fbpx

Korset Setelah Melahirkan Dipakai Berapa Lama? Ini Aturannya

Korset Setelah Melahirkan Dipakai Berapa Lama? Ini Aturannya

Penggunaan korset adalah salah satu alternatif yang bisa Bunda lakukan untuk membantu mengatasi perut buncit pasca melahirkan. Namun, Bunda juga perlu tahu aturan pemakaiannya agar manfaatnya bisa terserap secara maksimal. Lantas, korset setelah melahirkan dipakai berapa lama?

Pada dasarnya, Bunda tidak boleh menggunakan korset terlalu lama, karena justru bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Nah, untuk mengetahui aturan korset setelah melahirkan dipakai berapa lama, yuk simak artikel berikut!

Ketentuan Lama Pemakaian Korset Setelah Melahirkan

Pada dasarnya, menggunakan korset setelah melahirkan tidak boleh sembarangan. Bagi Bunda yang menjalani persalinan normal, korset bisa langsung dikenakan. Akan tetapi, bagi Bunda yang menjalani persalinan melalui operasi caesar, menggunakan korset sebaiknya menunggu luka jahitan operasi kering atau sembuh terlebih dulu.

Namun, jika ingin tetap menggunakannya, Bunda bisa memilih korset yang berbahan elastis dengan fitur modern, sehingga tidak memberikan tekanan berlebihan di area jahitan operasi caesar. Lantas, korset setelah melahirkan dipakai berapa lama? Pada umumnya, korset bisa Bunda gunakan selama 6-8 jam per hari dalam kurun waktu 6-8 minggu saja.

Di sisi lain, Bunda perlu menghindari penggunaannya ketika sedang tidur, karena dapat memberikan dampak negatif bagi sistem pernapasan. Selain itu, pastikan ketika menggunakan korset, Bunda bisa bernapas, minum, dan makan dengan baik. Sebab, beberapa jenis korset yang terlalu ketat justru membuat penggunanya merasa tidak nyaman.

Tips Memakai Korset Setelah Melahirkan yang Aman

Korset adalah pakaian yang bisa membantu Bunda setelah melahirkan untuk mengembalikan kondisi perut, pinggang, dan pinggul agar seperti semula. Pasalnya, Bunda akan mengalami berbagai perubahan tubuh yang tidak langsung bisa kembali dengan cepat setelah melahirkan. Itulah mengapa, Bunda perlu menggunakan korset.

Baca Juga  Payudara Bengkak saat Menyusui: Penyebab dan Penanganannya

Namun, dalam penggunaannya, pastikan Bunda melakukannya dengan aman agar manfaatnya bisa Bunda peroleh secara maksimal. Adapun beberapa manfaat menggunakan korset adalah membantu merangsang otot perut agar lebih optimal, mengurangi nyeri ketika bergerak, membantu penyusutan rahim, menstabilkan dasar panggul, hingga meningkatkan kepercayaan diri.

Nah, untuk memperoleh berbagai manfaat tersebut, berikut ini adalah beberapa tips memakai korset setelah melahirkan yang aman.

1. Tidak Menarik Terlalu Kuat

Salah satu cara menggunakan korset pasca persalinan yang aman adalah dengan tidak menariknya terlalu kuat. Bunda bisa melilitkannya ke perut dengan erat, tetapi juga jangan terlalu kencang. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa sesak di dada dan Bunda pun tetap terasa nyaman saat beraktivitas.

2. Menempatkan di Pinggang dan Panggul

Cara menggunakan korset setelah melahirkan lainnya adalah menempatkannya pada pinggang dan pinggul. Hal ini akan memudahkan Bunda ketika sedang memasangnya. Dari posisi tersebut, Bunda bisa melingkarkannya ke seluruh badan bagian tengah sampai tertutup sempurna. Namun, jika terdapat luka di bagian perut, pastikan untuk menggunakannya dengan lebih hati-hati, sehingga tidak membahayakan kondisi perut.

3. Memilih Posisi yang Tepat untuk Korset

Tips memakai korset setelah melahirkan yang aman berikutnya adalah dengan memilih posisi penggunaan yang tepat. Pada dasarnya, setiap orang memiliki posisi yang berbeda ketika menggunakannya. Untuk itu, Bunda bisa menggeser posisinya di tempat yang lebih nyaman. Dengan begitu, Bunda pun tidak merasa terganggu ketika sedang beraktivitas. Nah, jika posisinya sudah pas, pastikan pemasangannya kencang agar lebih aman.

4. Menjadikan Luka sebagai Acuan

Tips memakai korset pasca persalinan yang aman selanjutnya adalah dengan menjadikan bekas luka sebagai acuan. Hal ini bisa Bunda lakukan ketika memiliki bekas luka jahitan operasi caesar. Cara ini bertujuan untuk membuat Bunda lebih berhati-hati ketika mengenakannya dan tidak menekan luka terlalu kuat, karena bisa membuatnya terasa nyeri.

Baca Juga  Kalender Kehamilan: Pantau Perkembangan Janin dengan Mudah

Terlebih lagi korset memiliki fungsi untuk membantu menyembuhkan luka dan mengembalikan ukuran perut. Maka dari itu, Bunda perlu memasangnya dengan lebih nyaman dan rapat, tetapi tidak membuat luka terasa sakit. Dengan begitu, manfaatnya pun dapat Bunda peroleh secara lebih optimal.

5. Menjaga Kebersihannya

Pada dasarnya, ketika menggunakan korset, maka bahannya akan langsung bersentuhan dengan kulit. Untuk itu, Bunda perlu menjaga kebersihannya agar tidak terinfeksi bakteri atau membahayakan kesehatan Bunda. Pasalnya, ketika korset tidak pernah Bunda bersihkan, maka akan terjadi penumpukan kuman serta bakteri yang bisa menginfeksi kulit.

Bunda juga bisa menyiapkan lebih dari satu korset di rumah. Jadi, ketika salah satunya Bunda cuci, maka bisa menggunakan korset lainnya. Dengan memastikan korset terjaga kebersihannya, Bunda pun bisa menggunakannya lebih aman dan nyaman.

Penutup

Itulah aturan mengenai korset setelah melahirkan dipakai berapa lama dan tips mengenakannya. Pada dasarnya, korset memang bermanfaat untuk mendukung pemulihan ibu pasca melahirkan. Akan tetapi, manfaat tersebut baru bisa Bunda peroleh saat menggunakannya dengan tepat. Itulah mengapa, Bunda perlu memperhatikan cara penggunaan yang tepat.

Nah, jika Bunda mencari korset pasca melahirkan terbaik, korset New Life bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, korset ini telah memiliki fitur tambahan yang bisa membantu mengatasi nyeri pinggang serta membakar lemak perut. Untuk membelinya, Bunda pun bisa melakukannya dengan mudah melalui New Life Official Store. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pemulihan setelah melahirkan dengan New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?