fbpx

8 Macam Makanan Nutrisi Ibu Hamil untuk Dikonsumsi, Simak!

8 Macam Makanan Nutrisi Ibu Hamil untuk Dikonsumsi, Simak!

Mengonsumsi makanan nutrisi ibu hamil umumnya bertujuan untuk menjaga kesehatan kehamilan dan mendukung bayi agar terlahir dengan sehat. Meskipun begitu, ibu tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan dan memperhatikan takaran makanannya. Hal ini penting agar tidak memicu efek samping yang justru membahayakan kondisi kandungan.

Apabila kondisi kandungan terganggu, maka berisiko memicu keguguran maupun hal yang membahayakan lainnya. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar makanan nutrisi ibu hamil, simak selengkapnya di artikel berikut:

Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai makanan bernutrisi untuk ibu hamil, sebaiknya cari tahu dulu kebutuhan gizi harian bumil.

Adapun beberapa nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Protein yang bisa membantu meningkatkan suplai darah dalam tubuh, memperbaiki jaringan, otot, dan sel yang mengalami kerusakan, hingga mendukung perkembangan otak janin. Adapun kebutuhan protein harian ibu hamil adalah sekitar 61-90 gram.
  • Karbohidrat adalah nutrisi yang bisa membantu menyuplai energi tubuh ibu agar tidak lemas saat beraktivitas seharian. Adapun kebutuhan karbohidrat harian untuk bumil adalah sekitar 365-400 gram.
  • Lemak adalah nutrisi yang membantu memberikan energi bagi bumil dan mendukung tumbuh kembang janin. Ibu membutuhkan sekitar 62,3 gram hingga 67,3 gram lemak per hari.
  • Serat adalah nutrisi yang penting untuk menjaga berat badan bumil, mencegah sembelit, dan menghindari risiko diabetes gestasional. Adapun kebutuhan serat harian bumil adalah sekitar 33-36 gram.
  • Zat besi juga termasuk sebagai nutrisi yang bumil butuhkan untuk membantu menambah sel darah merah dalam tubuh dan mendukung perkembangan janin. Adapun kebutuhan zat besi harian adalah sekitar 9 mg pada trimester pertama dan 18 mg untuk trimester 2-3.
  • Asam folat adalah nutrisi yang membantu mencegah risiko cacat lahir bayi dan cacat tabung saraf. Selain itu, nutrisi ini juga penting untuk menghindari risiko komplikasi kehamilan.
  • Kalsium termasuk nutrisi yang penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Ibu membutuhkan sekitar 1.200 mg kalsium per harinya.
Baca Juga  Inilah Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Di samping beberapa nutrisi di atas, ibu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin harian, seperti vitamin A, B, C, D, E, maupun K. Pasalnya, vitamin bukan hanya penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga membantu mendukung tumbuh kembang janin.

Makanan Nutrisi Ibu Hamil

Pada dasarnya, ibu bisa memperoleh nutrisi cukup selama mengonsumsi makanan yang tepat. Adapun beberapa rekomendasi makanan nutrisi ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Sayuran

Salah satu rekomendasi makanan bernutrisi untuk bumil adalah sayuran. Makanan ini kaya akan kandungan serat alami, vitamin, asam folat, dan mineral.

Berbagai kandungan tersebut berperan untuk mencegah risiko komplikasi kehamilan, sembelit, dan membantu mendukung pertumbuhan janin. Adapun beberapa jenis sayuran yang bisa ibu konsumsi adalah asparagus, brokoli, mentimun, seledri, hingga paprika.

2. Buah-buahan

Rekomendasi makanan nutrisi ibu hamil berikutnya adalah buah-buahan. Makanan ini kaya akan kandungan nutrisi penting untuk bumil maupun janin. Selain itu, sebaiknya ibu mengonsumsi buah-buahan segar tanpa pemanis untuk memperoleh nutrisinya secara optimal. 

Di samping itu, jangan lupa untuk mencuci bersih dan mengupas kulitnya sebelum mengonsumsinya. Ibu juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus segar tanpa tambahan gula. Adapun beberapa jenis buah-buahan yang bisa ibu konsumsi adalah apel, jeruk, pisang, alpukat, mangga, stroberi, buah pir, anggur, serta buah delima.

3. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya juga tergolong sebagai makanan bernutrisi untuk ibu hamil. Sebab, susu mempunyai kandungan vitamin, mineral, kalsium, dan protein yang baik untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan janin. Adapun olahan susu adalah keju dan yoghurt. Nah, saat hendak mengonsumsi susu, pastikan ibu memilih produk yang telah melalui tahap pasteurisasi agar terhindar dari bakteri.

Baca Juga  8 Cara Mengobati Diare pada Bayi, Ganti Popok secara Rutin!

4. Ikan Salmon

Jenis makanan nutrisi ibu hamil selanjutnya adalah ikan salmon. Makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk mendukung perkembangan mata dan otak bayi dalam kandungan. Di samping itu, ikan salmon juga memiliki kandungan vitamin D untuk mendukung kesehatan tulang bumil maupun janin. Namun, pastikan ibu mengonsumsi ikan salmon yang telah matang sempurna.

5. Daging Tanpa Lemak

Rekomendasi makanan nutrisi ibu hamil berikutnya adalah daging tanpa lemak. Makanan ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk bumil, lho. Misalnya adalah zat besi yang berfungsi untuk mendukung pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

Hal ini juga berperan dalam mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah maupun kelahiran prematur. Di samping itu, daging tanpa lemak juga mengandung protein yang berguna bagi perkembangan janin.

6. Telur

Telur juga termasuk sebagai rekomendasi makanan bernutrisi untuk bumil. Makanan ini mengandung protein, kalori, lemak, mineral, dan vitamin yang penting untuk bumil. Di samping itu, kandungan kolin dalam telur juga berperan untuk menjaga kesehatan otak serta mendukung perkembangan janin. Untuk memperoleh manfaat tersebut, pastikan ibu mengonsumsi telur yang telah dimasak matang.

7. Kacang-kacangan

Jenis makanan bernutrisi untuk ibu hamil lainnya adalah kacang-kacangan. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa ibu konsumsi, misalnya kacang kedelai, kacang tanah, serta kacang polong. Pada dasarnya, kacang mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, asam folat, serat, zat besi, dan kalsium. Beberapa nutrisi tersebut berperan untuk menjaga kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan.

8. Ubi

Ubi adalah makanan bernutrisi yang mengandung vitamin A dan baik bagi bumil. Pasalnya, vitamin A berperan untuk mendukung pertumbuhan jaringan serta sel janin dalam kandungan. Selain melalui ubi, vitamin A juga bisa ibu peroleh dari sumber makanan lainnya, misalnya kangkung, bayam, labu kuning, mangga, maupun susu tanpa lemak.

Baca Juga  Beginilah Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Muncul Pada Perut!

Penutup

Itulah sederet informasi mengenai makanan nutrisi ibu hamil yang bisa dipilih. Pada dasarnya, mengonsumsi makanan bernutrisi dapat mendukung kesehatan ibu selama masa kehamilan. Namun, pastikan ibu tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang tak diinginkan. Untuk mengetahui informasi lain mengenai nutrisi yang bumil butuhkan, simak dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?