fbpx

9 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Aman, Catat!

9 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Aman, Catat!

Setelah melahirkan, ibu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI. Nah, salah satu nutrisi yang ibu butuhkan adalah vitamin. Terdapat berbagai jenis vitamin untuk ibu menyusui yang bisa diperoleh dari makanan maupun suplemen harian.

Asupan vitamin tersebut bisa membantu mendukung kesehatan ibu maupun si kecil. Nah, jika penasaran mengenai rekomendasi vitamin untuk busui, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Jenis Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin adalah salah satu sumber nutrisi bagi ibu menyusui untuk membantu mendukung kesehatan busui maupun bayi. Nah, jenis-jenis vitamin sendiri ada beragam. Adapun sejumlah jenis vitamin untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Vitamin A

Salah satu jenis vitamin untuk ibu menyusui adalah vitamin A. Jenis vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan sistem penglihatan, membantu pembentukan jaringan sehat, serta menjaga sistem imunitas tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A adalah wortel, apel, kiwi, anggur, ubi jalar, dan paprika merah.

2. Vitamin B

Jenis vitamin untuk busui berikutnya adalah vitamin B. Vitamin B mempunyai beberapa jenis, antara lain:

  • Vitamin B1 (thiamin) yang bisa membantu proses metabolisme sel serta mendukung kesehatan otak bayi. Adapun beberapa sumber vitamin B1 adalah gandum utuh, kacang-kacangan, telur, daging, jeruk, kembang kol, maupun kentang.
  • Vitamin B2 (riboflavin) yang dapat membantu proses penyerapan zat besi, mempertahankan kadar hemoglobin, mencegah kerusakan sel, dan menurunkan risiko anemia. Sejumlah sumber riboflavin yang bisa busui konsumsi adalah telur, ikan salmon, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, serta kacang kedelai.
  • Vitamin B3 (niacin) yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan sistem saraf ibu maupun si kecil, mengelola stres, dan mengurangi peradangan. Adapun sumber vitamin B3 yang bisa ibu konsumsi, yaitu ikan tuna, salmon, dada ayam, daging sapi, maupun ikan teri.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat) yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan sel darah merah, menjaga sistem pencernaan, serta membantu proses penyembuhan luka. Adapun beberapa sumber vitamin B5 adalah susu, ikan, brokoli, kuning telur, alpukat, dan ubi.
  • Vitamin B6 (pyridoxine) yang baik untuk memproduksi neurotransmitter, mengembangkan otak dan sumsum tulang belakang bayi, serta mendukung pembentukan hormon melatonin. Sumber vitamin B6 yang baik untuk busui adalah telur, salmon, susu, bayam, maupun wortel.
  • Vitamin B9 (asam folat), yaitu vitamin yang berperan dalam mendukung pembentukan DNA dan RNA, mengembangkan otak bayi, hingga proses penyerapan zat besi. Adapun beberapa sumber asam folat adalah kacang-kacangan, bayam, kentang, brokoli, dan kubis.
  • Vitamin B12 (kobalamin) adalah jenis vitamin yang bisa membantu pembentukan protein, mendukung pertumbuhan bayi, menjaga kesehatan sel saraf, dan perkembangan kognitif si kecil. Adapun sejumlah sumber vitamin B12 adalah kepiting, daging sapi, ikan salmon, sarden, maupun yoghurt.
Baca Juga  8 Fungsi Air Ketuban bagi Janin dalam Kandungan, Yuk Simak!

3. Vitamin C

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang penting bagi kualitas ASI. Pada ibu menyusui, asupan vitamin C yang tepat adalah sekitar 120 mg per hari. Apabila ibu mengonsumsi vitamin C berlebihan, maka bisa membahayakan kesehatan ibu maupun bayi. 

Manfaat vitamin C adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh bayi dari patogen. Adapun sejumlah makanan yang mengandung vitamin C adalah paprika hijau dan merah, brokoli, pepaya, kangkung, jeruk, stroberi, maupun bunga kol.

4. Vitamin D

Jenis vitamin untuk busui selanjutnya adalah vitamin D. Jenis vitamin ini berperan untuk memperkuat dan memadatkan tulang, mendukung penyerapan kalsium, serta mengembangkan tulang bayi.

Bukan hanya itu, vitamin D juga berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah serangan penyakit. Adapun beberapa sumber vitamin D adalah susu, sereal, roti, kuning telur, ikan sarden, salmon, jamur, dan jus.

5. Vitamin E

Vitamin E juga termasuk jenis vitamin yang busui butuhkan untuk mendukung kesehatan maupun kualitas ASI. Pada dasarnya, vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan otot, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melawan infeksi. Adapun beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah alpukat, lobak hijau, bayam, almond, brokoli, dan kacang hazelnut.

Merek Vitamin untuk Ibu Menyusui

Setelah memahami jenis-jenis vitamin, busui juga perlu mengetahui beberapa merek yang bisa dikonsumsi. Adapun sejumlah merek vitamin untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut:

1. Cavit-D3

Salah satu merek vitamin untuk busui adalah Cavit-D3. Vitamin ini berperan dalam menambah asupan kalsium dalam tubuh. Sebab, vitamin D3 yang terkandung dalam Cavit-D3 berperan dalam mendukung proses penyerapan kalsium, meningkatkan kekuatan tulang dan gigi si kecil, serta menjaga kualitas ASI. Adapun aturan konsumsinya adalah 1 tablet per hari.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

2. Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold

Merek vitamin untuk busui lainnya adalah Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold. Suplemen ini mengandung beberapa jenis nutrisi, seperti kalsium, zat besi, DHA, vitamin A, B kompleks, C, D3, dan E. Manfaat konsumsi vitamin ini adalah meningkatkan kualitas ASI dan memenuhi nutrisi tubuh ibu. Adapun aturan minumnya adalah 2 kapsul per hari.

3. Lactamor

Lactamor juga termasuk jenis vitamin yang bisa busui konsumsi untuk melancarkan produksi ASI dan mendukung kesehatan bayi. Suplemen vitamin ini mengandung vitamin B12, daun katuk, dan biji fenugreek.

Kandungan ekstrak daun katuk dan biji fenugreek tersebut berperan dalam meningkatkan produksi ASI. Adapun aturan konsumsi untuk ibu menyusui adalah 1-2 kaplet sebanyak 3 kali per hari.

4. Enervon-C

Merek vitamin untuk ibu menyusui yang terakhir adalah Enervon-C. Vitamin ini berperan dalam menjaga kekebalan tubuh ibu agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin C dalam Enervon-C juga baik untuk mempercepat pemulihan pasca lahiran dan memperkuat jaringan tubuh. Adapun takaran konsumsinya adalah 1 tablet per hari saat perut kosong.

Penutup

Demikian informasi mengenai jenis dan merek vitamin untuk ibu menyusui. Pada dasarnya, asupan vitamin yang terpenuhi selama masa menyusui bisa membantu menambah nutrisi dalam ASI, sehingga kesehatan bayi pun dapat terjaga dengan baik.

Selain mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen, nutrisi ini juga bisa ibu penuhi dengan makan sayuran maupun buah-buahan. Jadi, yuk perhatikan asupan makanan sehari-hari untuk mendukung kesehatan busui maupun bayi bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?