fbpx

5 Ciri-Ciri Rahim Sehat dan Subur, Siklus Menstruasi Lancar!

5 Ciri-Ciri Rahim Sehat dan Subur, Siklus Menstruasi Lancar!

Rahim atau uterus adalah salah satu organ dalam tubuh yang dimiliki wanita dan memiliki berbagai fungsi, seperti sebagai tempat pertumbuhan janin. Maka dari itu, mengetahui ciri-ciri rahim sehat adalah hal penting. Sebab, kesehatan rahim memengaruhi kesuburan wanita.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan rahim? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ciri-ciri rahim sehat dan cara menjaganya, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Ciri-Ciri Rahim Sehat

Kesehatan rahim umumnya berhubungan dengan kesuburan wanita, kelancaran program hamil, hingga proses melahirkan. Nah, untuk memastikan kondisi rahimmu sehat atau tidak, mengetahui tanda-tandanya adalah hal penting.

Adapun sejumlah ciri-ciri rahim sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Keputihan Normal

Salah satu tanda rahim sehat adalah keputihan terjadi secara normal. Pada umumnya, keputihan akan terjadi 2 minggu sebelum memasuki masa menstruasi. Kondisi keputihan ini juga bisa terjadi selama masa kehamilan maupun ketika mengonsumsi pil KB hormonal.

Keputihan normal juga ditunjukkan oleh sejumlah ciri-ciri, misalnya cairan berwarna bening atau keputihan, tidak berbau, dan bertekstur kental. Selain itu, saat menempel di pakaian dalam, keputihan umumnya akan berubah warna menjadi bercak kekuningan. Adapun jumlah keputihan yang normal adalah sekitar 2-5 ml per hari dan bisa berubah tergantung pada rangsangan seksual.

2. Siklus Menstruasi Lancar

Ciri-ciri rahim sehat selanjutnya adalah siklus menstruasi berlangsung lebih lancar. Adapun jeda siklus menstruasi normalnya adalah sekitar 21-35 hari dengan rentang waktu perdarahan sekitar 2-8 hari. Selama memiliki siklus menstruasi tersebut, umumnya rahim tergolong subur.

3. Berat Badan Ideal

Tanda rahim sehat berikutnya adalah mempunyai berat badan yang ideal. Sebab, berat badan dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Apabila hormon dalam tubuh seimbang, maka proses ovulasi pun bisa berjalan lebih lancar.

Baca Juga  Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Mungkin Terjadi

Di sisi lain, kelebihan berat badan hingga mengalami obesitas justru dapat memicu gangguan sistem reproduksi. Itulah sebabnya, kamu perlu menjaga berat badan agar tetap ideal.

4. Kebiasaan Hidup Sehari-hari

Ciri-ciri rahim sehat juga bisa kamu lihat dari kebiasaan hidup sehari-hari. Apabila dalam kehidupan sehari-hari kamu terbiasa menerapkan gaya hidup sehat, maka kondisi rahim umumnya akan lebih sehat pula.

Pasalnya, pola hidup sehat bisa memengaruhi kondisi kesehatan serta kesuburan rahim. Pola hidup sehat dapat menyangkut asupan makanan sehari-hari, olahraga teratur, maupun menghindari merokok dan minuman beralkohol.

5. Nyeri Menstruasi Normal

Ciri-ciri rahim sehat yang terakhir adalah mengalami nyeri menstruasi normal. Kondisi ini terjadi akibat lepasnya hormon prostaglandin yang bisa memicu kontraksi otot rahim, sehingga kamu akan mengalami nyeri menstruasi. Nah, nyeri menstruasi yang normal pun ditunjukkan dalam sejumlah kondisi, antara lain yaitu:

  • Rasa nyeri tergolong ringan.
  • Berlangsung selama 12 hingga 72 jam.
  • Merasa nyeri perut selama 1-2 hari sebelum menstruasi atau di hari pertama menstruasi.
  • Nyeri terjadi pada perut bagian bawah, paha, serta pinggang.
  • Nyeri bisa menyebabkan mual, muntah, diare, hingga tubuh lemas.

Di sisi lain, nyeri haid yang tidak normal biasanya terjadi akibat kelainan organ reproduksi maupun adanya gangguan penyakit lainnya. Kondisi ini umumnya akan terjadi usai hari pertama menstruasi, timbulnya rasa nyeri dalam waktu lama, hingga perut terasa lebih sakit daripada kram biasa.

Cara Menjaga Kesehatan Rahim

Nah, untuk menjaga kesehatan rahim, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Hal ini penting untuk mendukung fungsinya agar lebih optimal dan mencegah timbulnya gangguan rahim. Adapun beberapa cara menjaga kesehatan rahim adalah sebagai berikut:

Baca Juga  9 Solusi Kaki Bengkak saat Hamil secara Alami, Lakukan Yoga!

1. Menjaga Pola Makan

Salah satu cara menjaga kesehatan rahim adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Pasalnya, makanan yang kamu konsumsi memengaruhi kesehatan dan kebutuhan nutrisi rahim.

Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan beta karoten serta asam folat, seperti gandum dan olahannya. Selain itu, vitamin C juga baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

2. Berolahraga secara Teratur

Tips menjaga kesehatan rahim selanjutnya, yaitu berolahraga secara teratur. Pada dasarnya, olahraga adalah kegiatan yang bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Misalnya adalah menjaga berat badan tetap ideal, melancarkan sirkulasi darah, menjaga sistem reproduksi, mengurangi sakit punggung, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, kamu perlu menerapkan olahraga secara teratur setidaknya setiap hari selama 30 menit.

3. Menghindari Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Cara menjaga kesehatan rahim lainnya adalah dengan menghindari kebiasaan menahan buang air kecil. Pasalnya, kondisi tersebut sama saja dengan menahan terbuangnya racun dalam tubuh. Alhasil, kebiasaan menahan buang air kecil ini bisa memicu terjadinya infeksi kandung kemih.

4. Memperhatikan Tanda Keputihan

Tips menjaga kesehatan rahim berikutnya adalah dengan memperhatikan tanda keputihan yang muncul. Pada dasarnya, keputihan akan muncul dua minggu sebelum haid dengan ciri-ciri tidak berbau, cairan bening atau putih, serta memiliki tekstur mirip lendir.

Namun, apabila kamu mengalami keputihan yang berlebihan, berbau, atau ciri-cirinya berbeda dari kondisi normal, sebaiknya lekas periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan.

5. Rajin Periksa ke Ginekolog

Cara menjaga kesehatan rahim yang terakhir adalah dengan rajin memeriksakan diri ke ginekolog. Pada dasarnya, konsultasi rutin perlu kamu lakukan setiap setahun sekali. Tujuannya adalah untuk mendeteksi masalah pada rahim sedini mungkin agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Di luar waktu konsultasi tersebut, jika kamu merasakan ada gejala yang aneh pada rahim, siklus menstruasi, keputihan, maupun masalah lainnya, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

Baca Juga  Bagaimana Cara Cek Usia Kehamilan?

Penutup

Demikian penjelasan lengkap seputar ciri-ciri rahim sehat dan cara menjaganya. Pada dasarnya, kesehatan rahim memengaruhi kesuburannya. Maka dari itu, sebagai wanita, kamu perlu menjaga kesehatan rahim dengan memperhatikan gaya hidup sehari-hari serta menjaga pola makan sehat. Nah, untuk mengetahui informasi lain seputar kewanitaan, yuk kunjungi langsung situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?