahan kimia. Sebagai langkah lebih aman, jika Bumil memiliki kondisi medis tertentu atau alergi terhadap buah mangga, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsinya. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan! Kunjungi situs New Life untuk memperoleh informasi lainnya.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?