fbpx

8 Tips Perawatan 40 Hari Setelah Melahirkan, Ibu Wajib Tahu!

8 Tips Perawatan 40 Hari Setelah Melahirkan, Ibu Wajib Tahu!

Setelah melahirkan, ibu akan mengalami nifas selama kurang lebih 40 hari. Nah, dalam jangka waktu tersebut, ibu perlu melakukan perawatan 40 hari setelah melahirkan agar kebersihan organ kewanitaan tetap terjaga dan lekas pulih.

Salah satu bentuk perawatan masa nifas adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh serta meningkatkan kualitas ASI bagi bayi.

Untuk mengetahui beberapa tips perawatan 40 hari setelah melahirkan lainnya, simak artikel berikut ini!

Pentingnya Perawatan saat Nifas

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara merawat diri pada masa nifas, sebaiknya ketahui terlebih dulu pentingnya perawatan saat nifas. Pada dasarnya, nifas sendiri berlangsung selama 40 hari atau sejak keluarnya plasenta selama persalinan.

Nah, selama masa tersebut, ibu perlu melakukan perawatan diri untuk menjaga kesehatan tubuh serta bayinya. Selain itu, semasa perawatan di saat nifas, ibu juga rentan mengalami infeksi pada area kewanitaan. Itulah mengapa, ibu perlu rajin melakukan perawatan.

Tak hanya itu, kesehatan mental ibu juga perlu dijaga, karena jumlah hormon estrogen mengalami perubahan, sehingga ibu mudah merasa cemas, tersinggung, dan sedih. Nah, dengan melakukan perawatan secara rutin, maka ibu bisa lekas pulih secara fisik maupun mental.

Perawatan 40 Hari Setelah Melahirkan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perawatan 40 hari pasca melahirkan adalah hal penting, sehingga ibu perlu memperhatikan sejumlah hal. Adapun beberapa tips perawatan 40 hari setelah melahirkan adalah sebagai berikut.

1. Mencukupi Waktu Istirahat

Salah satu perawatan pada masa nifas yang perlu ibu lakukan adalah mencukupi waktu istirahat. Sebab, kebanyakan ibu cenderung sulit tidur di malam hari untuk menjaga bayinya. Itulah mengapa, ibu perlu mengoptimalkan waktu tidur di siang hari juga, agar kondisi tubuh tetap sehat.

Baca Juga  8 Penyebab Alergi pada Bayi, Gejala, dan Cara mengatasinya

Selain itu, waktu tidur yang tercukupi juga akan membuat ibu lebih berenergi dan menjaga kesehatan mental, sehingga ibu pun tak akan mudah lelah untuk mengurus serta menjaga bayinya.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips perawatan 40 hari setelah melahirkan selanjutnya adalah mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Sebab, pasca melahirkan, ibu bukan hanya perlu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri, tetapi juga penting bagi ASI yang dikonsumsi bayi.

Itulah sebabnya, sebaiknya ibu mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, atau sumber protein lainnya. Tak hanya itu, ibu juga perlu memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar tak mudah lelah dan menghindari dehidrasi.

3. Menggunakan Pakaian Longgar

Banyak ibu yang mengalami keringat malam pada bulan pertama pasca melahirkan. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kebutuhan tubuh untuk mengeluarkan sisa cairan dari masa kehamilan dan perubahan hormon.

Nah, keringat malam tersebut bisa membuat ibu tidak nyaman, sehingga sebaiknya gunakan pakaian longgar agar ibu tetap merasa nyaman saat malam hari. Terlebih lagi apabila ibu usai melakukan persalinan caesar, maka menggunakan pakaian longgar termasuk anjuran dari dokter.

4. Berolahraga Ringan

Tips perawatan 40 hari setelah melahirkan lainnya adalah melakukan olahraga ringan. Ibu bisa berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter mengenai waktu yang tepat untuk mulai berolahraga kembali. 

Hal ini dilakukan untuk membantu mengelola stres dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika ingin berolahraga, ibu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki santai atau senam kegel.

5. Menjaga Kebersihan Vagina

Tips perawatan saat nifas yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan vagina. Sebab, semasa nifas, darah akan keluar hingga 4-6 minggu. Maka dari itu, agar ibu tetap merasa nyaman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya selalu jaga kebersihan.

Baca Juga  4 Penyebab Cegukan pada Bayi & Cara Mengatasinya yang Tepat

Misalnya adalah dengan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali, memastikan area vagina tidak lembap, dan membasuh area vagina dari arah depan ke belakang.

6. Menghindari Naik Turun Tangga

Perawatan 40 hari setelah melahirkan selanjutnya adalah menghindari naik turun tangga. Pasalnya, hal ini bisa membuat ibu mudah lelah dan meningkatkan risiko cedera. Untuk itu, sebaiknya ibu mengurangi aktivitas naik turun tangga terlebih dulu hingga kondisi tubuh benar-benar normal.

7. Mengatasi Nyeri di Vagina

Perawatan 40 hari setelah melahirkan berikutnya adalah mengatasi rasa nyeri di vagina. Sebab, ketika ibu menjalani persalinan pervaginam, dokter umumnya akan melakukan pengguntingan serta menjahit area perineum (area antara vagina dan anus).

Hal itulah yang memicu rasa nyeri di area vagina selama beberapa minggu. Untuk itu, ibu perlu mengatasi rasa nyeri tersebut dengan duduk di atas bantal empuk, mengonsumsi obat pereda nyeri, atau mengompres area perineum dengan es batu.

8. Menggunakan Korset

Perawatan masa nifas yang terakhir adalah dengan menggunakan korset. Pasalnya, setelah melahirkan, otot perut akan mengendur karena efek mengandung selama 9 bulan. Selain itu, ibu juga rentan mengalami pegal-pegal di bagian punggung.

Maka dari itu, untuk membantu mengencangkan otot perut dan mengembalikan postur tubuh, ibu bisa menggunakan korset sejak setelah melahirkan.

Penutup

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai tips perawatan 40 hari setelah melahirkan yang perlu ibu perhatikan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ibu bisa melakukan perawatan dengan mengenakan korset.

Adapun salah satu jenis korset yang bisa ibu gunakan adalah korset New Life, karena bukan hanya bisa membantu mempercepat pemulihan, tetapi juga dapat mengencangkan perut dan menjaga kesehatan otot panggul.

Baca Juga  Berapa Biaya Operasi Caesar 2023? Ini Perkiraan Budgetnya

Selain itu, ibu juga bisa mendapatkannya dengan mudah melalui laman New Life Official Store. Untuk itu, yuk lakukan perawatan pasca melahirkan bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?