fbpx

9 Penyebab Sakit Pinggang, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

9 Penyebab Sakit Pinggang, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

Sakit pinggang adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami setiap orang. Hal ini biasanya terjadi pada area bawah tulang rusuk atau lumbar yang menyebabkan kamu kurang nyaman saat beraktivitas. Penyebab sakit pinggang pun beragam, bisa karena gangguan kesehatan, hingga kebiasaan buruk.

Selain itu, rasa sakit yang timbul di area pinggang pun bisa akut, maupun ringan, tergantung penyebabnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab sakit pinggang, yuk simak artikel berikut ini!

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah kondisi yang bisa terjadi akibat masalah ringan, hingga penyakit berat. Adapun beberapa faktor penyebab sakit pinggang adalah sebagai berikut.

1. Cedera Otot

Salah satu penyebab sakit pinggang adalah akibat cedera otot. Kondisi ligamen serta otot pinggang yang meregang dan robek dapat menimbulkan nyeri pada pinggang. Hal ini juga membuat pinggang terasa kaki hingga menjalar ke bagian bawah.

2. Stenosis Tulang Belakang

Penyebab sakit pinggang berikutnya, yaitu akibat stenosis tulang belakang. Penyakit ini terjadi karena kondisi tulang belakang yang menyempit, sehingga menekan saraf dan sumsum tulang belakang. Adapun gejala stenosis tulang belakang adalah pinggang terasa lemah, mati rasa, hingga kram. Kondisi ini juga semakin parah jika kamu memaksakan diri untuk berdiri maupun berjalan.

3. Saraf Kejepit

Penyebab nyeri pinggang lainnya adalah saraf kejepit. Kondisi ini terjadi akibat saraf tulang belakang yang tertekan oleh jaringan tubuh di sekitarnya. Hal ini menyebabkan penderitanya merasa nyeri ekstra di bagian pinggul serta pinggang bawah. Di samping itu, penyakit saraf kejepit ini umumnya tak dapat sembuh sepenuhnya, tetapi bisa mengurangi gejalanya.

4. Abnormal Spine Curvatures

Penyebab sakit pinggang selanjutnya adalah karena lekukan tulang belakang tidak normal atau abnormal spine curvatures. Hal ini terjadi akibat kelainan tulang belakang, seperti kifosis, lordosis, serta skoliosis. Penderita abnormal spine curvatures umumnya akan merasakan sakit di area ligamen, otot, tendon, serta tulang belakang.

Baca Juga  7 Penyebab Air Ketuban Sedikit pada Bumil dan Tanda-tandanya

5. Stres

Stres ternyata juga bisa menyebabkan sakit pinggang, lho. Pasalnya, gangguan mental, seperti stres akan membuat otot pinggang menjadi tegang, sehingga menimbulkan sakit. Itulah mengapa, penting untuk mengelola stres agar kamu terhindar dari risiko sakit pinggang.

6. Skiatika

Skiatika juga tergolong sebagai salah satu penyebab nyeri pinggang. Kondisi ini terjadi di area jalur saraf sciatic dan bercabang dari punggung bawah, pinggul, hingga bokong. Di samping itu, penderita skiatika juga dapat merasakan sakit hingga kaki. Adapun gejala skiatika adalah adanya rasa nyeri pinggang dan terbakar maupun seperti tertusuk jarum.

7. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat yang kamu terapkan juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Kondisi ini kerap diabaikan oleh kebanyakan orang. Alhasil, mereka pun tidak sadar jika nyeri pinggang yang dialaminya disebabkan oleh kebiasaan buruknya. Adapun beberapa gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan sakit pinggang adalah duduk berjam-jam, tidak berolahraga, postur tubuh yang salah, kesalahan posisi tidur, obesitas, hingga mengangkat beban berat.

8. Gangguan Usus

Adanya gangguan pada usus juga dapat menyebabkan sakit pinggang, lho. Adapun beberapa jenis gangguan usus yang menimbulkan sakit pinggang adalah sebagai berikut.

  • Sindrom iritasi usus yang menyebabkan perut kembung, kram, diare, hingga sakit pinggang.
  • Usus buntu yang menyebabkan perut bagian bawah sebelah kanan terasa sakit dan menimbulkan nyeri pinggang.
  • Rasa kram pada usus.

9. Kehamilan

Penyebab sakit pinggang yang terakhir adalah karena kehamilan. Ibu hamil cenderung rentan mengalami nyeri pinggang karena perubahan bentuk tubuh. Selain itu, pelepasan hormon, perubahan suasana hati, hingga penambahan berat badan pada ibu hamil juga menyebabkan rasa sakit pada pinggang.

Baca Juga  Makanan Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Maka dari itu, ibu hamil perlu membatasi kegiatan yang berat. Di sisi lain, melakukan olahraga ibu hamil, menjaga asupan makanan bernutrisi, dan menerapkan gaya hidup sehat akan membantu mengurangi risiko sakit pinggang.

Ciri-Ciri Sakit Pinggang

Pada dasarnya, ciri-ciri yang timbul saat mengalami sakit pinggang ada bervariasi dan tergantung pada penyebabnya. Di samping itu, sakit pinggang juga dapat menjalar ke punggung bawah, bokong, hingga paha. Adapun beberapa ciri-ciri sakit pinggang adalah sebagai berikut.

  • Pinggang terasa kaku, pegal, dan seperti ditusuk.
  • Adanya rasa nyeri yang menjalar dari pinggang, ke paha, hingga kaki.
  • Merasa sulit untuk bergerak dan berdiri tegak akibat rasa nyeri di area pinggang.
  • Rasa sakit dapat memburuk ketika duduk terlalu lama atau di malam hari.
  • Tungkai terasa lemas maupun mati rasa.
  • Ketika membungkuk, berjalan, dan mengangkat beban berat, rasa sakit cenderung memburuk.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Pada umumnya, sakit pinggang dapat kamu atasi dengan cara alami maupun medis. Apabila kondisinya sudah akut atau parah, memeriksakan diri ke dokter adalah solusi yang tepat. Adapun beberapa cara mengatasi sakit pinggang adalah sebagai berikut.

  • Mengompres area yang terasa nyeri menggunakan handuk rendaman air hangat.
  • Mengistirahatkan pinggang dengan bantuan bantal.
  • Tidur dengan posisi yang tepat.
  • Mengompres dengan kantong es atau handuk yang direndam pada air dingin.
  • Menghindari aktivitas fisik yang berat.
  • Melakukan olahraga ringan, seperti peregangan otot, berjalan cepat, yoga, maupun berenang.
  • Mengonsumsi obat-obatan atas resep dokter.
  • Melakukan fisioterapi untuk menguatkan otot pinggang dan memperbaiki postur tubuh.
  • Terapi manipulasi tulang belakang.
  • Terapi akupuntur.
  • Terapi traksi.
  • Terapi listrik atau TENS.
  • Apabila kondisinya parah, juga bisa menggunakan metode operasi.
Baca Juga  7 Tanda Kehamilan 1 Minggu & Hal yang Perlu Bumil Perhatikan

Penutup

Itulah beberapa penyebab sakit pinggang, ciri-ciri, serta cara mengatasinya. Selain melakukan beberapa tips di atas untuk mengatasi nyeri pinggang, kamu juga dapat menggunakan korset New Life. Pasalnya, korset ini memiliki penyangga yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang.

Nah, untuk mendapatkannya, kamu bisa langsung cek laman New Life Official Store. Jadi, yuk bantu atasi sakit pinggang bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?