fbpx

10 Program Hamil Alami yang Tepat dan Aman Dilakukan, Catat!

10 Program Hamil Alami yang Tepat dan Aman Dilakukan, Catat!

Setiap pasangan umumnya akan mengharapkan keturunan, sehingga tak jarang dari pasangan muda yang bertanya-tanya tentang program hamil alami. Pada dasarnya, jenis promil alami ini berkaitan dengan gaya hidup sehari-hari. Sebab, gaya hidup yang ibu terapkan bisa memengaruhi tingkat kesuburan.

Itulah sebabnya, menerapkan pola hidup sehat bukan hanya baik bagi kesehatan diri, tetapi juga untuk menjaga kesuburan. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai rekomendasi program hamil alami, yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Apa itu Program Hamil?

Program hamil adalah suatu perencanaan kehamilan untuk membantu pasangan yang ingin segera memperoleh momongan. Pada dasarnya, program kehamilan disarankan untuk pasangan yang belum mengalami kehamilan setelah 1 tahun berusaha untuk mempunyai anak dan masih berada dalam masa subur.

Dengan bantuan teknologi, program kehamilan pun hadir dalam versi modern pula, sehingga membantu pasutri untuk meningkatkan kemungkinan hamil meskipun mengalami masalah kesuburan.

Program kehamilan umumnya akan lebih berpeluang berhasil ketika wanita masih berada dalam masa suburnya, yaitu di bawah usia 35 tahun. Nah, program kehamilan sendiri mempunyai beberapa tujuan. Adapun tujuan program hamil adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan kehamilan yang sehat untuk ibu serta janin.
  • Mendapatkan kehamilan melalui pembuahan alami, yakni melalui proses pertemuan sperma dan sel telur tanpa menggunakan alat tertentu.

Akan tetapi, jika pembuahan alami tidak berhasil, dokter kemungkinan akan menyarankan pasutri untuk mencoba metode lainnya demi meningkatkan peluang kehamilan. Jadi, bagi setiap pasangan yang menginginkan segera memiliki momongan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan terlebih dulu saat berencana melakukan program kehamilan.

Tips Program Hamil Alami

Nah, setiap pasangan bisa mencoba program kehamilan alami terlebih dulu sebelum beranjak ke prosedur medis. Adapun beberapa tips program hamil alami adalah sebagai berikut:

Baca Juga  7 Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar untuk Sembuhkan Luka

1. Mengetahui Masa Kesuburan

Salah satu tips program hamil alami yang bisa ibu terapkan dengan pasangan adalah mengetahui masa kesuburan terlebih dulu. Pasalnya, waktu yang tepat untuk berhubungan intim guna meningkatkan peluang kehamilan adalah ketika terjadi ovulasi.

Akan tetapi, bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur, kemungkinan akan sulit untuk memperkirakan waktunya. Meski begitu, ibu bisa menggunakan kalkulator masa subur untuk membantu menghitungnya.

2. Menerapkan Kebiasaan Seksual yang Sehat

Cara meningkatkan peluang hamil alami juga bisa ibu dan pasangan terapkan dengan menerapkan kebiasaan seksual yang sehat. Pasalnya, kebiasaan berhubungan intim yang tidak sehat justru dapat meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual. Hal ini justru dapat mengganggu kesuburan.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Tips program hamil alami lainnya adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Misalnya, berat badan yang tidak normal bisa memicu gangguan kesuburan. Jumlah lebah berlebihan atau terlalu sedikit bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan menimbulkan masalah kesuburan.

4. Berolahraga secara Teratur

Cara meningkatkan peluang kehamilan juga bisa ibu dan pasangan lakukan dengan berolahraga secara teratur. Sebab, senantiasa menjaga tubuh tetap aktif bisa membantu meningkatkan kesuburan. Ibu bisa berolahraga setidaknya selama satu jam per minggu untuk menurunkan risiko masalah kesuburan. 

Di sisi lain, bagi wanita yang mengalami obesitas, olahraga juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal. Namun, pastikan agar ibu tidak berolahraga secara berlebihan, karena bisa berdampak buruk terhadap kesuburan.

5. Mengelola Stres

Stres berlebihan ternyata juga bisa memengaruhi kesuburan wanita. Maka dari itu, jika ingin segera hamil, sebaiknya kelola stres dengan baik. Ibu bisa memperbanyak relaksasi, berolahraga, meditasi, yoga, curhat ke orang terdekat, hingga meminta bantuan ahli apabila diperlukan.

Baca Juga  3 Posisi Bayi Sungsang & Fakta Kondisi Kehamilannya, Simak!

6. Berhenti Merokok

Cara meningkatkan peluang kehamilan lainnya adalah dengan berhenti merokok maupun menghirup asap rokok. Pasalnya, zat kimia dari rokok serta asapnya bisa memberikan dampak buruk terhadap DNA dalam sel telur. Di samping itu, rokok pun bisa mengganggu produksi hormon, hingga mengurangi kemampuan sel telur untuk mencapai rahim.

7. Memperhatikan Asupan Karbohidrat

Program hamil alami berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan karbohidrat, terlebih lagi bagi ibu yang mengalami kelebihan berat badan atau mempunyai riwayat sindrom polikistik ovarium. Sebaiknya, konsumsi makanan rendah karbohidrat untuk membantu mengatur siklus menstruasi, mengurangi kadar insulin, serta mendorong penurunan lemak. Pasalnya, terbiasa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi berisiko menimbulkan gangguan kesuburan.

Di sisi lain, ibu bisa memilih asupan karbohidrat kompleks, karena memberikan efek yang lebih baik daripada karbohidrat sederhana. Jadi, ibu bisa memilih sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti kentang, oat, buncis, ubi jalar, serta sereal multigrain.

8. Mengonsumsi Protein Nabati

Cara meningkatkan peluang hamil alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi protein nabati yang lebih banyak daripada protein hewani. Sebab, asupan protein nabati yang banyak bisa membantu melindungi tubuh dari risiko gangguan kesuburan. Adapun beberapa sumber protein nabati adalah kacang-kacangan serta biji-bijian.

9. Memperbanyak Asupan Makanan Berserat

Program hamil alami yang bisa ibu dan pasangan lakukan lainnya adalah memperbanyak asupan makanan berserat. Pasalnya, makanan berserat bisa membantu tubuh untuk mengontrol kadar hormon serta mengoptimalkan jumlah gula darah.

Selain itu, mengonsumsi serat juga berperan untuk mencegah risiko gangguan ovulasi pada wanita. Adapun sejumlah makanan berserat tinggi adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

10. Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Cara meningkatkan peluang hamil alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan kandungan antioksidan. Pasalnya, nutrisi tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berisiko merusak sel telur maupun sperma.

Baca Juga  Pelajari Lebih Dalam Tentang Trimester Kehamilan

Adapun jenis antioksidan yang dapat membantu menjaga kesuburan adalah seng serta folat. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut, yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, serta buah-buahan.

Penutup

Demikian informasi lengkap seputar program hamil alami yang bisa ibu terapkan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Pada dasarnya, setiap pasangan yang sudah menikah akan menginginkan kehamilan atau mempunyai anak. Nah, dengan memperhatikan gaya hidup agar kesuburan tetap terjaga. Jika ibu penasaran seputar program hamil lainnya, kunjungi laman New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?