fbpx

7 Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil dan Tanda-tandanya, Simak!

7 Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil dan Tanda-tandanya, Simak!

Ambeien adalah jenis gangguan penyakit akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk wanita yang sedang hamil. Adapun salah satu penyebab ambeien pada ibu hamil adalah pembesaran janin dalam kandungan, sehingga menekan pembuluh darah di sekitar anus.

Di samping itu, ambeien pada ibu hamil juga dapat terjadi karena peningkatan hormon progesteron. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab ambeien pada ibu hamil lainnya, yuk simak artikel berikut ini!

Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus, baik di dalam maupun di luar. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri ketika sedang buang air besar. Adapun beberapa penyebab ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Hormon Progesteron

Salah satu penyebab ambeien pada ibu hamil adalah peningkatan kadar hormon progesteron dalam tubuh. Pada umumnya, hormon progesteron memiliki manfaat untuk membantu memperkuat janin di dalam rahim.

Sayangnya, hormon ini juga bisa menghambat gerak peristaltik. Padahal, gerakan tersebut berperan dalam melancarkan proses pencernaan. Hal ini tentu bisa membuat ibu mengalami susah buang air besar dan terjadi ambeien.

2. Konstipasi

Penyebab ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah karena konstipasi atau sembelit. Kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar zat besi dalam tubuh. Meskipun zat besi umumnya berperan dalam mencegah anemia, tetapi jumlah yang terlalu tinggi juga tidak bagi bagi tubuh. Kelebihan zat besi bisa membuat ibu mengalami susah buang air besar dan memicu terjadinya ambeien.

3. Pembesaran Ukuran Janin

Penyebab wasir pada ibu hamil lainnya adalah akibat pembesaran ukuran janin seiring bertambahnya usia kandungan. Janin yang membesar umumnya akan mendesak area pembuluh darah di perut maupun panggul, termasuk anus. Hal itu bisa membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan memicu terjadinya ambeien.

Baca Juga  Seluruh Informasi Seputar Program Kehamilan

4. Peningkatan Volume Darah

Penyebab ambeien saat hamil berikutnya adalah meningkatnya volume darah dalam tubuh. Peningkatan volume darah ini akan terjadi demi mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Namun ternyata, peningkatan tersebut dapat membuat pembuluh darah menjadi tertekan, termasuk di area anus, sehingga bisa menyebabkan ambeien.

5. Mengejan saat Buang Air Besar

Penyebab ambeien pada ibu hamil juga bisa terjadi karena mengejan saat buang air besar yang terlalu keras. Kondisi tersebut tentu dapat memberikan tekanan berlebihan pada pembuluh darah di sekitar anus. Alhasil, pembuluh darah yang tertekan bisa mendorong pembentukan benjolan ambeien di dalam maupun luar anus.

6. Kurang Gerak

Selain terjadi karena faktor biologis, ambeien pada ibu hamil juga bisa terjadi akibat kurangnya aktivitas fisik setiap hari. Misalnya, ibu yang terlalu banyak duduk, berdiri, tidur, tanpa adanya aktivitas fisik lainnya dapat memicu masalah pada usus.

Sistem pencernaan, terutama usus akan bergerak lambat ketika tubuh kurang aktivitas, sehingga bisa meningkatkan risiko konstipasi maupun pertumbuhan ambeien. Itulah sebabnya, selama masa kehamilan, ibu juga tetap perlu berolahraga ringan untuk mencegah wasir dan mendukung tumbuh kembang janin.

7. Faktor Genetik

Sejumlah orang mungkin mempunyai kecenderungan alami untuk mengembangkan wasir. Hal ini terjadi karena adanya faktor genetik atau keturunan dari keluarga. Riwayat ambeien pada keluarga ternyata juga bisa meningkatkan risiko tumbuhnya wasir saat hamil.

Tanda-Tanda Ambeien saat Hamil

Wasir pada ibu hamil bukanlah masalah yang berbahaya, meski begitu, kondisi ini akan membuat bumil merasa tidak nyaman. Adapun beberapa tanda-tanda ambeien saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Pendarahan

Salah satu tanda-tanda ambeien saat hamil adalah timbulnya pendarahan. Hal ini biasanya terjadi setelah buang air besar. Darah bisa keluar dari anus, tetapi ibu mungkin tidak akan merasakannya. Kondisi ini kerap terjadi pada penderita ambeien di dalam anus.

Baca Juga  10 Risiko Penyakit yang Timbul Setelah Operasi Caesar, Simak!

2. Nyeri saat Buang Air Besar

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah munculnya rasa nyeri ketika sedang buang air besar. Hal ini tergolong sebagai hal umum, karena pembuluh darah di anus akan tertekan ketika sedang mengejan. Alhasil, akan timbul rasa nyeri maupun sensasi terbakar. Selain itu, rasa nyeri juga dapat muncul ketika ibu duduk terlalu lama dan kurang bergerak.

3. Munculnya Rasa Gatal

Tanda-tanda ambeien pada ibu hamil lainnya adalah munculnya rasa gatal di area sekitar anus. Kondisi ini bisa timbul karena adanya iritasi di area ambeien atau benjolannya. Meski begitu, jangan digaruk karena dapat memperparah iritasi.

4. Pembengkakan

Ciri-ciri ambeien saat hamil selanjutnya adalah terjadi pembengkakan. Pada kasus ambeien di dalam, pembengkakan mungkin tidak akan tampak, tetapi ibu akan merasa nyeri ketika sedang tidur, duduk, berjalan, maupun mengejan. Sementara itu, pada ambeien luar, biasanya akan tumbuh benjolan kebiruan yang terasa nyeri ketika ibu gunakan untuk beraktivitas.

5. Timbul Rasa Tidak Nyaman

Tanda-tanda ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah timbulnya rasa tidak nyaman. Seperti penjelasan sebelumnya, pembengkakan dan benjolan ambeien akan terasa nyeri saat melakukan aktivitas. Hal itu akan membuat ibu merasa tidak nyaman ketika sedang duduk, tidur telentang, maupun mengejan ketika buang air besar.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab ambeien pada ibu hamil dan tanda-tandanya. Sebagaimana penjelasan di atas, ambeien adalah hal umum yang terjadi pada ibu hamil. Meski dianggap tidak berbahaya, kemunculan ambeien tentu akan membuat ibu merasa tidak nyaman.

Maka dari itu, ibu juga perlu mencegahnya dengan tetap aktif bergerak, mengonsumsi makanan berserat, hingga tidak duduk terlalu lama. Untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai ambeien saat hamil, Moms juga bisa langsung cek di laman New Life!

Baca Juga  Kapan Janin Mulai Bergerak? Ini Cara Memantau Pergerakannya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?