fbpx

8 Perlengkapan MPASI yang Perlu Kamu Siapkan

Perlengkapan MPASI menjadi kebutuhan yang harus kamu siapkan dalam tahapan setelah kelahiran bayi. Setelah memasuki fase peralihan dari ASI ke makanan yang sebenarnya, kamu perlu menyiapkan beberapa alat. Alat-alat ini akan berguna dalam memudahkan kamu memberikan MPASI pada anak. Namun, kapan kamu bisa memulainya? Berikut penjelasannya.

Kapan MPASI Mulai diberikan?

Pada awal kelahirannya, bayi harus mengonsumsi ASI secara penuh. Hal itu karena organ pencernaannya masih sangat muda untuk dapat mengonsumsi makanan yang lebih padat. Bertambahnya usia bayi akan membentuk kesiapan organ pencernaan tersebut. Kebutuhan energinya juga meningkat sehingga tidak bisa bila hanya mengandalkan asupan dari susu.

Kamu bisa mulai mengenalkan MPASI pada bayi sejak usianya menginjak 6 bulan. Pada rentang usia tersebut, bayi kamu sudah cukup mampu untuk mulai menerima asupan selain susu. Selain itu, bayi juga telah bertambah besar sehingga membutuhkan energi tambahan. 

Namun, untuk memastikan apakah bayi telah memasuki waktunya mengonsumsi makanan pendamping atau belum kamu bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu awal memberikan MPASI yang berpotensi membuat perut si kecil sakit.

Itulah waktu yang tepat untuk mulai memberikan MPASI pada bayi. Setelah mengetahui waktu yang tepat, sekarang saatnya kamu mempersiapkan kebutuhan perlengkapannya. Apa saja? Berikut beberapa perlengkapan MPASI.

Perlengkapan MPASI yang Harus DIsiapkan

Perlengkapan MPASI berguna untuk menunjang persiapan kamu dalam memberikan makanan pendamping pada si bayi. Berikut beberapa bayang yang harus kemu siapkan.

1. Food Processor

perlengkapan mpasi

Food processor merupakan alat untuk menghaluskan makanan. Bayi yang baru mulai mengonsumsi makanan pendamping belum dapat makan makanan seukuran orang dewasa. Oleh karena itu, kamu perlu mengolah dengan bentuk dan tekstur yang telah sesuai untuk mulut si kecil. 

Baca Juga  Berikut Manfaat Vitamin DHA untuk Ibu Hamil dan Janin

Alat ini akan memudahkan kamu karena tidak memerlukan banyak tenaga untuk memakainya. Namun, jika ingin mencoba cara manual, kamu bisa menghaluskan makanan dengan cara menumbuk atau memotong menjadai ukuran yang lebih kecil.

2. Bib

perlengkapan mpasi

Bayi yang baru belajar makan sering kali menumpahkan makanan. Kalaupun tidak tumpah, ada potensi ia mengeluarkan kembali makanan yang ada di dalam mulutnya. Bib ini berguna untuk mencegah pakaian bayi terkena makanan tersebut. Dengan benda ini, kamu tidak perlu repot untuk sering mengganti baju si kecil ya.

3. Steamer

Mengolah MPASI sebaiknya bervariasi. Hal ini agar anak mulai menyukai makanan berbentuk lebih padat dan tidak cepat bosan mengonsumi makanan yang itu-itu saja. Selain food processor, kamu juga bisa menggunakan steamer untuk mengolah makanan pendamping untuk si bayi. Alat ini sudah banyak jenisnya, kamu bisa memilih yang sesuai dengan anggaran atau selera kamu.

4. Puree Pouch

Jika kamu adalah tipe orang tua yang suka membawa anak jalan-jalan ke luar rumah, sebaiknya kamu juga memiliki puree pouch. Benda satu ini akan memudahkan kamu dalam berkemas dan membawa makanan selama di perjalanan.

5. Sendok dan Garpu Bayi

perlengkapan mpasi

Sebagai pengenalan agar bayi bisa terbiasa mengonsumsi makanannya secara mandiri, ada baiknya kamu juga membeli sendok dan garpu bayi. Biasanya peralatan makan untuk bayi ini terbuat dari plastik sehingga aman dan tidak berpotensi menggores bibirnya. 

Sendok dan garpu bayi juga telah didesain dengan ukuran yang pas untuk menyuapi si kecil. Warnanya yang menarik pun dapat membuatnya lebih bersemangat ketika makan.

7. Piring dan Mangkuk Bayi

perlengkapan mpasi

Jika ada sendok dan garpu, tentu harus masuk juga piring dan mangkuk bayi dalam daftar perlengkapan ini. Piring dan mangku bayi ini sebenarnya tidak wajib, tapi biasanya dalam satu set pembelian peralatan makan sudah teradapat dua barang ini di dalamnya. Kamu bisa menggunakannya setiap akan memberi MPASI pada anak kamu. 

Baca Juga  Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Kontraksi

8. High Chair

perlengkapan mpasi

Perlengkapan untuk memberikan MPASI yang selanjutnya adalah high chair. Kursi yang tinggi dengan pengaman di sisi depannya ini berguna agar bayi lebih mudah ketika makan. Ketika kamu menyuapi dan membiarkan si anak duduk di tempatnya juga bermanfaat untuk melatih motoriknya ketika makan. Bayi akan lebih terbiasa untuk fokus pada agenda makannya dan terbiasa untuk dapat makan sendiri nantinya.

9. Tisu Basah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bayi sering kali menumpahkan makanan dan mengeluarkan kembali apa yang baru saja masuk mulutnya. Selain pakaian, mulutnya juga sering belepotan. Untuk menghilangkannya kamu bisa menggunakan tisu basah khusus bayi yang tidak mengandung alkohol. Tisu basah juga berguna jika makanan yang kamu berikan jatuh ke lantai sewaktu-waktu.

Itulah beberapa perlengkapan yang berguna untuk memudahkan kamu ketika memberikan MPASI pada si bayi. Menyiapkan peralatan tadi akan membuat pengenalan makanan pendamping untuk si kecil lebih efisien.

Penutup

Perlengkapan MPASI yang perlu kamu siapkan ada beberapa macam. Memiliki peralatan yang lengkap akan lebih memudahkan kamu dalam memberikan makanan pendamping pada si bayi. Berikan MPASI pada bayi sejak usia 6 bulan, karena pada usia tersebut bayi telah berada di kondisi yang siap menerima bentuk makanan baru dan telah memerlukan energi tambahan yang tidak tercukupi oleh ASI.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar bayi, yuk berkunjung ke New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?