fbpx

9 Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Caesar, Ini Jenisnya!

9 Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Caesar, Ini Jenisnya!

Setelah menjalani operasi caesar, salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah asupan nutrisi sehari-hari. Itulah sebabnya, kamu perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar.

Salah satu nutrisi dalam makanan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka adalah serat, karena baik untuk kesehatan sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit dan mengurangi konstipasi.

Lantas, apa saja jenis makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar? Cari tahu rekomendasinya di artikel berikut.

Nutrisi yang Baik untuk Menyembuhkan Luka Caesar

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rekomendasi makanan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka, sebaiknya pahami dulu jenis-jenis nutrisinya.

Adapun beberapa gizi dan nutrisi yang baik untuk membantu menyembuhkan luka caesar adalah sebagai berikut.

  • Protein yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan jaringan sel baru pada kulit dan menjaga kekuatan otot.
  • Kalsium, berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah, memperkuat tulang, meningkatkan nutrisi dalam ASI, serta merilekskan otot.
  • Zat besi, berfungsi untuk membantu mengurangi risiko anemia defisiensi besi, mengatasi kelelahan, serta meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh.
  • Vitamin C, berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang produksi kolagen, dan menambah bioavailabilitas zat besi.
  • Vitamin D, berguna untuk meningkatkan bioavailabilitas kalsium.
  • Serat, berguna untuk mengurangi konstipasi, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan risiko sembelit, dan menambah energi.

Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Caesar

Mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang umumnya bisa membantu mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga luka jahitan pasca operasi caesar lekas sembuh. 

Adapun makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar adalah sebagai berikut.

1. Sup Ayam

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Salah satu makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar adalah sup ayam. Makanan ini kaya akan kandungan air, sehingga bisa membantu menambah cairan dan menghangatkan tubuh.

Baca Juga  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Saat Hamil Muda

Selain itu, kaldu sup ayam juga dapat menjadi sumber elektrolit bagi ibu dan kandungan proteinnya bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko peradangan, hingga mencegah sembelit.

2. Oatmeal

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Oatmeal atau sereal gandum adalah makanan yang mengandung banyak serat yang baik untuk ibu pasca operasi caesar. Dengan kandungan tersebut, ibu bisa mengurangi konstipasi dan menjaga perut agar cepat kenyang.

Bukan hanya itu, mengonsumsi oatmeal juga bisa dikombinasikan dengan buah-buahan segar, seperti jeruk, anggur, dan stroberi, sehingga dapat menambah nutrisi dalam makanan tersebut.

3. Salmon

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Rekomendasi makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar adalah salmon. Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 serta protein yang baik untuk mendukung proses penyembuhan kulit bekas sayatan setelah menjalani operasi.

Bukan hanya itu, salah satu sumber protein hewani ini juga rendah kandungan merkuri, sehingga ibu yang usai menjalani operasi caesar tetap bisa mengonsumsinya. Manfaat salmon untuk ibu pasca caesar sendiri adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan luka operasi, hingga mengatasi peradangan.

4. Telur

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Telur juga termasuk sebagai salah satu makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Pasalnya, telur mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh pasca operasi, seperti protein, zat besi, seng, selenium, vitamin A, dan B12.

Nutrisi yang terkandung dalam telur tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan pasca operasi, dan merangsang proses penyembuhan luka jahitan.

5. Sayuran Hijau

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Jenis makanan yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka jahitan caesar selanjutnya adalah sayuran hijau. Sebab, sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi yang penting untung menambah imunitas tubuh, seperti mangan, vitamin C, asam folat, dan magnesium.

Adapun beberapa sayuran hijau yang aman dikonsumsi adalah kangkung, bayam, serta sawi. Sebagai catatan, sebaiknya kamu mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya saja agar tidak membuat perut kembung.

Baca Juga  Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar

6. Sup Krim

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Sup krim juga tergolong sebagai makanan yang baik untuk menyembuhkan luka jahitan caesar. Sebab, makanan ini mudah dicerna, membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, serta mempercepat pemulihan pasca operasi. 

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian juga tergolong sebagai makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Sebab, dua jenis makanan ini kaya akan kandungan protein, magnesium, serat, mangan, hingga vitamin E, sehingga baik untuk kesehatan ibu pasca operasi.

Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk pemulihan luka jahitan setelah operasi caesar adalah kenari, almond, biji rami, biji bunga matahari, serta gandum.

8. Yoghurt

makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar

Rekomendasi makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar lainnya adalah yoghurt. Produk olahan susu ini kaya akan kandungan kalsium dan rendah lemak, sehingga baik bagi ibu pasca caesar.

Di samping itu, yoghurt juga bisa meningkatkan kualitas ASI, sehingga nutrisi pada bayi juga tetap terpenuhi. Namun, apabila ibu tidak toleran akan laktosa, sebaiknya konsumsi sumber kalsium lainnya, seperti brokoli, biji wijen, dan kubis.

9. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah jenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan serat, sehingga baik dalam membantu mendukung penyembuhan luka jahitan caesar. Selain itu, ubi jalar juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi.

Karbohidrat sendiri juga dapat merangsang produksi enzim sitrat sintase dan hexokinase yang berkontribusi dalam menyembuhkan luka jahitan pasca operasi.

Penutup

Demikian penjelasan seputar rekomendasi nutrisi dan makanan makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Selama ibu bisa mengonsumsi makanan bergizi secara rutin, maka luka pasca operasi caesar dapat segera sembuh.

Di samping itu, ibu juga perlu menggunakan korset New Life untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengencangkan otot perut yang kendur selama masa kehamilan.

Baca Juga  Apakah Air Es Bikin Gemuk? Simak Dulu Fakta dan Mitosnya!

Maka dari itu, buruan dapatkan korset New Life di situs resmi New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?