fbpx

Pengalaman Wasir Setelah Melahirkan dan Cara Meredakannya

Pengalaman Wasir Setelah Melahirkan dan Cara Meredakannya

Meskipun tidak semua wanita pernah mengalaminya, wasir saat hamil adalah kondisi yang cukup umum. Hal ini juga bisa memicu terjadinya pengalaman wasir setelah melahirkan. Pasalnya, ketika menjalani persalinan normal, ibu akan mengejan yang membuat gejala wasir semakin parah.

Ambeien sendiri adalah kondisi ketika pembuluh darah vena di bagian dubur mengalami pembengkakan. Hal ini akan membuat ibu merasa tidak nyaman selama beraktivitas. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar pengalaman wasir setelah melahirkan, simak penjelasan berikut ini.

Pengalaman Wasir Setelah Melahirkan

Apakah ibu pernah memiliki pengalaman wasir setelah melahirkan? Wasir atau ambeien adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah di area rektum. Hal ini bisa menyerang siapapun dan biasanya rentan terjadi selama masa kehamilan. Pasalnya, ketika sedang hamil, ibu akan mengalami beberapa perubahan tubuh yang dapat memicu terjadinya ambeien, antara lain:

  • Meningkatnya hormon progesteron selama masa kehamilan, sehingga memicu pembengkakan pembuluh darah, memperlambat kinerja usus, dan meningkatkan risiko sembelit.
  • Pembesaran ukuran janin yang menekan pembuluh darah di area panggul dan anus.
  • Mengejan kuat saat buang air besar.

Apabila ibu sudah mengalami ambeien sejak masa kehamilan, kondisi tersebut umumnya akan semakin parah ketika menjalani persalinan normal. Sebab, ibu akan mengejan kuat untuk mendorong bayi keluar. Itulah sebabnya, wasir setelah melahirkan tergolong sebagai kondisi yang umum.

Ambeien atau wasir umumnya akan memunculkan sejumlah gejala, seperti muncul benjolan, rasa gatal, nyeri, sakit saat mengejan, hingga pendarahan saat buang air besar. Kondisi ini juga bisa semakin parah ketika ibu banyak melakukan aktivitas yang mengharuskan untuk duduk berjam-jam. Sebab, area dubur yang bengkak berisiko mengalami tekanan berlebihan.

Cara Meredakan Wasir Setelah Melahirkan

Lantas, apakah wasir setelah melahirkan bisa sembuh? Ibu tak perlu khawatir, sebab beberapa kondisi wasir justru dapat sembuh dengan sendirinya. Di samping itu, ada juga beberapa cara yang bisa mendorong proses penyembuhan wasir.

Baca Juga  Mimisan saat Hamil Trimester 3: Penyebab & Cara Mencegahnya

Adapun beberapa cara meredakan wasir setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

1. Hindari Berdiri atau Duduk Terlalu Lama

Salah satu cara meredakan wasir setelah melahirkan adalah dengan menghindari berdiri atau duduk terlalu lama. Hal ini dapat memberikan tekanan di area dubur yang mengalami ambeien, sehingga gejalanya semakin parah. Apabila ibu harus beraktivitas dengan duduk atau berdiri, coba untuk mengganti posisi, berjalan, atau melakukan peregangan agar otot tubuh lebih lemas.

2. Jangan Terlalu Lama di Toilet

Cara meredakan wasir setelah melahirkan lainnya adalah dengan menghindari berdiam di toilet terlalu lama. Aktivitas di toilet yang terlalu lama, seperti berdiri atau berjongkok untuk buang air besar dapat memperparah kondisi ambeien. Maka dari itu, ibu perlu menghindari berdiam diri di toilet dalam waktu lama. Di samping itu, jangan terlalu memaksa saat feses tak kunjung keluar. Sebab, hal itu bisa memicu rasa nyeri pada area ambeien.

3. Tidur Menyamping

Cara meredakan ambeien setelah melahirkan juga bisa ibu lakukan dengan tidur dengan posisi ke arah samping. Cara tersebut bisa membantu mengurangi tekanan di area dubur yang mengalami ambeien. Dengan begitu, gejalanya pun akan segera mereda.

4. Rendam Area Wasir

Cara menyembuhkan ambeien setelah melahirkan berikutnya adalah dengan merendam area wasir menggunakan air hangat. Cara ini berperan dalam merilekskan area yang sakit serta meredakan iritasi. Untuk menerapkannya, isi bak mandi dengan air hangat, lalu rendam area wasir selama 10 sampai 15 menit sebanyak 2-3 kali per harinya.

5. Gunakan Es Batu

Cara mengobati ambeien setelah melahirkan lainnya, yaitu menggunakan es batu. Hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan melancarkan peredaran darah di area wasir, sehingga pembengkakan bisa menyusut. Ibu bisa menggunakan es batu dan membalutnya dengan kain, lalu tempelkan pada area wasir selama beberapa menit. Lakukan berulang kali agar gejala wasir dapat lekas reda.

Baca Juga  6 Ciri-Ciri Air Ketuban Berkurang, Penyebab, dan Solusinya

6. Konsumsi Obat Nyeri

Cara meredakan wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat nyeri. Pada dasarnya, ada banyak obat nyeri yang dijual bebas di apotek. Akan tetapi, agar lebih aman dan menghindari efek samping yang bisa membahayakan kondisi ibu, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dulu.

7. Konsumsi Makanan Berserat

Cara menyembuhkan wasir setelah melahirkan yang terakhir adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Pada dasarnya, makanan berserat bisa membantu melancarkan kinerja usus. Dengan begitu, feses pun bisa lebih lunak dan buang air besar dapat semakin lancar. Ibu pun bisa terhindar dari risiko sembelit dan meredakan gejala wasir.

Akan tetapi, jika wasir yang ibu alami semakin menyakitkan, sebaiknya lekas kunjungi dokter. Terlebih lagi jika benjolan atau pembengkakannya tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu. Dokter umumnya akan memberikan pengobatan lanjutan yang sesuai dengan gejala dan kondisi ibu hamil.

Penutup

Itulah pengalaman wasir setelah melahirkan yang perlu ibu perhatikan. Pada umumnya, wasir yang muncul usai melahirkan bukan suatu kondisi berbahaya. Akan tetapi, rasa tidak nyaman yang timbul akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih terganggu. Itulah sebabnya, penting untuk meredakannya.

Di samping itu, ibu juga perlu menjaga kesehatan tubuh untuk mendorong proses pemulihan pasca melahirkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara memulihkan diri pasca persalinan, kunjungi situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?